Tanpa Kehadiran Suami Saat Persalinan Bukan Sesuatu yang Fatal kok, Mom!

0 20

Menghadapi momen kelahiran buah hati memang sangat dinanti oleh setiap calon ibu. Tentu Mom merasakannya. Salah satu keinginan Mom saat proses melahirkan adalah ditemani oleh suami dong. Namun, terkadang hal tersebut tidak sesuai dengan apa yang Mom inginkan. Bisa jadi suami Mom sedang bertugas ke luar kota sehingga tidak bisa menemani selama proses persalinan.

Mom boleh merasa sedih menghadapi kenyataan tersebut. Namun, ingatlah Mom bahwa momen kelahiran si kecil harus berjalan. Percayalah Mom kalau momen tersebut bisa menghapus rasa sedih itu. Untuk menghadapi situasi demikian, maka Mom harus mempersiapkan diri Mom seperti di bawah ini!

Siapkan mental yang kuat untuk proses persalinan

Kehadiran suami bukanlah sebuah faktor utama untuk kelancaran proses persalinan. Mom harus membentuk mental yang kuat untuk menghadapi proses persalinan.  Mental yang kuat pula akan terbentuk pada setiap wanita saat mengetahui statusnya akan berubah menjadi seorang Ibu.

Menguasai teori dasar seputar persalinan juga perawatan bayi baru lahir

Perasaan bingung dan cemas merupakan hal yang sangat wajar dialami oleh para Mom.  Terutama bagi Mom yang baru pertama kali menjadi seorang ibu. Maka dari itu, bekali diri Mom dengan pengetahuan dan informasi tentang teori seputar persalinan yang cukup. Setidaknya, Mom tahu apa yang harus Mom lakukan setelah berperan sebagai seorang Ibu.

Tidak ada salahnya meminta bantuan kepada anggota keluarga lainnya

Saat suami memang tidak bisa menemani Mom selama proses persalinan maka tidak ada salahnya Mom meminta bantuan anggota keluarga lain. Jangan sampai Mom melakukan sendiri tanpa ada pendampingan. Proses persalinan akan menguras tenaga Mom. Terimalah uluran tangan anggota keluarga demi mendukung pemulihan Mom secara fisik juga psikis pasca-persalinan.

Komunikasi intens dengan suami itu perlu

Ketidakhadiran suami secara fisik bukan berarti Mom tidak berkomunikasi. Mom bisa menggunakan sarana komunikasi yang serba canggih di masa sekarang. Komunikasikan apapun yang sedang Mom lakukan dan yang sedang terjadi. Bagaimanapun juga, semangat dari suami tetap diperlukan untuk memberikan dukungan psikologis terhadap Mom.

Jangan berharap terlalu tinggi

Mom pasti tahu bahwa dengan adanya media sosial maka banyak sekali pengaruhnya. Hal ini bisa mendorong Mom untuk melakukan sesuatu dengan sempurna. Terutama dalam hal parenting yang kerap kali menjadi  tren, seperti tips yang dibagikan oleh para selebgram atau artis. Janganlah terlalu berharap agar segala sesuatu berjalan sempurna seperti apa yang kita lihat melalui layar smart phone kita.

Ikhlas dan berserah kepada Tuhan

Sebagai seorang Mom tentu, kita akan mengusahakan segala sesuatunya sebaik mungkin untuk buah hati. Tapi ingatlah Mom, kita selalu bisa berusaha, namun pada akhirnya semua keputusan berdasarkan kuasa-Nya. Menjadi seorang Mom, bukan hanya tentang bagaimana mengusahakan yang terbaik bagi buah hati, akan tetapi juga belajar untuk menjadi pribadi yang ikhlas menerima kelebihan dan kekurangan anak kita.

Nah, sekian tips yang bisa Mom lakukan ketika proses persalinan dan merawat bayi baru lahir saat berjauhan dengan suami. Ingatlah Mom, kita tidak perlu menjadi sempurna untuk menjadi Ibu yang baik untuk anak kita. Hanya dengan ‘menghadirkan’ diri dan hati kita di hadapan buah hati, maka ia akan mendapatkan hal terbaik yang bisa ia harapkan di dunia ini.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply