Simak Apa Saja Daftar Pantangan Makanan Ibu Hamil? Beberapa Mungkin Makanan Kesukaan Mom

0 110

Saat hamil, perkembangan janin dalam kandungan sangat bergantung pada nutrisi yang dikonsumsi oleh ibu. Untuk itu penting sekali bagi Mom memperhatikan asupan makanan sehat selama kehamilan hingga persalinan tiba. Namun, ada beberapa pantangan makanan ibu hamil yang harus dihindari supaya kehamilan tetap terjaga dan sehat.

Berikut ini panduan makanan yang perlu diwaspadai agar tidak membahayakan kandungan.

Hati-hati, Mom! Daging mentah dan makanan mentah berisiko terkontaminasi bakteri yang dapat membahayakan janin, bahkan bisa mengakibatkan terjadinya keracunan makanan.

Bagi Mom yang menyukai daging atau makanan mentah, sebaiknya hindari dulu ya saat sedang hamil. Karena mengonsumsi daging mentah berisiko terkontaminasi bakteri atau parasit, seperti E. coli, Salmonella, dan Toksoplasmosis yang dapat membahayakan janin. Selain itu juga bisa terjadi keracunan makanan.

Sedangkan makanan mentah lainnya, seperti sayur dan buah juga berisiko mengandung bakteri. Pilihlah buah dan sayur yang masih baik bentuknya, tidak bolong atau rusak, karena bakteri bisa berkembang di dalamnya. Pastikan juga mencuci sampai bersih buah dan sayur sebelum dimakan.  Cara mencucinya bisa disiram atau diguyur dengan air bersih yang mengalir.

Seafood juga bisa mengandung merkuri loh, Mom. Kalau tetap ingin makan seafood, pilih ikan yang tepat dan dimasak dengan benar. Tapi, jangan kebanyakan ya, Mom.                                                              

Dalam mengonsumsi makanan laut seperti ikan tongkol, ikan kakap putih, makarel, tuna, dan beberapa ikan laut lainnya juga perlu berhati-hati. Karena ikan-ikan tersebut dapat mengandung merkuri tinggi yang dapat membahayakan sistem saraf pada janin.

Jika Mom tetap ingin mengonsumi makanan laut, boleh saja dalam porsi kecil dan pilihlah ikan yang mengandung merkuri rendah biasanya terdapat pada ikan nila, sarden, udang, dan salmon.

Yang perlu diingat adalah sebelum makan ikan-ikan tersebut harus dimasak terlebih dahulu hingga matang agar bakteri yang ada di dalamnya mati. Berarti bagi Mom pecinta sushi atau sashimi yang mengandung ikan mentah juga harus menghindari jenis makanan ini.

Tahukah Mom, Telur mentah sangat rentan terpapar bakteri, jadi masaklah telur sampai matang.

Telur mentah maupun telur setengah matang sama-sama tidak dianjurkan untuk dikonsumsi wanita hamil karena berpotensi besar terpapar bakteri salmonella yang dikenal sebagai penyebab penyakit tipes. Masaklah telur hingga matang sebelum dimakan demi kesehatan Mom dan adek bayi.

Kita tahu, apapun yang berlebihan itu tidak baik. Termasuk pada kafein yang berlebihan.

Konsumsi kafein yang ada pada teh, cokelat, dan minuman bersoda pada wanita hamil bisa menyebabkan sulit tidur. Kafein dapat menimbulkan rasa cemas sehingga membuat wanita hamil kurang istirahat.

Selain itu, menurut teori yang berkembang, terlalu banyak mengonsumi kafein saat hamil dapat meningkatkan risiko keguguran serta bayi lahir dengan berat badan rendah. Mom boleh mengonsumi minuman berkafein dengan porsi sedikit, paling banyak kira-kira dua cangkir per hari.

Susu yang tidak dipasteurisasasi juga bisa berbahaya buat ibu hamil. Sebaiknya hindari Mom sebelum menyesal.

Susu memang baik bagi kesehatan, namun bagi wanita hamil harus menghindari susu atau produk turunannya yang belum dipasteurisasi. Jenis makanan yang satu ini bisa membuat keracunan dan di dalamnya mengandung bakteri listeria. Jika dikonsumsi oleh wanita hamil bisa menyebabkan infeksi.

Hati-hati makan hati ya Mom, ada dampak kesehatan loh bila mengonsumsinya.

Jenis makanan ini mempunyai kandungan vitamin A yang sangat tinggi dan berisiko menganggu kesehatan janin di dalam kandungan. Jadi, hindari mengonsumsi hati dan jenis makanan yang mengandung hati.

Meskipun Mom menyukai jenis makanan di atas, selama hamil hindari dulu ya demi kesehatan janin. Selain mengonsumsi makanan bernutrisi, juga jangan lupa banyak minum air putih serta istirahat yang cukup.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: