Yuk! Intip 3 Tips Wisata Ke Dieng Agar Liburan Lebih Efektif Dan Menyenangkan

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
134

Ada apa sih di Dieng, Mom? Mengapa tempat ini menjadi salah satu tujuan utama wisatawan asing dan lokal? Sebenarnya, hampir semua lokasi wisata di dataran tinggi Dieng tidak ada yang tidak menarik. Coba saja ajukan pertanyaan tersebut pada kawan-kawan Mom yang pernah ke Dieng, mungkin mereka akan merasa kesulitan untuk menjawabnya.

Dataran Tinggi Dieng sendiri memiliki bentang lahan yang luas, mencakup dua kabupaten di Jawa Tengah, yakni Kabupaten Banjarnegara dan juga Kabupaten Wonosobo.

Apa tips wisata ke Dieng yang perlu Mom ketahui? Khususnya bagi Mom yang baru pertama kali datang ke daerah ini.

Pastikan Mom memilih jalur ke Dieng. Mau lewat Jogja atau Semarang, dua-duanya sama-sama menghabiskan waktu tempuh yang sama.

Tips wisata ke Dieng yang pertama adalah tentang rute yang bisa Mom tempuh. Untuk menempuh perjalanan liburan Mom ke Dieng, Mom dapat memilih beberapa jalur perjalanan.  Misalkan Mom dari Jogja, jarak tempuh yang Mom butuhkan untuk sampai ke kota Dieng ini adalah 120 km dan membutuhkan waktu 3,5 jam.

Mom juga bisa mengambil rute dari Magelang, Solo, dan Semarang. Untuk rute dari Semarang adalah Semarang-Unggaran-Bawen-Ambarawa-Secang-Temanggung-Parakan-Kertek-Wonosobo, dan Dieng dengan perjalanan sejauh 120 km menempuh waktu selama 3,5 jam.

Perhatikan timing yang tepat untuk melihat beberapa objek wisata menarik di Dieng. Waktu yang tepat akan membuat pemandangan lebih spektakuler.

Tips wisata ke Dieng yang berikutnya adalah untuk bisa menikmati pemandangan alamnya yang indah. Jika dicermati, beberapa objek wisata menarik di Dieng akan lebih menarik ketika dinikmati pada waktu-waktu tertentu loh, Mom.

Seperti sewaktu Telaga Warna berubah warnanya, saat sore menjelang malam di Komplek Candi Arjuna untuk melihat matahari terbenam dengan latar candi yang megah, dan juga ketika matahari terbit di ufuk timur yang layaknya muncul dari barisan awan di Bukit Sikunir.

Komplek Candi Arjuna

Semua membutuhkan waktu atau timing dan lokasi yang tepat.  Untuk dapat menyaksikan keindahan Telaga Warna secara maksimal, sebaiknya Mom datang pada pagi hari dan langsung naik ke perbukitan yang terdapat di sebelah Telaga Warna. Dari bukit atau dari gardu pandang, Mom bisa melihat air di Telaga Warna berubah secara mengagumkan.

Sedangkan untuk menjelajahi Komplek Candi Arjuna yang relatif luas, datang saja pada siang hari. Karena suhu di dataran tinggi Dieng cukup dingin, Mom tidak akan terlalu kepanasan meski ke sini siang hari. Mom bisa keliling komplek candi hingga sore hari dan mengakhiri hari dengan melihat matahari terbenam. Untuk menikmati matahari terbit di Bukit Sikunir, tentu Mom harus bangun pagi – pagi sekali.

Momi juga harus sudah ada di Bukit Sukinir sebelum matahari terbit.  Triknya, pilihlah penginapan yang ada di sekitar Bukit Sikunir, dengan demikian Mom akan menghemat jarak, waktu tempuh, dan juga tenaga untuk menuju ke Bukit Sikunir dari lokasi hotel atau penginapan Mom.

Bawa jaket dan baju hangat ya Mom. Suhu di Dieng hampir selalu dingin. Jangan lupa juga membawa pelembab kulit agar kulit Mom tak menjadi kering.

Mengingat suhu di Dieng yang hampir selalu dingin, maka tips wisata ke Dieng berikutnya adalah tentang apa yang sebaiknya Mom bawa. Mom bisa membawa barang-barang, antara lain adalah:

  • jaket (bisa windbreaker, insulated jacket, sweater, jas hujan)
  • T-shirt lengan panjang, sebaiknya dari bahan kaos dan cukup tebal; celana panjang
  • kaus kaki
  • kupluk, atau beanies, atau earmuff alias tutupan telinga bagi Mom yang sangat tidak tahan dingin
  • sarung tangan
  • syal
  • sepatu tracking atau sejenisnya yang alasnya tidak licin
  • sunblock, sebab meskipun udaranya dingin namun saat siang hari matahari sebenarnya bersinar cukup terik
  • body lotion dan lip balm, untuk menjaga agar kulit Momi tidak menjadi kering dan bibir tidak pecah-pecah.

Meski hanya ke Dieng, namun tips wisata di atas tetap harus diperhatikan agar perjalanan wisata ke Dieng, dapat Mom nikmati dengan efektif dan menyenangkan.  Selamat berlibur Mom.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply