Peranan Orang Tua di Hari Pertama Anak Masuk Sekolah

0 49

Libur panjang membuat anak terkadang merasa tidak siap untuk kembali ke sekolah. Ajaklah anak untuk menyiapkan segala kebutuhan mereka untuk kembali ke sekolah, Mom. Selain menjadi tugas orang tua, mengajak anak untuk menyiapkan perlengkapannya, secara tidak langsung akan membuatnya bertanggung jawab dan mandiri.

Selain itu, jangan lupa untuk mengantarnya pergi ke sekolah di hari pertama mereka. Salah satu Psikolog anak dan keluarga, Dr. Rose Mini Agoes Salim, M.Psi, mengatakan bahwa mengantar anak di hari pertama masuk sekolah bisa menjadi jembatan antara orang tua dan sekolah. Pasalnya, anak akan menghabiskan waktu di sekolah, jadi tidak ada salahnya jika orang tua ikut mengenal lingkungan sekolah anak.  

Banyak informasi yang bisa Mom dapatkan saat mengantar anak ke sekolah di hari pertamanya.

Selain mengetahui kondisi sekolah anak, Mom juga bisa mendapatkan beberapa informasi. Salah satunya adalah program sekolah selama ajaran berlangsung serta tata tertib sekolah yang baru. Selain itu, Mom juga bisa berbagi informasi dengan para orang tua lainnya.  

Hal yang tidak kalah penting untuk diketahui Mom, mengantar anak di hari pertama masuk sekolah adalah bagaimana menjalin koneksi antara sekolah, guru, dan orangtua murid. Jangan lupa jalin hubungan baik dengan guru dan warga sekolah.

Mom juga bisa berkenalan langsung dengan wali kelas anak dan menjelaskan sedikit kondisi dan karakter anak selama di rumah. Fasilitas sekolah setelah tahun ajaran baru pun harus Mom ketahui. Jika dirasa ada yang kurang maka Mom bisa menyampaikan beberapa pendapat untuk kemajuan sekolah.

Jangan lupa Mom, bertukar kontak dengan orang tua murid lainnya. Dengan bertukar kontak maka Mom bisa mendapatkan beberapa informasi dan bertukar informasi kepada mereka.

Secara tidak langsung Mom sudah memberikan semangat baru pada si anak

Mengantarkan anak di hari pertama masuk sekolah secara tidak langsung dapat memberikan sebuah dukungan kepada si anak. Lamanya liburan sekolah terkadang membuat si anak menjadi malas untuk kembali ke sekolah. Saat Mom mengantarkannya ke sekolah di hari pertamanya maka secara tidak langsung Mom sudah memberikan sebuah dukungan kepadanya untuk menjalani rutinitasnya, yaitu sekolah. Si anak pun akan menjadi lebih siap untuk menerima pelajaran.

Untuk itu, Mom sebagai orang tua harus memberikan sebuah bentuk perhatian lebih terutama saat si anak mulai kembali ke sekolah. Perhatian kecil tersebut bisa berdampak lho Mom bagi si anak.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply