Sudahkah Keluarga Mom Tergolong Keluarga yang Sehat?

0 17

Dalam membangun rumah tangga, tak sedikit halang rintang yang menyerang. Keluarga yang sehat adalah keluarga yang harmonis. Keluarga sehat pun tidak hanya dilihat dari baiknya jasmani tetapi juga kesehatan jiwanya. Apakah keluarga Mom tergolong keluarga sehat? Mom bisa melihat beberapa ciri-ciri berikut ini.

keluarga sehat

Keluarga yang sehat adalah keluarga yang mampu berkomunikasi dengan positif

Komunikasi adalah hal yang paling penting dalam sebuah hubungan. Setiap anggota keluarga juga harus memperhatikan komunikasi yang terjadi di dalamnya. Mom harus membangun komunikasi yang positif. Usahakan untuk saling jujur dalam berinteraksi dengan anggota keluarga yang lain. Keluarga yang sehat adalah keluarga yang tidak menyimpan kebohongan dalam komunikasinya.

Waktu untuk bersama itu penting banget lho Mom!

Family time perlu dilakukan di dalam sebuah rumah tangga. Mom harus mempunyai waktu khusus untuk kebersamaan. Waktu tersebut bisa Mom gunakan untuk saling berbagi cerita atau menambah kedekatan antar anggota keluarga.

Jika semua anggota keluarga Mom termasuk orang- orang yang sibuk, sang kepala kepala keluarga bisa memanfaatkan waktu sarapan atau mungkin akhir pekan sebagai hari untuk berkumpul. Dengan berbagi cerita dan saling mengungkapkan apa yang sedang dirasakan, maka tidak akan ada beban dalam dada yang bisa menyebabkan penyakit.

Meskipun sulit, anggota keluarga harus bisa mengatasi stress

Masalah dalam keluarga pasti akan datang silih berganti Mom. Bukan berarti jika keluarga Mom sehat akan bebas dengan masalah keluarga. Sebuah permasalahan baik itu ringan ataupun berat pasti akan dialami oleh setiap keluarga. Jika permasalahan yang dihadapi cukup berat, tak heran membuat beberapa anggota keluarga merasa stress dan terjadilah sebuah konflik. Keluarga yang sehat harus bisa menangani konflik dan juga mengatasi stress dengan baik.

Mom dan suami harus punya sebuah komitmen yang kuat

Komitmen adalah suatu momok yang penting dalam setiap hubungan. Komitmen dalam sebuah keluarga bukan hanya tentang komitmen pernikahan dua orang dewasa. Bahkan lebih dari itu, sebuah komitmen harus mencakup seluruh anggota keluarga untuk mempertahankan keutuhan keluarganya.

Kesehatan ibu hamil menjadi prioritas utama dalam keluarga

Ciri-ciri keluarga sehat secara jasmani adalah memprioritaskan kesehatan ibu hamil. Jika dalam sebuah keluarga ada ibu hamil maka anggota keluarga lainnya harus senantiasa menjaganya, seperti menemani Ibu hamil untuk melakukan pemeriksaan rutin. Ibu hamil juga harus dibantu untuk memenuhi kebutuhannya. Suami seharusnya membuat istrinya selalu merasa bahagia dengan kehamilannya.

Mendukung Ibu memberikan ASI (air susu ibu) eksklusif untuk bayinya

Anggota keluarga harus tahu informasi tentang ASI eksklusif. Nah, saat sebuah keluarga memiliki seorang bayi maka anggota keluarga lainnya pun harus mendukung bayi untuk mendapatkan ASI eksklusif. Penelitian sudah membuktikan bahwa ASI jauh lebih baik dari susu formula. ASI dapat menambah daya tahan tubuh dan kecerdasan anak. Selain itu, anak yang mendapatkan ASI langsung (menyusu) dari ibunya akan memiliki kedekatan emosional yang lebih baik.

Rumah bebas dari asap rokok

Menghindari rokok adalah bukti dari menjaga kesehatan diri maupun orang-orang yang dicintainya. Secara umum, anak-anak yang memiliki ayah seorang perokok akan lebih rentan mengidap penyakit paru-paru. Meskipun sang ayah tidak merokok di depan anaknya, tapi anak bisa terkena dampak nikotin dari baju ayah yang terkena asap rokok.

Punya sarana air bersih merupakan syarat keluarga sehat lho Mom

Air merupakan salah satu kebutuhan pokok setiap makhluk hidup. Selain dikonsumsi, air bersih juga dimanfaatkan untuk mandi, mencuci dan kegiatan rumah tangga lainnya. Sebuah keluarga dikatakan sehat jika keluarga tersebut memiliki sarana air bersih untuk mencukupi kebutuhan air sehari- hari. Bayangkan Mom jika di rumah tidak memiliki kebutuhan air bersih maka banyak sekali penyakit yang mengancam keluarga Mom.

Jiwa yang sehat pun menjadi syarat sebuah keluarga yang sehat pula

Ciri terakhir dari sebuah keluarga yang sehat adalah anggota keluarga tersebut mempunyai jiwa yang sehat. Mereka mensyukuri apa yang mereka punya dan bahagia dengan kondisi mereka, bagaimanapun keadaannya. Jiwa yang sehat akan selalu berdampak positif pada kesehatan fisik dan daya tahan tubuh. Jiwa yang sehat bisa diperoleh dengan mendekatkan diri kepada Tuhan dan membiasakan pola hidup yang sehat.

Bagaimana Mom? Apakah keluarga Mom sudah masuk kategori keluarga yang sehat? Dari ciri-ciri di atas apakah sudah memenuhi semuanya? Namun, perlu diingat, ciri-ciri di atas bukanlah sebuah parameter mutlak lho Mom. Mom juga harus tahu seluk beluk anggota keluarga Mom sendiri.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply