Masalah Kulit yang Sering Dialami Oleh Ibu Hamil

0 23

Jangan menggunakan produk skincare Mom karena kandungan bahan kimianya banyak sekali. Mungkin diantara Mom pernah mendapatkan informasi seperti itu dari kerabat atau sahabat. Banyak juga di antara Mom yang memilih untuk tidak melakukan perawatan wajah ketika hamil. Padahal, ibu hamil juga bisa lho melakukan perawatan wajah. Asal Mom memperhatikan bahan-bahan yang ada di dalam produk skincare tersebut.

Hormon-hormon di seluruh tubuh kita pada saat hamil cenderung mudah berubah dan ini menyebabkan juga timbul beberapa masalah pada kulit. Beberapa masalah kulit yang sering timbul saat hamil diantaranya adalah sebagai berikut ini.

Jerawat

Sebagian ibu hamil mengalami perubahan hormon yang menjadikan kulit wajahnya lebih berminyak, lebih banyak komedo, dan juga berjerawat. Hormon berperan utama dalam berkembangnya jerawat  dengan jenis yang berbeda-beda.

Melasma

Bercak atau noda hitam pada wajah yang sering disebut dengan melasma sering muncul pada ibu hamil. Biasanya di dahi, pipi, dan di atas bibir. Spot hitam ini terjadi pada sebagian besar ibu hamil dikarenakan kulitnya yang menjadi super sensitif terkena sinar matahari. Produksi melanin yang berlebih sehingga timbul spot hitam di area wajah. Melasma tidak hanya terjadi ketika Mom hamil, tetapi bisa juga dampak dari penggunaan pil KB atau pemakaian IUD pada sebagian wanita.

Skin Tag

Skin tag terlihat seperti kutil, sangat umum dan tidak berbahaya. Biasanya skin tag ditemukan di beberapa ibu hamil, orang berusia 60 tahun ke atas, dan orang yang suka menggunakan steroid.

Pencegahan dan pengobatan masalah kulit tersebut bisa diatasi kok

Perubahan kulit saat hamil itu sangat alami terjadi pada ibu hamil. Untuk mengatasi atau mencegahnya, Mom bisa merawatnya agar kondisi kulit tidak menjadi lebih buruk. Jika saat hamil Mom mengalami gangguan kulit tersebut maka Mom disarankan melakukan perawatan kulit. Namun sebelumnya, Mom juga harus mencari tahu kandungan pada perawatan wajah yang cocok untuk ibu hamil dan aman bagi janin.

Beberapa kandungan yang harus dihindari adalah accutane (biasanya ada di obat oles jerawat dan juga sebagai obat yang diminum), hydroquinone (zat pemutih/bleaching), retinoid (vitamin A kadar tinggi biasanya di produk anti-aging), dan soy (bisa memperburuk melasma).

Buat Mom yang berjerawat saat hamil pasti bertanya-tanya apa yang dipakai ketika hamil kalau ternyata produk untuk jerawat pun harus dihindari. Tenang saja, mengurangi jerawat tidak melulu harus menggunakan produk jerawat kok Mom. Masih banyak produk di luar yang bisa mengurangi produksi minyak berlebih dan tetap menghidrasi kulit dari jerawat. Mom bisa mencoba produk berbahan dasar air. Selain ringan di wajah, ternyata bisa sukses memperbaiki kondisi kulit saat hamil. Berikut produk yang bisa Mom coba.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply