Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil ini Aman dan Gampang Ditemukan

0 39

Flu bisa menyerang siapa saja lho Mom. Termasuk ibu hamil dan tak bisa dihindarkan. Pasalnya sistem kekebalan tubuh Mom selama hamil akan mengalami penurunan. Jadi tidak menutup kemungkinan bisa dan gampang banget terserang penyakit. Termasuk penyakit batuk pilek yang sering menyerang seseorang dengan kekebalan imun yang kurang. Namun, apakah ibu hamil boleh minum obat batuk ketika terserang flu dan batuk?

Sungguh dilema jika ibu hamil sudah terserang batuk dan flu. Jika tidak segera diobati maka akan membahayakan kesehatan janin. Risiko yang paling berat adalah janin bisa  terkena skizofrenia. Terlebih jika Mom terserang flu selama trimester pertama kehamilan. Risiko lain yang dapat terjadi adalah autisme, prematuritas, dan gangguan bipolar pada bayi.

obat batuk alami untuk ibu hamil

Menurut dokter masih ada kok obat batuk yang aman untuk ibu hamil. Tapi, sebenarnya tidak ada kan obat batuk yang 100% aman. Bahkan ada beberapa obat tertentu yang menyebabkan efek samping kurang baik bagi janin. Nah, amannya Mom bisa menggunakan obat batuk alami agar mengurangi rasa khawatir saat mengonsumsinya. Nah, berikut ini beberapa ulasan tentang obat batuk untuk ibu hamil dari bahan-bahan alami.

1. Bawang putih

Salah satu penangkal alami untuk mengobati batuk adalah bawang putih. Bahkan sebuah penelitian pernah mengatakan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih bisa mengurangi peluang terkena flu lebih dari 60%. Ini sangat cocok sekali untuk membantu memulihkan penderita flu dan aman untuk ibu hamil.

Selama masa kehamilan, Mom bisa mengonsumsi 1 siung bawang putih mentah setiap kali makan. Namun, jika semakin parah, Mom bisa menambah dosisnyanya dengan makan 1 siung bawang putih setiap 2-3 jam. Jika Mom kurang suka dengan baunya bisa mencampurnya dengan madu.

2. Bawang merah

Selain bawang putih, Mom bisa mengonsumsi bawang merah. Bawang merah mentah memiliki phytochemical yang bisa membantu menjaga saluran pernapasan terbuka. Mom bisa menambahkan irisan bawang merah setiap kali makan atau Mom bisa membuat jus bawang merah dicampur dengan madu.

3. Cuka apel

Obat Batuk Alami untuk Ibu Hamil adalah cuka apel, karena bisa dapat membantu tubuh dalam keadaan alkalin. Sebagian besar penyakit tidak dapat berkembang dalam lingkungan alkalin tersebut. Cuka Apel juga mengandung bakteri baik yang bisa melawan infeksi. Mom bisa mencampurkan 1 sendok cuka apel ke dalam air atau teh. Minumlah tiga kali sehari ya Mom.

4. Lemon dan jeruk nipis

Lemon dan jeruk nipis bisa menjadi obat batuk untuk ibu hamil. Kedua buah tersebut mengandung vitamin C yang bersifat antibakteri dan dapat membantu tubuh dalam keadaan basa. Tapi, Mom juga harus mengikuti aturan pakai agar tidak mengurangi khasiatnya.

5. Jahe

Jahe juga disebut sebagai obat batuk untuk ibu hamil yang baik dan alami. Pasalnya Jahe dapat meredakan tenggorokan. Mom bisa menyiapkan dua ruas jahe, kupas, dan cuci dengan air bersih. Kemudian rebus dengan dua gelas air. Setelah air mendidih dan berkurang setengahnya, air jahe bisa diminum secara teratur. Minum 3 kali sehari Mom agar batuk yang diderita cepat reda dan tenggorokan kembali lega.

Dari lima bahan tersebut, Mom bisa memilihnya salah satu untuk dijadikan obat batuk. Bahan alami tersebut baik digunakan untuk obat batuk ibu hamil. Jadi Mom tidak perlu khawatir tentang efek yang akan ditimbulkannya.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply