Perlukah Mengunggah Foto Anak di Media Sosial? Ternyata Ini Bahayanya

0 58

Untuk mengungkapkan segala bentuk ekspresi agar terlihat eksis, biasanya Mom akan mengunggah foto-foto selfie di media sosial. Selain itu, banyak juga orang tua yang memamerkan foto anak mereka di media sosial. Apakah Mom salah satunya? Tahukah Mom jika hal tersebut merupakah hal yang kurang bijak?

Mengunggah foto atau video si Kecil memang lucu dan menggemaskan, bahkan bisa meningkatkan mood orang lain. Hal ini juga bisa menjadi sarana untuk menghubungkan orang tua lainnya supaya bisa saling berdiskusi dan berbagi info terhadap tumbuh kembang si anak. Tapi di sisi lain, posting foto anak di media sosial tidak pernah dilakukan atas dasar persetujuan di anak.

foto anak di sosial media

Hal ini sama dengan  “menelanjangi” anak dari hak privasinya. Meskipun mereka masih kecil, mereka juga mempunyai hak privasi yang sama dengan orang dewasa. Namun, mereka belum sadar tentang hal tersebut dan mereka pun tidak bisa mencegah hal tersebut.

Hati-hati! Segala informasi seputar anak, termasuk foto dirinya bisa disalahgunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Pernahkah Mom berfikir jika foto-foto yang terunggah di media sosial bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab? Jika sudah terjadi, apakah Mom bisa melacaknya secara gampang? Bahwasanya foto yang sudah beredar di media digital secara langsung akan menjadi santapan publik. Mom tidak bisa mencegah orang-orang mana untuk tidak melihatnya bahkan mencegahnya untuk melakukan tindakan yang tidak bertanggung jawab.   

Misalkan, Mom mengunggah foto si Kecil saat mengenakan seragam sekolah. Dengan segala macam cara kecanggihan teknologi, orang-orang jahat bisa menemukan cara untuk mengetahui detail soal informasi pribadi si Kecil. Mulai dari nama, sekolah, kebiasaan rutinitasnya dan teman-temannya. Hal ini bisa jadi digunakan untuk tindak kriminal lho Mom.  

Awas! Foto si Kecil juga bisa disalahgunakan sebagai bahan pelecehan seksual.

Dilansir dari Huffingtonpost, bahwa sebanyak 50 persen foto-foto anak yang dipamerkan di situs pedofilia diambil dari akun media sosial orang tua. Duh, ngeri ya Mom! Kalau sudah begini Mom bisa apa? Yang jelas, Mom perlu berhati-hati dalam mengunggah foto anak di media sosial. Mom juga harus tau bagaimana cara menjaga privasi si Kecil dengan menjadi penjaga pintu gerbang akses dunia maya bagi mereka.

Mom harus menyalakan pengaturan privasi pada setiap akun media sosial saat mengunggah foto si Kecil. Hal ini dapat mencegah  foto anak menyebar ke tangan orang yang tidak bertanggung jawab. Mom juga harus mempertimbangkan terlebih dahulu hal berikut agar merasa aman saat membiarkan wajah si Kecil terpampang di halaman media sosial.

Mom harus tahu alasanya, kenapa Mom mengunggah foto anak?

Mom harus menentukan sebuah alasan kenapa ingin mengunggah foto anak di media sosial. Apakah sekedar ingin memberikan informasi seputar perkembangan anak? Apakah foto anak pantas untuk dibagikan di media sosial? Hal ini pun seharusnya bisa menjadi sebuah perhatian. Mom harus perhatikan seperti apa gaya atau postur si Kecil dalam foto tersebut. Sebab, postur-postur yang terkesan sepele dapat memberikan celah bagi orang jahat untuk memanfaatkan foto si Kecil untuk hal-hal yang buruk.

Hindari mengunggah foto  yang bernuansa vulgar!

Meskipun dia masih kecil, sebaiknya Mom tidak mengunggah foto mereka yang bernuansa vulgar. Misalnya foto pada saat siKecil sedang mandi, sedang sakit dan foto yang memuat identitas detail si Kecil. Hal ini bisa menjadi mala petaka buat mereka Mom. Kasus kriminalistas dan pelecehan seksual bisa terjadi melalui foto-foto tersebut.

Mom harus mengatur privasi, atau siapa saja yang boleh melihat foto si Kecil.

Mengatur privasi media sosial ini merupakan hal yang paling penting Mom! Hal ini bisa Mom lakukan agar lebih aman. Pastikan foto  anak hanya bisa dilihat oleh keluarga dan orang-orang yang kita kenal saja. Mom bisa mengatur sebuah keamanan privasi pada media sosial Mom.

***

Meskipun mengunggah foto si Kecil sepenuhnya ada di tangan Mom, namun perlu Mom ketahui bahwa setiap pribadi mempunyai privasi masing-masing. Hal yang perlu dicatat adalah mintalah persetujuan dari mereka terlebih dahulu, apalagi jika mereka sudah cukup umur. Jadi, waspada ya Mom! Jangan sampai foto anak Mom menjadi bahan tindak kriminal.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply