Saat Mom Hamil, Apakah Ada Makanan Untuk Ibu Hamil yang Khusus Mom Konsumsi?

0 12

Saat hamil muda, apalagi hamil anak pertama, pasti Mom akan merasa bingung, terutama tentang makanannya.  Apa saja yang harus dipersiapkan, boleh enggak makan ini, makan itu? Mom akan mencari tahu tentang makanan untuk ibu hamil. Mom enggak mau kan salah mengonsumsi makanan yang akhirnya menyebabkan sakit perut bahkan yang bisa mempengaruhi perkembangan janin.

Ada lima asupan makanan yang harus Mom konsumsi saat hamil. Simak ulasan berikut ya Mom.

1. Air mineral

Air mineral merupakan hal paling penting dalam kehidupan kita. Saat hamil, Mom membutuhkan asupan air mineral sebanyak 6-8 liter per hari. Mom bisa menyetok air mineral kemasan botol agar tahu takarannya dengan mudah.

Air sangat penting bagi ibu hamil Mom karena dalam tubuh kita ada janin yang butuh asupan cairan yang cukup juga. Enggak cuma untuk janin, tapi juga untuk cairan di dalam plasenta, air ketuban, hingga payudara. Banyak minum air mineral juga bisa mengurangi mual dan gangguan pencernaan, lho Mom.

2. Air kelapa

Selain air mineral, cairan lainnya yang dibutuhkan ibu hamil lainnya adalah air kelapa muda. Manfaat ibu hamil mengonsumsi air kelapa adalah untuk melancarkan darah, membantu mengurangi lelah, sampai antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas dalam tubuh Mom.

Nah, mitosnya, mengonsumsi air kelapa bisa menjadikan kulit bayi menjadi putih  tanpa ada kerak. Meskipun Mom tak mempercayai mitos tersebut, tetapi tidak ada salahnya Mom mengonsumsi air kelapa untuk kesehatan Mom sendiri.

3. Buah-buahan

Buah-buahan masuk dalam salah satu makanan untuk ibu hamil yang harus Mom konsumsi. Percaya enggak Mom kalau buah-buahan bisa menjadi penyelamat ibu hamil. Banyak sekali drama kehamilan yang akan dialami oleh para Mom. Tentu akan berbeda antara Mom satu dengan lainnya.

Buah-buahan bisa menangkal rasa mual. Namun ada juga Mom yang memiliki drama kehamilan seperti diare. Hal ini bisa terjadi berhari-hari. Diare bisa diobati dengan mengonsumsi buah-buahan yang tinggi serat, seperti alpukat, salak, dan lainnya.

4. Susu hamil

Minum susu hamil penting enggak Mom? Susu hamil bisa menjadi pendamping asupan makanan untuk ibu hamil. Jika asupan vitamin Mom sudah terpenuhi maka minum susu hamil bukanlah suatu kewajiban yang harus dipenuhi. Tapi jika dirasa kurang maka Mom wajib mengonsumsi susu hamil.

Kandungan yang ada di susu hamil biasanya ada asam folat untuk pembentukan organ janin juga untuk menghindari cacat tulang belakang, GA dan DHA sebagai nutrisi untuk otak, zat besi untuk pembentukan sel darah merah buat ibu, dan kalsium untuk pembentukan tulang dan gigi bayi serta memperlancar produksi ASI.

5. Vitamin

mengonsumsi vitamin biasanya sudah menjadi barang wajib yang disarankan dokter untuk dikonsumsi ibu hamil. Dokter akan memberikan Mom vitamin berupa asam folat. Pasalnya asam folat penting untuk pembentukan organ janin dan membantu produksi ASI. Sehingga vitamin ini bisa diteruskan untuk dikonsumsi pasca melahirkan.

Nah, dari lima makanan untuk ibu hamil ini, Mom harus memenuhinya agar janin tumbuh sehat dan lahir dengan normal. Mom bisa mencatatnya sebagai referensi agar tidak merasa bingung dalam mempersiapkan makanan untuk ibu hamil.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply