Yuk, Praktikkan Cara Masak Ikan Agar Tidak Lengket, di Sini!

0 13

Ikan merupakan sumber protein yang bagus untuk mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari.  Saat ini pun pemerintah sedang giat menganjurkan masyarakat untuk lebih banyak mengkonsumsi protein laut ini dibanding daging ayam, sapi atau kambing. Ikan bisa diolah dengan berbagai cara masak ikan yang bervariasi, mulai dari di tim, di ungkep sampai yang paling banyak digemari adalah dengan di goreng. Sayangnya bila tidak benar-benar tahu cara menggoreng yang tepat maka seringkali ikan jadi lengket dan hancur.

cara masak ikan

Untuk mendapatkan hasil gorengan ikan yang utuh,  kunci awalnya terletak bukan pada cara masak ikan tetapi pada pemilihan ikannya itu sendiri. Pilihlah ikan yang benar-benar baru sehingga masih sangat segar.  Periksa insang ikan dan tekan-tekan dagingnya untuk memastikan kesegarannya.  Ikan yang masih segar memiliki insang yang berwarna segar serta dagingnya tidak lembek saat ditekan. Ikan yang sudah kurang kesegarannya biasanya tekstur dagingnya juga sudah tidak bagus sehingga pasti mudah hancur bila digoreng.

Setelah memilih bahan yang segar,  hal berikutnya yang harus Mom perhatikan sebagai salah satu cara masak ikan yang enak adalah kebersihan dari wajan yang akan digunakan.  Mom bisa menggunakan wajan anti lengket untuk hasil yang lebih baik,  namun tetap bisa menggunakan wajan biasa. Hanya,  pastikan wajan yang akan digunakan untuk menggoreng dalam keadaan  bersih dan kering. Bekas bumbu atau wajan yang basah akan membuat ikan mudah lengket dan hancur.

Cara Masak Ikan Agar Ikan Tidak Lengket Dan Hancur Ketika Digoreng

  • Panaskan wajan terlebih dahulu sebelum menuang minyak

Kesalahan yang masih banyak dilakukan orang saat menggoreng bahan makanan apa pun bukan hanya untuk ikan adalah menuangkan minyak terlebih dahulu baru setelah itu memanaskannya di dalam wajan.  Ternyatanya cara seperti itu justru akan mempengaruhi pada bahan makanan yang kita goreng.  Menghindari hal itu maka cara masak ikan dengan menggoreng yang benar adalah dengan memanaskan wajannya terlebih dengan api kecil – sedang baru tuangkan minyak goreng dan tunggu hingga minyak mulai panas.  Hati-hati ya jangan juga sampai wajan atau minyak terlalu panas hingga berasap.  Setelah minyak mulai memanas, masukan ikan yang akan digoreng.

  • Goreng ikan dengan minyak yang banyak

Jika kita menggoreng ikan dengan minyak yang banyak, maka ikan yang kita goreng akan mengembang dan tidak akan menyentuh dasar wajan. Oleh karena itu, cara ini bisa diaplikasikan untuk meminimalisir agar ikan tidak lengket. Tidak hanya itu, menggunakan minyak yang banyak ketika menggoreng ikan pun akan membuat ikan matang dengan sempurna.

  • Jangan bolak-balikan ikan

Hal penting berikutnya dalam cara masak ikan  agar tidak lengket adalah jangan membolak-balik ikan.  Masukkan ikan lalu diamkan hingga sisi bawah ikan tergoreng dan sudah cukup kering baru kemudian Mom balik ke sisi lainnya. Bila Mom memasak dengan minyak yang banyak hingga kedua sisi ikan tenggelam dalam minyak,  maka Mom malah tidak perlu membalik.  Seteah kedua sisi berwarna coklat keemasan, langsung angkat dan tiriskan.

  • Celupkan ke telur

Untuk ikan yang memiliki duri lunak tentunya kita akan sedikit kesusahan untuk mendapatkan hasil gorengan dengan tampilan yang cantik. Oleh sebab itu, sebelum ikan digoreng akan lebih baik jika ikan dicelupkannya terlebih dahulu ke dalam telur yang sudah dikocok. Celupkan sebentar agar telur tidak terlalu menempel setelah itu, baru Mom goreng seperti biasa. Dengan cara masak ikanini ikan yang Mom goreng dijamin tidak akan hancur atau lengket.

Nah, setelah mengetahui cara masak ikan agar tidak lengket saat digoreng, Mom tidak perlu malas menggoreng ikan. Semoga tips ini bermanfaat.  Yuk, dicoba!

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply