Agar Kebutuhan Mineral Tubuh Terpenuhi, Masukan Makanan Mengandung Zat Besi Ini ke Dalam Menu Masakan Keluarga

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
157

Makanan merupakan salah satu kebutuhan pokok dalam kehidupan kita. Makanan mengandung berbagai kandungan yang diperlukan untuk metabolisme tubuh. Salah satu zat yang  diperlukan tubuh adalah zat besi. Zat besi berfungsi untuk meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah.

Makanan Untuk Darah Tinggi

Mom, zat besi punya manfaat penting bagi tubuh. Untuk itu jangan lupa untuk memasukan makanan yang mengandung zat besi ke dalam menu keluarga.

Tubuh kita tidak dapat memproduksi zat besi sehingga kita harus mendapatkan zat besi dari makanan. Selain sebagai peningkat kadar hemoglobin di dalam darah, zat besi juga memilki beberapa fungsi lain, seperti untuk otot dan otak. Itulah sebabnya mengapa para orang tua di anjurkan untuk menyertakan makanan-makanan yang banyak mengandung zat besi.  Berikut ini adalah beberapa makanan yang mengandung zat besi.

Kacang tanah

Dalam 100 gr kacang tanah terdapat 4,6 mg zat besi. Selain mengandung zat besi yang tinggi, kacang tanah juga mengandung nutrisi lain, seperti asam folat, magnesium, dan potassium.

Bayam

Bayam dikenal sebagai sayuran yang memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Bayam sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil yang  rentan terkena anemia karena zat besinya mampu meningkatkan jumlah sel darah merah dalam tubuh.

Hati sapi

Hati sapi sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dan anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Hal ini tidak terlepas dari peranan kandungan zat besi yang tinggi di dalam hati sapi.  Hati sapi juga mengandung
vitamin B12 yang tinggi, namun ingat untuk tidak mengonsumsinya secara berlebihan karena hati sapi mengandung kolesterol yang cukup tinggi.

Kepiting

Hewan lain yang mengandung zat besi yang tinggi adalah kepiting. Dalam 75 gram kepiting terdapat 2,3 mg zat besi. Kepiting juga mengandung nutrisi lain, seperti fosfor, asam amino dan mineral lainnya yang sangat baik bagi ibu hamil. Kepiting juga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan otak bayi dalam kandungan.

Ikan Makarel

Zat besi tidak hanya di dapatkan dari tumbuh-tumbuhan tetapi juga dari hewan, terutama dari makanan laut. Contohnya adalah Ikan Makarel. Ikan Makarel ini biasanya juga banyak di temukan di dalam sarden. Ikan makarel dapat di konsumsi oleh para penderita hipertensi karena kandungan zat besi di dalam ikan ini dapat menjadi obat penyakit hipertensi.

Telur

Telur merupakan salah satu makanan yang hampir kita konsumsi setiap hari. Dalam 100 gram telur terdapat 1,2 mg zat besi.  Telur yang sangat gampang diolah ini juga mempunyai kandungan nutrisi lainnya, seperti vitamin A, E, dan B12.

Kacang merah

Kacang-kacangan lainnya yang mengandung zat besi adalah kacang merah. Kacang merah dipercaya memiliki kandungan zat besi dan serat yang tinggi sehingga baik untuk menurunkan kolesterol dalam darah dan meningkatkan jumlah hemoglobin. Kacang merah biasanya diolah dalam bentuk bubur maupun campuran es.

Markisa

Buah yang terkenal berasal dari Medan ini ternyata sangat baik untuk menangkal radikal bebas, meningkatkan pembentukan sel darah merah, dan sistem kekebalan tubuh. Terdapat 3,78 mg zat besi dalam 100 gram markisa.

Kurma

Buah kurma sering kita jumpai di bulan Ramadhan atau puasa. Buah yang menjadi menu buka puasa ini ternyata memiliki kandungan zat besi yang tinggi, yakni 1,6 mg dalam setiap 100 gramnya. Buah kurma juga sangat baik untuk proses pencernaan, meningkatkan jumlah sel darah merah, meningkatkan
sistem imun, dan mempercepat proses penyembuhan luka.

Labu

Kandungan zat besi dalam labu adalah 1,4 mg per 100 gramnya. Zat besi yang terkandung dalam buah labu berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan jumlah sel darah merah. Labu juga mengandung vitamin A yang baik untuk mata dan serat yang baik untuk pencernaan.

Alpukat

Alpukat biasanya diolah menjadi jus atau campuran salad buah. Alpukat yang memiliki rasa yang enak dan tekstur lembut ini mempunyai kandungan 1,12 mg zat besi dalam 100 gramnya. Zat besi yang terkandung dalam alpukat berfungsi untuk meningkatkan sistem imun dan penyerapan nutrisi.  Sedangkan asam lemak omega 6 sangat baik untuk kesehatan jantung. Alpukat juga sangat baik dikonsumsi penderita hipertensi karena dapat menurunkan kolesterol dalam darah.

Tahu

Makanan yang murah dan sangat Indonesia ini dikenal memiliki banyak manfaat berkat kandungan nutrisi yang melimpah di dalamnya. Salah satunya adalah kandungan zat besi yang berfungsi meningkatkan pembentukan sel darah merah di dalam tubuh. Tahu juga mengandung isoflavon yang tinggi yang berguna untuk menjaga kesehatan jantung dan mengurangi gejala menopause.

Itulah beberapa makanan yang mengandung kadar zat besi tinggi di dalamnya. Jangan lupa untuk
mengonsumsi makanan bergizi lainnya agar mendapatkan gizi yang seimbang. Lakukan olahraga yang rutin untuk tetap menjaga kebugaran tubuh. Semoga hal ini dapat menambah pengetahuan Mom tentang zat besi.  

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply