Manfaat Susu Fermentasi untuk Ibu Hamil yang Harus Mom Ketahui

0 13

Salah satu permasalahan yang dialami oleh setiap ibu hamil adalah gangguan pencernaan, seperti gejala sembelit atau susah buang air besar. Hal ini bukanlah masalah sepele.  Sembelit yang terjadi pada ibu hamil akan memicu adanya kontraksi pada rahim ketika buang air besar.

Kontraksi ini terjadi ketika ibu hamil mengejan terlalu lama akibat sembelit. Disisi lain sembelit yang terjadi pada ibu hamil juga akan menimbulkan dampak yang tidak baik bagi pertumbuhan janin. Mom bisa mengonsumsi susu fermentasi untuk mengatasi sembelit saat hamil.

susu fermentasi

Ibu hamil pada dasarnya diperbolehkan kok untuk mengonsumsi susu fermentasi tapi dengan catatan tidak dikonsumsi secara berlebihan. Mom juga harus mengimbangi dengan mengonsumsi  makanan atau minuman yang kaya serat sebagai asupan yang dibutuhkan janin selama masa pertumbuhannya di dalam rahim. Untuk mengetahui apa saja manfaat minuman susu fermentasi prebiotik ini bagi ibu hamil, berikut penjabarannya ya Mom.

1. Mengatasi sembelit dan membantu melancarkan BAB (buang air besar) pada ibu hamil

Sesuai dengan penjelasan di atas bahwa sembelit tidak baik untuk kesehatan ibu hamil. Mom bisa mengonsumsi susu fermentasi  untuk mengatasi sumbatan yang terjadi pada usus serta merangsang feses menuju usus besar dengan mudah. Akan tetapi, Mom harus tetap memperhatikan jumlah penggunaannya. Perhatikan juga waktu serta tanggal kadaluarsa dari produk tersebut.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ibu hamil pada trisemester pertama biasanya akan mengalami gangguan kesehatan berupa mual dan muntah serta gejala lain di awal kehamilan. Kondisi ini pasti akan berdampak pada menurunnya sistem kekebalan tubuh ibu hamil karena asupan nutrisi tidak terpenuhi sebagaimana mestinya. Mom bisa mengonsumsi susu fermentasi dua kali sehari. Susu fermentasi dapat meningkatkan imun tubuh sehingga sistem kekebalan tubuh ibu hamil dapat terjaga.

3. Menekan pertumbuhan bakteri jahat dalam usus

Tahukah Mom jika usus merupakan organ tubuh yang sangat penting dalam menentukan kualitas hidup seseorang. Bahkan penuaan yang terjadi pada manusia diawali pada usus terlebih dahulu. Susu fermentasi merupakan minuman prebiotik yang mengandung bakteri baik bernama Lactobacillus casei shirota strain hidup yang dapat menjaga kesehatan usus ibu hamil.

4. Mengurangi kadar racun yang ada di dalam usus

Proses detoksifikasi sangatlah penting apalagi bagi ibu hamil. Proses ini sangat diperlukan bagi tubuh karena racun yang tidak segera dikeluarkan dari dalam tubuh akan menumpuk dan dapat mengancam kesehatan sistem pencernaan itu sendiri.

Racun yang terdapat di dalam usus dapat dikeluarkan melalui feses. Hal ini patut diperhatikan, terutama bagi ibu hamil yang mendambakan kesehatan janinnya kelak. Oleh karena kesehatan dan perkembangan janin merupakan cerminan dari kesehatan sang ibu.

5. Membatasi jumlah bakteri jahat yang merugikan

Dalam satu botol susu fermentasi terdapat 6,5 hingga 8 milyar bakteri baik bernama Lactobacillus casei shirota strain yang bermanfaat dalam menunjang kesehatan ibu hamil. Bakteri baik yang terdapat di dalamnya akan masuk ke dalam tubuh melalui sistem pencernaan ibu hamil. Bakteri ini akan dikeluarkan kembali setelah melewati masa tertentu.  

6. Meningkatkan jumlah bakteri baik di dalam usus ibu hamil

Bakteri baik yang masuk kedalam usus ibu hamil akan menekan jumlah bakteri jahat yang merugikan. Keseimbangan bakteri usus sangat menentukan tingkat kesehatan secara menyeluruh. Oleh sebab itu, sebaiknya hindari asupan makanan atau minuman yang dapat merusak keseimbangan tersebut.

7. Membantu keseimbangan flora usus selama Mom hamil

Mengonsumsi susu fermentasi yang mengandung prebiotik ini nyatanya mampu menjaga keseimbangan yang sehat dari flora usus. Nantinya racun yang terdapat di dalam usus dapat berkurang jumlahnya. Kandungan bakteri baik di dalam Yakult tidak akan membahayakan janin selama penggunaannya tidak dikonsumsi secara berlebihan.

***

Sudah tahu kan Mom, manfaat susu fermentasi untuk ibu hamil. Jadi untuk mengonsumsinya Mom tidak perlu khawatir lagi ya.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply