Ini Penting, Mom! Telitilah Sebelum Membeli Asuransi Unit Link

0 23

Asuransi dan investasi merupakan dua elemen yang sangat penting dalam pengaturan keuangan dalam rumah tangga.

Investasi berfungsi untuk menumbuhkembangkan harta agar tidak tergerus inflasi dan terus meningkat nilainya. Beberapa tipe investasi yang umum antara lain reksadana, investasi properti, dan investasi saham.  

unit link

Kenali dulu, apa investasi yang akan Mom beli

Asuransi berfungsi sebagai pengalihan resiko jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan yang ditanggung dalam polis asuransi. Sebagai contoh asuransi kesehatan, jika kita sakit maka biaya rawat inap atau rawat jalan yang seharusnya kita keluarkan sendiri, akan ditanggung oleh perusahaan asuransi sesuai ketentuan dalam polis.

Dalam asuransi jiwa, jika pihak tertanggung meninggal dunia maka ahli warisnya akan mendapatkan sejumlah dana yang disebut UP atau uang pertanggungan, yang berguna untuk menggantikan biaya hidup yang selama ini disediakan oleh tertanggung. Dalam asuransi murni, premi yang sudah dibayarkan sifatnya hangus alias tidak bisa kembali kecuali jika ada klaim.

Hal ini salah satunya yang membuat banyak orang enggan membeli asuransi murni, tetapi lebih memilih untuk membeli asuransi yang dibundling dengan investasi, atau yang umum disebut unit link. Produk unit link merupakan sebuah produk asuransi yang cukup populer di Indonesia. Asuransi unit link ini memberikan dua manfaat sekaligus, yaitu manfaat perlindungan jiwa atau kesehatan dan manfaat investasi. Dalam unit link, premi yang kita setor setiap bulan sebagian digunakan sebagai premi asuransi, dan sebagian lagi akan dikembangkan dalam instrumen investasi.

Unit link ini legal kok moms, tidak ada yang salah dengan membeli asuransi unit link. Hanya saja Mom harus teliti sebelum memutuskan untuk membelinya agar tidak merasa terjebak dalam sebuah harapan dan angan-angan Mom sendiri.

Unit link merupakan sebuah produk asuransi yang berkaitan erat dengan pasar modal, karena itu penanganan produk ini cukup rumit dan akan membutuhkan pemahaman khusus. Mom bisa menanyakan secara detail kepada pihak perusahaan asuransi. Jika Mom tidak memiliki pemahaman khusus terkait hal ini, maka akan sangat riskan nantinya.

Mom boleh bersikap kritis dan menanyakan secara detail kepada pihak agen asuransi

Tidak ada salahnya Mom menanyakan terlebih dahulu produk yang akan Mom beli. Jika Mom kurang paham, nantinya akan menyebabkan sebuah kesalahan paham dan bisa mengakibatkan kekecewaaan. Surat polis yang Mom tanda-tangani secara hukum adalah bukti sah sebuah kepemilikan investasi tersebut.

Jadi, suatu saat Mom tidak bisa menuntut jika dirasa ada sebuah hal yang Mom rasa tidak beres. Semua syarat dan ketentuan sudah dituliskan di polis yang Mom tanda tangani tersebut. Ada baiknya Mom teliti dan pelajari poin per poin yang tercatat pada polis tersebut. Mom juga bisa tanyakan dan diskusikan beberapa hal yang mungkin Mom tidak paham.

Para agen asuransi yang baik, akan menjelaskan secara gamblang kepada calon nasabah. Namun ada juga para agen yang tidak menjelaskan secara detail mengenai syarat dan ketentuan yang ada di dalam polis, jadi mom perlu waspada jika berhubungan dengan agen seperti ini ya.

***

Teliti itu penting Mom, apalagi dalam membeli sebuah investasi keuangan. Jangan sampai Mom merasa rugi dengan apa yang sudah Mom lakukan. Padahal niatnya berinvestasi untuk mengatur keuangan rumah tangga.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply