Mom, Ketahuilah Cara Masak Kerang Tanpa Bau Amis di Sini

0 41

Kerang merupakan salah satu seafood yang digemari oleh banyak orang. Selain karena rasanya yang gurih, kerang punya kandungan nutrisi yang sangat kaya dan baik untuk tubuh apabila dikonsumsi secukupnya.  Bila dikonsumsi berlebihan memang harus berhati-hati karena kandungan kolesterolnya.  Sayangnya banyak yang mengeluhkan jika kerang ini baunya terlampau amis. Itu karena mereka belum tidak tahu cara masak kerang  yang benar,  malas mengolah sendiri dan lebih memilih membeli masakan kerang yang sudah siap saji.

Bila tahu cara masak kerang  dengan benar serta cara mengolahnya sebelum dimasak, Mom bisa memasaknya tanpa aroma amis itu sehingga  masakan kerang tersebut menjadi kaya dengan aroma sedap dari bumbu-bumbu yang telah Mom racik sebelumnya dan bisa menjadi menu yang nikmat dan sehat.

Untuk mengolah kerang tanpa bau amis sedikit pun, tips paling jitu adalah dengan menggunakan bahan alami yang pasti ada di dapur Mom dan cukup mudah ditemukan yaitu jeruk lemon, serai dan daun kemangi. Caranya adalah menambahkan secukupnya salah satu  dari ketiga bahan tersebut bahkan bisa juga menggunakan ketiga-tiganya, secara seimbang pada saat memasaknya.

Selain dengan ketiga bumbu rahasia tersebut, cara masak kerang  yang benar juga dimulai dari sejak memilih dan mempersiapkan kerang sebelum diolah.

  • Saat membeli kerang, pilihlah yang segar-segar saja. Ciri-ciri dari kerang yang segar adalah tidak berbau busuk, tidak mempunyai lendir dan cangkangnya masih tertutup erat tidak terbuka.
  • Bersihkan kulit kerang dengan menyikatnya, agar segala kotoran yang menempel benar-benar hilang. Sikat dengan menggunakan sikat halus.
  • Setelah selesai dibersihkan, tiriskan dengan menggunakan saringan yang dilapisi kain tipis agar benar-benar kering.
  • Rahasia cara masak kerang agar tidak berbau amis selanjutnya adalah bila tidak ingin segera mengolahnya ataupun ingin mengolah lagi di lain kesempatan, simpanlah kerang bersih tersebut dalam tempat atau toples yang tertutup dengan rapat, lalu dinginkan di kulkas atau di lemari pendingin seperti freezer. Penyimpanan ini bisa tahan dalam waktu yang relative lama, sekitar 2 minggu sampai 1 bulan lamanya.
  • Jangan pernah menyimpan kerang dengan meredamnya di dalam air meskipun air bergaram dan menyimpannya di lemari pendingin, karena ini justru menyebabkan bau yang kurang enak bahkan busuk.
  • Tambahkan salah satu dari bumbu rahasia yang sudah disebutkan diatas yaitu : jeruk lemon, serai dan daun kemangi pada saat mengolahnya selain bumbu-bumbu lain sesuai dengan resep kerang yang akan Mom buat.
  • Tips berbeda lainnya dari cara masak kerang agar tidak berbau amis adalah dengan merebus kerang yang sudah benar-benar bersih dengan jeruk lemon, serai dan daun kemangi secukupnya sesuai degan banyaknya kerang yang Mom olah. Rebus hingga matang lalu tiriskan dengan saringan dan kain tipis hingga benar-benar kering barulah disimpan di dalam wadah dan simpan di lemari pendingin siap untuk diolah.

 

Ternyata menyiapkan sajian kerang yang lezat tanpa aroma amis tidak sulit ya asalkan Mom mengetahui cara masak kerang dan menyiapkannya sebelum mengolahnya dengan tepat.  Selamat mencoba ya.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply