Menarik! 8 Fakta Tentang Anak Kembar Ini Bisa Jadi Belum Mom Ketahui

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
124

Melihat anak kembar yang jalan bergandengan dengan menggunakan busana senada tentunya bakalan bikin kita gemas ya Mom. Seperti yang sering kita lihat, anak kembar saat masih kecil akan tampak lucu dan menggemaskan jika tampil dengan busana senada.  Namun, di balik rasa gemas kepada anak kembar itu, sebenarnya masih ada loh yang penasaran tentang bagaimana bisa anak terlahir kembar?

Nah, berikut ada 8 fakta tentang kembar persaudaraan yang mungkin saja Mom belum tahu.  Apa saja itu? Simak penjelasan berikut ini.

Anak kembar tapi tidak identik. Kok bisa?

 

Mom pernah dengar kembar non-identik? Anak kembar non identik ini terbentuk dari dua telur yang berbeda atau terpisah. Kembar semacam ini dikenal sebagai dizigotik. “Di” berarti dua dan “zigotik” dikenal sebagai kombinasi sperma dan sel telur yang akan berkembang menjadi embrio dan tumbuh menjadi bayi..

Tak hanya satu faktor saja loh yang bisa menyebabkan anak terlahir kembar, tapi kembar bisa disebabkan oleh banyak faktor lain.

 

Banyak faktor yang mempengaruhi kelahiran anak kembar, antara lain faktor keturunan, pil KB, dan diet. Faktor-faktor ini hiperinflasi, yang menyebabkan pelepasan lebih dari satu telur per siklus dan meningkatkan kemungkinan memiliki anak kembar.

Jenis kelamin anak kembar bisa sama bisa juga tidak.

 

Bisa jadi kembar itu jenis kelaminnya sama, bisa juga kombinasi lelaki dan perempuan. Pada kasus kembar identik (Monozyotik), peluangnya akan lebih besar terjadi anak kembar dengan jenis kelamin yang sama.

Penampilan dan ciri khas anak kembar bisa saja sama, bisa juga berbeda sama sekali.

 

Pada kembar identik atau monozigotika, penampilan dan karakteristiknya akan sangat serupa. Bagi kembar dizigotik, kejadiannya akan sama seperti dua saudara kandung yang lainnya (bukan kembar). Mereka bisa memiliki warna mata yang berbeda, warna rambut, perawakan yang berbeda, kepribadian yang berbeda.

Mengapa kembar dizigotik bisa menghasilkan kembar yang non-identik?

Hal ini dikarenakan kembar dizigotik memiliki dua plasenta. Saat kehamilan terjadi untuk anak kembar, bakalan ada dua plasenta yang berkembang untuk setiap bayi. Begitu juga dengan kantung ketubannya.

Kembar tidak identik bisa dipengaruhi oleh faktor keturunan.

 

Terjadinya kembar jenis ini disebabkan ada lebih dari satu sel telur yang dibuahi. Normalnya satu telur dilepaskan saat ovulasi, tapi pada wanita yang hipovulasi, bisa melepaskan lebih dari satu telur. Kecenderungan ini bisa diturunkan kepada anak perempuannya. Maka kemungkinan anak perempuan tersebut memiliki anak kembar di kemudian hari akan meningkat. Sedangkan pada anak lelaki sebagai pembawa kromosom X (wanita) dan Y (laki-laki), kemungkinan terjadinya keturunan kembar bisa dilanjutkan pada anak perempuannya di kemudian hari.  

Ini faktanya Mom, terjadinya anak kembar bisa berasal dari sperma yang berbeda loh.

 

Pada kondisi wanita yang hipovulasi, beberapa telur dilepaskan dan bisa terjadi dalam jeda beberapa hari. Ketika sel telur dibuahi, ia mulai melakukan perjalanan ke rahim untuk melakukan implantasi. Telur lainnya bisa dibuahi oleh sperma dari tindakan seksual selanjutnya. Hal ini bisa mengakibatkan terjadinya anak kembar yang sebenarnya dikandung beberapa hari terpisah. Fenomena ini dikenal sebagai superfetasi.

Pada kondisi yang lebih ekstrem lagi, saudara kembar bisa jadi memiliki ayah yang berbeda. Hal ini dapat terjadi jika seorang wanita hipovulator dan memiliki hubungan seksual dengan lebih dari satu pasangan. Satu telur dibuahi oleh sperma dari satu orang dan satu telur lainnya dari pria lain, lalu kembar fraternal dengan ayah yang berbeda lahir. Fenomena ini dikenal sebagai superfekundasi.

Mom ingin punya anak kembar juga? Ternyata Memiliki anak kembar bisa juga melalui terapi kesuburan.

 

Seiring kemajuan perawatan medis di jaman sekarang, memiliki anak kembar bukan hal yang untung-untungan lagi. Proses in vitro fertilization (IVF) atau lebih dikenal dengan bayi tabung bisa dilakukan untuk mendapatkan anak kembar.  

Mom berasal dari pembawa keturunan anak kembar kah? Atau mungkin ada yang ingin memiliki anak kembar? Tentunya akan menjadi penambah kebahagiaan ya, bila Mom bisa memiliki momongan sesuai dengan harapan.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply