Begini Mom Cara Mengatasi Anak yang Kecanduan Gadget!

0 70

Tidak bisa dipungkiri lagi jika saat ini masyarakat sudah mulai ketergantungan dengan gadget, begitu pula anak-anak. Tapi, bagaimana jika anak sudah kecanduan gadget? Berikut ini cara mengatasi anak kecanduan gadget yang bisa Mom terapkan.

Adanya teknologi gadget memang banyak membantu dan mempermudah aktvitas sehari-hari, baik dalam bekerja, bermain, dan belajar. Namun, banyak anak yang sudah kecanduan gadget dan perlu penanganan khusus agar tidak terjerumus lebih jauh lagi.

mengatasi anak kecanduan gadget

Sebelumnya, Mom perlu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri anak kecanduan gadget, seperti berikut ini.

  • Anak tidak mau bersosialisasi dengan teman-temannya, setiap hari maunya bermain dengan gadgetnya saja.
  • Anak akan mengamuk jika dilarang menggunakan gadgetnya.
  • Kurang aktivitas di luar rumah dan lebih memilih bermain gadget.

Nah untuk mengatasi anak kecanduan gadget, Mom bisa mencoba tip berikut ini.

Batasi Penggunaan Gadget Pada Anak Secara Bertahap

Bila Mom melarang menggunakan gadget pada anak yang telah kecanduan, pastinya dia akan marah dan memberontak. Untuk itu, cobalah Mom batasi waktu bermainnya. Semisal,dari yang biasanya sepanjang hari, potonglah waktu bermainnya menjadi beberapa jam per hari. Lama-kelamaan Mom bisa membatasinya bermain gadget pada hari libur saja. Namun jangan memperkenankan anak bermain sepanjang hari ya Mom.

Saat ada pembatasan waktu bermain, pastinya anak akan merasa bosan karena tidak ada yang dilakukan. Oleh karena itulah jangan membiarkannya sendirian.  Temani anak bermain dan beraktivitas. Sebab, jika anak sendiri tanpa melakukan apapun bisa-bisa anak akan ngamuk.

Jadilah Contoh yang Baik bagi Anak-Anak

Jika membatasi anak bermain gadget, sebaiknya Mom juga mengikuti aturan seperti itu. Jangan terlalu banyakmenggunakan gadget apalagi terlihat oleh anak-anak. Banyak bermain dan melakukan aktivitas bersama anak otomatis akan mendekatkan bonding bersama anak. Banyak loh permainan lainnya yang bisa dimainkan bersama anak, seperti main monopoli, ular tangga bahkan melakukan permainan yang menguras tenaga seperti bermain petak umpat.

Berikan Pujian Saat Anak Bisa Mengatasi Kecanduannya

Mengatasi kecanduan gadget memang tidak bisa dilakukan secara instan, tapi harus bertahap dan konsisten. Jangan berikan keringanan sedikit pun, apalagi jika anak merengek dengan muka memelas. Sebagai orang tua harus disiplin menerapkan aturan. Saat anak bisa mengatasinya, jangan lupa berikan pujian ya Mom.

Dengan mengurangi bermain gadget pada anak, otomatis masalah lain pun teratasi, yaitu badan lebih sehat dan banyak bergerak.  Karena biasanya anak yang kecanduan gadget cenderung lebih banyak duduk dan tidak bergerak sambil menikmati camilan.

Tidak ada batasan kapan anak boleh diperkenalkan dengan gadget, namun batasan tersebut berlaku untuk anak yang mempunyai gadget sendiri. Berikan waktu saat anak menggunakan gadget, karena anak yang tidak mengenal gadget pun bisa kuper (kurang pergaulan) nantinya. Gadget bisa memberikan dampak positif pada anak asalkan digunakan dengan bijak.

Jika cara-cara di atas sudah Mom terapkan, tapi anak masih kecanduan gadget, ada baiknya Mom menemui psikolog anak untuk membantu mengatasi kecanduannya sebelum terlambat.  

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply