Pentingnya Punya Asuransi Kesehatan Sejak Dini

0 17

Kesehatan merupakan karunia terbesar yang tak ternilai dan tidak dapat tergantikan oleh materi lainnya, seperti uang atau harta. Pastinya tiap orang ingin selalu sehat. Namun penyakit bisa datang tiba-tiba dan kapan pun tanpa diundang. Sebenarnya punya asuransi kesehatan, penting atau tidak sih Mom?

Saat Mom atau anggota keluarga lain sakit, berapa banyak biaya yang dikeluarkan untuk melakukan rawat jalan di rumah sakit atau klinik? Siapa pun tahu biaya yang akan dikeluarkan cukup besar. Syukur-syukur Mom punya dana cadangan yang bisa digunakan dalam keadaan darurat seperti sakit. Tapi, jika terus menerus digunakan dana tersebut lama-lama akan terkuras habis.

asuransi kesehatan

Dana cadangan yang ditabung akan lebih aman jika perusahaan tempat bekerja menjamin kesehatan karyawan dan anggota keluarganya. Karena biasanya mereka akan meng-cover biaya kesehatan baik secara reimbursement maupun melalui asuransi kesehatan. Namun, apa jadinya bagi mereka yang bekerja atau punya usaha sendiri dan tidak mempunyai fasilitas kesehatan seperti itu. Tentunya harus punya proteksi sendiri melalui asuransi kesehatan.

Pentingnya punya asuransi kesehatan sejak kecil, selain premi yang dibayarkan lebih sedikit usia balita, rentan sakit.

Usia bayi hingga balita rentan sekali terkena penyakit, sehingga harus bolak balik melakukan pengobatan rawat jalan di Rumah Sakit.  Untuk itu punya asuransi kesehatan sejak kecil penting sekali, karena premi yang dibayarkan akan jauh lebih murah daripada premi saat dewasa. Selain itu juga anak-anak memiliki risiko penyakit kronis yang lebih kecil.

Manfaat asuransi kesehatan berbeda-beda disesuaikan dengan preminya.  Namun, hal-hal dasar biasanya hampir sama.

Tiap asuransi kesehatan mempunyai manfaat yang berbeda-beda sesuai dengan besarnya premi yang dibayarkan dan jasa penyedia asuransi yang mengeluarkannya.

Pada dasarnya asuransi kesehatan memberikan perlindungan kesehatan pada nasabahnya dan mengurangi biaya yang dikeluarkan saat harus dirawat inap atau opname di rumah sakit.

Kebanyakan asuransi kesehatan memberikan manfaat yang hampir sama, yaitu mengganti biaya rawat inap yang di dalamnya termasuk biaya kunjungan dokter, obat-obatan, laboratorium, serta penunjang kesehatan lainnya. Selain itu juga, asuransi memberikan fasilitas Intensive Care Unit (ICU) bagi pasien yang memerlukan perawatan khusus dan tindakan operasi atau pembedahan.

Beberapa hal harus diperhatikan dalam  memilih asuransi kesehatan ya Mom. Jangan sembarang memilih.

Sebelum memilih asuransi kesehatan, sebaiknya Mom memperhatikan hal-hal berikut ini ya.

Sesuaikan dengan kebutuhan dan dana keuangan

Mom dapat memilih asuransi kesehatan murni atau yang memiliki manfaat lain seperti unit link, jiwa, dan investasi. Masing-masing mempunyai manfaat yang berbeda tentunya. Pilih saja sesuai dengan kebutuhan yang dimiliki. Besarnya premi juga dapat dipilih sesuai dengan kemampuan.  Mom dapat meminta simulasi besarnya premi dengan manfaat yang didapatkan kepada agen asuransi.

Jenis pergantian biaya kesehatan

Asuransi kesehatan terdiri dari dua macam pergantian biaya, yaitu cashless, yaitu nasabah tidak perlu membayarkan terlebih dahulu biaya rumah sakit, melainkan menggunakan kartu keanggotaan yang sudah divalidasi oleh pihak rumah sakit dan penyedia asuransi. Yang kedua adalah sistem reimbursment, di sini nasabah harus membayarkan lebih dahulu biaya perawatan kesehatan, kemudian perusahaan asuransi akan mengganti biaya tersebut sesuai dengan besarnya uang pertanggungan. Pastikan semua dokumen dilengkapi ya Mom, ketika melakukan claim.

Daftar rumah sakit rekanan

Biasanya penyedia asuransi mempunyai daftar rumah sakit yang bekerja sama. Dari situ Mom bisa mengecek apakah banyak rumah sakit yang dekat dengan lokasi rumah atau rumah sakit yang mempunyai kredibilitas baik.

Pilih penyedia asuransi terpercaya

Sebelum memutuskan membeli asuransi kesehatan, Mom bisa membandingkan dari beberapa penyedia asuransi terpercaya. Pastikan juga Mom mengetahui kapan waktu efektif asuransi akan berlaku sebelum menandatanganinya.

Mom, sekarang sudah tahu bukan pentingnya memiliki asuransi kesehatan untuk pribadi dan keluarga. Sehingga Mom tidak perlu merepotkan keluarga atau orang lain jika sedang sakit atau harus rawat inap.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply