Bikin Ceklis Resep Masakan Sehari-Hari Di Rumah Yuk Mom

0 72

Tentunya Mom sering berkutat di dapur untuk membuat resep masakan sehari-hari di rumah.  Terkadang bingung sering melanda Mom mau pilih resep yang mana. Kebingungan dalam membuat resep memasak masakan sehari-hari di rumah juga tidak melulu melanda para pemula yang sedang belajar masak, bahkan Mom yang mahir sekali pun sering bingung mau masak apa.

Untuk itu, sebaiknya Mom membuat jadwal dalam membuat resep masakan sehari-hari di rumah. Jika bingung ada baiknya buat pengelompokan makanan terlebih dahulu.  Hal ini berguna supaya tidak terjadi pengulangan yang terlalu sering. Sehingga membuat bosan anggota keluarga.

Beberapa pengelompokan makanan, bisa Mom buat seperti contoh sebagai berikut ini.

Aneka nasi :

Nasi putih, nasi kuning, nasi goreng, nasi merah, nasi liwet, bubur ayam, dan lainnya.

Aneka menu berkuah :

Sayur bayam, sayur katuk, sayur oyong, sayur lodeh, sayur asam, sop ayam, sop daging sapi, sop kambing, soto ayam, soto daging, dan lainnya.

Aneka lauk :

Tempe goreng, tahu goreng, ayam goreng, ayam kaleo, rendang daging, gulai ayam, telur mata sapi, telur orak-arik, pepes tahu, ikan mas goreng, ikan pindang goreng, ikan bakar, ikan bawal goreng, ikan kembung goreng bumbu pedas, opor ayam, kare ayam,  dan lainnya.

Aneka tumisan :

Tumis buncis, tumis kacang panjang, cah kangkung, capcai goreng, tumis sawi telur orak-arik, dan sebagainya.

Aneka sambal:

Sambal terasi, sambal terong, sambal goreng kentang, sambal bawang, sambal tomat, sambal bajak, sambal matah, dan lain sebagainya.

mexican chili con carne in black plate with ingredients

Membuat bumbu dasar

Setelah Mom mengelompokan aneka resep masakan sehari-hari, Mom sebaiknya membuat bumbu dasar agar waktu Mom di dapur lebih efisien dan efektif.   Sehingga Mom bisa memasak lebih praktis dan lebih mudah.  Mom bisa membuat bumbu dasar putih, bumbu dasar kuning, dan bumbu dasar merah.

Kegunaan  bumbu dasar putih cocok untuk masakan, seperti sop, capcay, semur, mi goreng, opor ayam, lodeh, gudeg, perkedel, dan empal.

Untuk bumbu dasar kuning cocok untuk membuat soto, acar, pepes, pesmol, gulai ikan kuning,  nasi kuning, ayam goreng, dan lainnya.

Untuk bumbu dasar merah cocok untuk membuat nasi goreng, sambal goreng, sambal bajak, balado, ayam bumbu rujak, ikan acar merah, dan sebagainya.

Bumbu dasar yang satu bisa dicampur dengan bumbu dasar lainnya juga akan menciptakan masakan lain, seperti campuran bumbu dasar putih dan kuning bisa menghasilkan bumbu kare, rawon, dan banyak lagi.

Campuran bumbu tersebut bisa ditambahkan santan, kecap manis, daun-daun, petis, ebi, dan bumbu yang lain.  Cara membuat bumbu dasar, bisa Mom lihat di Resep Masakan Sehari-hari Untuk 1 bulan.

Untuk resep masakan Mom sehari-hari di rumah, berikut kami sajikan salah satu resep masakan yang bisa memudahkan Mom dalam memasak.

Resep Telur Balado

Bahan :

  • 6 buah telur ayam ukuran sedang
  • 300 ml air bersih
  • 1 buah tomat. Iris tipis-tipis

Bumbu:

  • 2 sendok makan atau sesuaikan bumbu dasar merah
  • 2 helai daun jeruk
  • Garam dan gula secukupnya
  • Kaldu ayam (opsional) bila suka secukupnya

Cara Memasak:

Bersihkan semua telur lalu rebus hingga matang. Setelah matang, angkat dan dinginkan sebentar. Kupas kulit telur dan kerat tipis bagian luarnya.  Ini untuk memudahkan telur saat digoreng dan membantu bumbu agar cepat terserap ke dalam telur.  Apabila telah bersih dari kulitnya, telur bisa di goreng.  Panaskan minyak dan masukan telur.  Biarkan hingga bagian luar telur matang.  Setelah itu, angkat dan sisihkan.

Panaskan minyak dan tumis bumbu dasar merah. Aduk-aduk sebentar, kemudian tambah dengan daun jeruknya. Aduk kembali hingga tercium aroma dari bumbu balado.

Tuang 300 ml air bersih, beserta dengan garam, gula, dan kaldu ayam. Campur rata dengan bumbu tumisan.  Tambahkan irisan tomat. Aduk kembali. Apabila sudah tercampur rata, masukan telur rebus goreng ke dalam bumbu balado hingga tercampur. Cicipi dan koreksi rasa kembali. Kecilkan api, lalu masak hingga matang sehingga airnya agak menyusut.

Setelah matang, telur bumbu balado siap dihidangkan. Amat nikmat jika dimakan dengan nasi hangat dan kerupuk. Jadi Mom, resep masakan sehari-hari di rumah ini tidaklah sulit untuk dibuat.  Jika bingung, Mom lihat kembali check list makanan yang Mom buat, kemudian padu padankan menunya.  Selamat mencoba ya Mom!

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply