Tidak Selamanya Negatif, Justru Inilah Manfaat Bermain Game untuk Anak-Anak!

0 44

Pada dasarnya dunia anak-anak adalah bermain. Tak heran jika mereka menyukai permainan Game. Mom tak perlu resah jika anak-anak sudah mulai suka dengan games yang ada di gadget. Sebenarnya ada  Mom manfaat positif yang bisa diambil dari bermain game. Namun perlu diingat, Mom juga harus tegas dalam memberikan batasan mereka dalam bermain. Jangan sampai mereka terlena dan kecanduan ya!

Mom bisa simak beberapa list manfaat bermain game pada anak-anak!

1. Penggunaan bahasa Inggris

Beberapa jenis permainan yang banyak diminati oleh anak-anak adalah games online. Games online ini biasanya dirancang oleh orang-orang luar negeri yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Dengan bermain games ini, anak-anak secara tidak langsung belajar bahasa Inggris lho Mom. Tanpa Mom sadari, mereka akan merekam beberapa kosa kata bahasa Inggris. Saat bermain, mereka pun akan dituntut untuk mengerti perintah bahasa yang digunakan.  Secara tidak langsung mereka belajar sambil bermain dan itu sangat menyenangkan.

2. Melatih kemampuan spasial anak

Melalui sebuah permainan, kemampuan spasial anak yang akan berhubungan dengan kecerdasan gambar dan visualisasi akan terasah dengan baik. Kemampuan ini pun akan berpengaruh dengan kemampuan berhitung mereka. Selain itu, permainan juga akan membantu motorik halus anak.

3. Melatih logika

Saat bermain games, anak-anak harus menggunakan berbagai strategi untuk memenangkan permainan ini. Permainan juga bisa membantu melatih penggunaan logika, menganalisa, dan memecahkan sebuah masalah yang dihadapi. Di situlah logika mereka dilatih untuk bekerja dengan lebih baik.

4. Stimulasi otak

Para pemain games bisa juga membuat permainan sendiri. Mereka dapat membuat sebuah permainan yang diinginkan. Hal ini akan membantu stimulasi otak dan proses berpikir untuk menciptakan sebuah skenario yang panjang dan rumit. Ini akan mendorong mereka untuk jadi lebih kreatif.

5. Mengembangkan imajinasi

Dengan bermain games daya imajinasi mereka akan meningkat. Anak akan menggunakan imajinasinya untuk menyeimbangkan berbagai kejadian dalam film dan mereka dapat mengaplikasikannya dalam dunia nyata yang relevan dan positif tentunya.

6. Melatih kemampuan membaca

Bagi anak-anak yang lancar membaca. Memberikan mereka sebuah game konsol bisa menjadi sebuah media dan alat bantu untuk belajar membaca. Banyak sekali kan games yang bersifat edukasi dan membantu mereka untuk belajar membaca menjadi lebih asik. Selama bermain mereka pun dituntut untuk membaca setiap perintah yang diberikan oleh tokoh games dan narator game.

7. Mengenalkan sebuah teknologi kepada anak

Asus mengeluarkan produk terbaru untuk para gamer

Game online secara tidak langsung akan mengajarkan anak untuk lebih memahami sebuah teknologi yang sedang berkembang saat ini. Termasuk memahami tentang sebuah perangkat kasar yang digunakan untuk bermain games.

Seiring berkembangnya sebuah teknologi baru, banyak sekali tercipta sebuah produk baru yang canggih untuk mendukung sebuah kegiatan, bermain games misalnya. Seperti halnya ASUS yang telah memperkenalkan sebuah rangkaian laptop gaming.

Ada tiga produk terbarunya ROG G703 yang menjadi andalan dan diperkuat dengan prosesor Intel Core i9 gen 8 yang sudah di-overclock sehingga dapat menawarkan sebuah kemampuan yang tiada tanding.

***

Jadi, untuk sebuah permainan yang dilakukan oleh anak juga harus didukung dengan sebuah perangkat yang mumpuni. Siapa tahu, anak nantinya menjadi jago dalam bermain game dan bisa mengikuti sebuah turnamen gaming skala nasional dan internasional.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply