Punya Anak Berbakat Jadi Penyanyi, Beginilah Cara Tompi Mengajarkan Anaknya!

0 10

Bakat yang dimiliki setiap anak memang berbeda-beda Mom. Begitu pula cara didik orang tuanya. Penyanyi sekaligus dokter bedah plastik Tompi pun punya cara handal untuk membuat pintar anak-anaknya, seperti menggunakan dongeng atau kegiatan bermain sebagai ajang edukasi.

Seperti halnya saat Tompi mengajarkan Cut Malka Ayesha belajar bernyanyi dengan mengajarkan teknik vokal dasar. Cara Tompi memang terbilang cukup simple Mom. Biasanya, dia meminta anak untuk menirukan dirinya untuk berlatih vokal dasar dan cara pernafasan. Hal ini yang kadang menjadi challenge bagi Ayesha. Lalu bagaimana kalau orang tua bukanlah seorang penyanyi seperti Tompi? Mom bisa lakukan beberapa hal berikut ini.

bakat anak

1. Mom harus tahu terlebih dahulu, apa bakat anak?

Sebelum Mom bertindak lebih lanjut, sebaiknya Mom cari tahu terlebih dahulu apakah anak Mom benar-benar memiliki bakat bernyanyi atau hanya terbawa pengaruh dari lingkungan, sosial media atau teman-temannya.  Jika memang dia memiliki bakat, biasanya dia akan melakukannya atas kemauan sendiri dan tanpa paksaan dari pihak luar.

Mom juga bisa cari tahu dari pihak sekolah, apakah  anak merasa senang jika disuruh gurunya untuk bernyanyi di depan kelas saat pelajaran kesenian? Mom juga bisa mencari tahu dari guru mereka, apakah anak memiliki demam panggung saat menyanyikan lagu di depan teman-temannya?

2. Mom bisa mencari lagu-lagu sesuai umur mereka dan minta anak untuk menirukan

Cari lagu-lagu sesuai umur anak, baik cd, vcd, dvd atau unduh lagu anak di internet. Mom bisa memintanya untuk mendengarkan terlebih dahulu. Mom juga harus pastikan kalau liriknya tidak mengandung kata yang buruk, kasar  atau mengandung sara.

Secara otomatis anak akan menirukannya, namun nada yang mereka ucapkan bisa jadi salah. Jangan memarahinya Mom. Biarkan saja dulu, karena dia ingin mengingat syairnya. Ketika dia mulai hafal, ajak dia mengikuti lagu dengan nada yang benar.  

3. Jangan mencoba mencela cara anak bernyanyi!

Jika Mom mengejek karena suaranya fals atau salah lirik justru dapat memengaruhi rasa percaya diri anak. Hal ini akan menyebabkan dia menjadi malas, malu atau takut menyanyi. Hati-hati ejekan tersebut bisa juga ditiru oleh anak kepada temannya. Ada baiknya Mom memperbaiki cara menyanyinya.

Misalnya perbaiki nada atau liriknya yang kurang tepat. Bila ia sudah berhasil menyanyikan lagu dengan baik, jangan lupa beri pujian untuk memompa semangat anak, serta membuat ia merasa dihargai dan ingin terus bernyanyi dengan benar.

4. Merekam suaranya seolah-olah mereka sedang membuat album rekaman

Cobalah meminta anak untuk memberikan aksi terbaiknya, kemudian Mom bisa merekamnya. Di lain waktu, Mom juga bisa ajak anak atau orang-orang terdekat untuk menyaksikan rekamannya. Namun sebelumnya, Mom harus minta izin dulu kepada anak untuk memutar rekamannya, karena bisa jadi ia malu. Cara ini juga bisa mengajak anak  mengungkapkan pendapatnya tentang penampilannya.

5. Ajak karaoke bersama

Mom bisa mencoba mengajak anak mencari panggung baru sebagai ajang dia bernyanyi. Mom bisa mengajaknya ke tempat karaoke keluarga, misalnya. Namun, pilih tempat yang paling pantas untuk mengajak anak-anak. Di tempat karaoke, Mom bisa mengenalkan anak pada perangkat bernyanyi sungguhan, seperti microphone. Hal ini akan menambah pengalamannya. Gunakan trik ini agar dia mau bernyanyi di segala tempat. Jangan lupa pilih lagu sesuai dengan umurnya.

6. Jika bakat nyanyi sang anak sudah terlihat, Mom bisa memasukkannya ke sekolah vokal

Coba salurkan minatnya dengan mengikuti les vokal. Ajak anak ke tempat kursus vokal. Ajak dia menonton anak lain yang sedang belajar menyanyi. Namun, Mom jangan sampai memaksa anak.

7. Tawarkan kepadanya untuk mengikuti ajang pencarian bakat

Di televisi banyak sekali kan ajang pencarian bakat. Mom bisa tawarkan kepada anak untuk mengikutinya. Dari ajang pencarian bakat, bisa jadi anak Mom makin terkenal nantinya. Tapi jika mereka gagal, Mom harus bisa membesarkan hatinya agar tidak kecewa dan tetap semangat.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply