Rekomendasi Tempat Belanja Batik di Solo yang Harus Mom Kunjungi, nih!

0 71

Saat Mom traveling apa yang selalu dalam benak Mom? Tentunya oleh-oleh kan Mom? Lalu jika Mom datang ke Solo pastinya Mom akan menyisikkan waktu untuk memborong beraneka ragam jenis batik untuk melengkapi koleksi Mom.

Dikenal dengan kota budaya, Solo juga dikenal dengan batik tulisnya. Jadi, bakalan rugi jika Mom jauh-jauh datang ke Solo tapi enggak mampir untuk membeli batik! Nah, sekarang Momiia akan memberikan sebuah rekomendasi tempat berbelanja batik di Solo yang sangat recommended! Simak baik-baik ya Mom!

1. Go Tik Swan

tempat memilih batik di solo

Kota Solo terkenal dengan batik tulisnya. Salah seorang legenda batik asal Solo yang menciptakan batik Indonesia bernama Go Tik Swan Hardjonagoro. Beliau berhasil memadukan perpaduan motif dan teknik pewaranaan gaya klasik dengan gaya pesisir. Batik rancangan GTS ini mulai diproduksi pada tahun 1960 di sebuah rumah berarsitektur art deco yang kini dikenal dengan Dalem Hardjonegaran di Jalan Yos Sudarso, Solo.

Rumah ini sekarang menjadi cagar budaya. Uniknya desain rumah ini dibuat oleh Presiden Soekarno lho. Di pekarangan belakang rumah ini masih terlihat proses membatik. Mom, bisa mendapatkan batik yang khas dan legendaris di sini.

2. Batik Danar Hadi

tempat membeli hatik di solo

Siapa yang tak kenal Batik Danar Hadi? House of Danar Hadi ini merupakan sebuah tempat wisata batik terpadu yang didirikan pada tahun 2008. Di tempat tersebut terdapat museum batik, workshop batik dan butik yang menjual beraneka macam batik. Harga yang dipatok terbilang mahal karena kualitas batik yang memang bagus dan pilihan.

Mom juga bisa memilih beberapa motif yang terkenal dan banyak peminatnya, diantarannya adalah motif parang, motif kawung, Sawat, Sidomukti, Truntum, Satrio Manah, Motif Semen Rante.  

3. Kampung Batik Laweyan

Tempat belanja batik lainnya, Mom bisa datang ke kampung Batik Laweyan. Kampung batik Laweyan ini memiliki warisan sejarah batik yang panjang lho Mom. Banyak sekali pengrajin dan pengusaha batik lahir dari kampung ini. Itulah sebabnya kenapa kampung Laweyan menjadi sentra industri batik yang terkenal sekaligus juga sebagai tujuan wisata bagi para pecinta batik yang datang ke kota Solo.

Kampung batik ini memiliki luas lahan 24 ha yang di dalamnya terdapat ratusan pengrajin yang menjual berbagai macam motif batik. Harga yang ditawarkan pun bervariasi. Mom tak usah bingung memilih batik ya! Banyak banget pilihannya.

4. Kampung Batik Kauman

Kampung batik Kauman hampir sama dengan kampung Batik Laweyan yang merupakan salah satu tempat belanja batik di Solo. Hanya saja kampung ini terletak di sekitar lokasi masjid Keraton Kasunanan Surakarta. Banyak sekali warga kauman Solo yang memproduksi batik dan menjualnya secara grosir maupun eceran. Mom bisa juga membelinya di sini.

Para pengrajin batik kauman memiliki sebuah perkumpulan yang bernama Paguyuban batik kauman. Alamat paguyuban batik Kauman ada di Jalan Cakra, Kauman, Solo. Mom juga bisa melihat proses membatiknya juga lho!

5. Pasar Klewer

Buat Mom, para pecinta batik. Saat datang ke Solo sempatkan untuk datang ke pasar Klewer. Di sana Mom bisa batik belanja dengan puas karena banyak sekali batik yang dijual disana. Mom juga bisa membeli dengan partai besar jika ingin dijual kembali atau hanya untuk oleh-oleh kerabat yang ada di rumah. Pasar Klewer ada di Jalan Rajiman. Tak susah jika Mom akan pergi ke sana karena pasar ini cukup dikenal oleh masyarakat  Solo.

6. Pusat Grosir Solo

Selain pasar Klewer, Mom juga bisa datang ke Pusat Grosir Solo (PGS). Beralamat di Jl Mayor Sunaryo No. 1, Gladag, Solo. Sama halnya dengan pasar Klewer, PGS juga menyediakan batik yang dapat dibeli secara grosir. Tak perlu khawatir soal harga Mom, jika Mom pandai menawar, Mom akan mendapatkan harga yang murah jika belanja di sana. Sebagai informasi, PGS ini buka mulai jam 09.00 sampai 17.00, jadi jangan sampai kelewatan ya Mom!

7. Lumbung Batik

Berkolasi di Jl Agus Salim, Sondakan, Laweyan, Solo. Lumbung batik ini sangat berdekatan dengan kampung batik Laweyan. Lumbung batik ini tergolong baru, karena baru berdiri di tahun 2010 yang diresmikan oleh Bapak Joko Widodo pada saat beliau masih menjabat sebagai Walikota Solo. Mom juga bisa mendapatkan beraneka macam batik di sana.

***

Tujuh lokasi di atas merupakan tempat belanja yang paling recommended untuk Mom saat datang ke Solo. Jangan sampai pulang dengan tangan kosong ya Mom!

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply