Tidak Pantas Ditiru! Kelakuan Traveler Ini Saat Mengunjungi Situs Bersejarah di Toraja

0 128

Ramai di instagram, dua wisatawan pria dan wanita sedang berpose tidak sopan saat mengunjungi situs bersejarah di Toraja. Perilaku kedua wisatawan ini sontak membuat masyarakat Toraja merasa sedih.

Salah satu akun lokal Sulawesi telah mem-posting sebuah foto dua wisatawan tersebut dan postingannya pun dibanjiri komentar. Posting-an tersebut memperlihatkan dua wisatawan yang berpose di makam Toraja dan mirisnya mereka justru memainkan tulang belulang untuk dijadikan properti foto. Sungguh keterlaluan!

situs bersejarah toraja

Walau tidak ada larangan bagi wisatawan untuk datang dan berfoto di Makam Toraja, namun tetap harus sopan dong.

Saat ini traveling memang sedang digandrungi oleh semua kalangan. Berkunjung kemana pun Mom suka. Tidak jadi masalah. Bahkan Mom berkunjung dan berfoto di makam Toraja pun sah-sah saja. Namun harus sopan dan menjaga tata krama Mom.

Tanpa adanya peringatan tertulis harusnya pengunjung pun sadar dengan adanya nilai kesopanan saat mengunjungi destinasi wisata terlebih destinasi wisata yang mempunyai nilai budaya dan kearifan lokal.

Bayangkan saja Mom, jika generasi muda di Negara kita mempunyai sifat mental seperti wisatawan tersebut? Secara tidak sadar sikap negatif itu bisa merugikan orang lain loh! Bahkan masyarakat Toraja sendiri tentu akan merasa sedih karena merasa dihina.

Jadilah wisatawan yang punya etika!

Ada sebuah etika yang harus dijaga saat Mom berkunjung ke makam Toraja. Seperti halnya dilarang memindahkan tulang tengkorak leluhur. Hal ini dikarenakan ada sebuah ritual pemakaman yang mengorbankan kerbau dan babi.

Jika wisatawan sengaja memegang dan memainkan tulang merupakan kesalahan yang fatal. Pasalnya tulang belulang yang ada di makam Toraja itu merupakan jasad para leluhur yang harus kita hormati. Bayangkan saja, jika hal tersebut terjadi pada diri kita, mungkin kita juga akan merasa geram dengan kelakuan wisatawan yang tak bertanggung jawab itu.

Ada beberapa kuburan unik di Toraja yang harus Mom tahu.

Beberapa ritual adat pemakaman di Toraja yang harus Mom tahu, seperti halnya Kubur Bayi dalam pohon. Masyarakat Toraja menguburkan jasad bayinya di dalam batang pohon Tarra. Mereka meyakni bahwa bayi yang dikubur di dalam batang pohon akan dikembalikan ke rahim ibunya.

Tradisi pemakaman lainnya adalah memasukkan jasad-jasad ke dalam peti mati dan ditempatkan di dalam lubang kecil di gua. Setelah itu dibuatkan sebuah patung kayu yang menyerupai jasad tersebut degan tau-tau dan diletakkan di dekat lokasi pemakaman. Ritual ini dinamakan tradisi tau-tau.

Tradisi yang cukup terkenal adalah tradisi Ma’Nene yang biasa dilakukan pada bulan Agustus setiap beberapa tahun. Tradisi ini melibatkan jasad mereka yang telah meninggal dengan menggali kembali kuburannya. Setelah itu, jasad dimandikan dan memakai baju untuk diajak berjalan di sekitar desa.

Meskipun kita menganggap tradisi tersebut aneh, tapi itu merupakan warisan leluhur yang harus di jaga Mom. Ada baiknya dari diri kita tanamkan sebuah perilaku yang sopan dan menghargai warisan leluhur tersebut dengan cara bersikap sopan saat mengunjungi tempat sakral dan bersejarah. Tunjukkan kalau kita mempunyai moral yang baik!

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: