Panduan 10 Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

0 58

Makanan yang Mom konsumsi selama kehamilan akan mempengaruhi perkembangan janin dalam kandungan. Oleh karena itu, Mom harus lebih selektif dalam memilih makanan yang dikonsumsi dan perhatikan gizi yang terkandung di dalamnya. Agar memiliki panduan, berikut ini 10 makanan bergizi untuk ibu hamil yang harus Mom ketahui.

1. Pisang

Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil-satu

Untuk Mom yang mengalami mual dan muntah atau morning sickness di awal kehamilan, ada baiknya untuk mengonsumsi pisang. Sebab, kandungan vitamin B6 yang tinggi pada pisang dapat membantu mengatasi morning sickness yang Mom alami. Selain kandungan vitamin B6, pisang juga mengandung vitamin C, asam folat, serat, dan juga potassium loh Mom!

2. Sayuran hijau

Untuk Mom yang kurang suka dengan sayuran, saat hamil ada baiknya untuk membiasakan diri mengonsumsi aneka jenis sayuran. Sayuran dengan daun berwarna hijau yang dapat ditemui pada bayam dan kangkung misalnya, kaya akan kandungan zat besi, folat, serat, dan juga vitamin C yang dibutuhkan tubuh, termasuk perkembangan janin. Wah ternyata banyak manfaat ya Mom sayuran berwarna hijau!

3. Ikan salmon

Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Sudah bukan rahasia umum lagi ya Mom bahwa ikan salmon mengandung protein lemak yang baik untuk tubuh. Tingginya kandungan protein yang terdapat pada ikan salmon ini mampu membantu perkembangan otak janin dalam kandungan. Mom rasanya harus rutin mengonsumsi ikan salmon semasa kehamilan deh karena ikan ini terbilang aman dan rendah akan kandungan merkurinya.

4. Daging rendah lemak

Daging merah tanpa lemak merupakan sumber protein tinggi yang baik untuk Mom konsumsi. Kandungan zat besi pada daging merah mampu mencegah Mom mengalami anemia dimasa kehamilan. Kandungan proteinnya yang tinggi juga baik untuk tumbuh kembang janin yang dikandung.

5. Telur

Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil

Jangan lupa untuk mengonsumsi telur juga ya Mom. Oleh karena kandungan kolin yang terdapat pada telur mampu membantu perkembangan otak janin yang dikandung. Nah, untuk Mom yang vegetarian, manfaat kolin dapat diperoleh dengan mengonsumsi kacang kedelai dan susu. So, jika ingin miliki anak yang pintar, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan tersebut ya, Mom.

6. Ubi

Selain sebagai sumber karbohidrat, ubi juga kaya akan kandungan antioksidan, vitamin B, C, dan juga serat. Nah, kandungan serat yang terkadung dalam ubi bermanfaat dalam mencegah terjadinya sembelit semasa kehamilan.

7. Kacang-kacangan

Kandungan protein tinggi dan serat yang terdapat pada kacang memang baik untuk kesehatan Mom dan juga janin yang dikandung. Kandungannya yang kaya akan serat dan juga protein tinggi membuat kacang sangat baik untuk dikonsumsi pada saat kehamilan. Kacang – kacangan mampu memberikan banyak manfaat untuk janin, karena dapat membuat janin tumbuh dengan tulang tulang yang kuat.

8. Yoghurt

Untuk Mom yang menyukai yoghurt, rasanya harus berbahagia sebab yoghurt merupakan salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu hamil. Selain mengandung protein yang tinggi, yoghurt juga mengandung kalsium yang baik untuk perkembangan bayi dalam rahim Mom.

9. Gandum

Gandum rupanya juga baik dikonsumsi ibu hamil karena kaya akan kandungan serat, nutrisi, vitamin E, selenium, dan fitonutrien. Kandungan senyawa tersebut ternyata dibutuhkan tubuh selama kehamilan.

10. Alpukat

Konsumsi buah alpukat memang disarankan terutama saat kehamilan memasuki trimester kedua. Kandungan serat, asam folat, vitamin C, vitamin B6, vitamin K, dan kalium yang terdapat pada alpukat inilah yang mampu menunjang kebutuhan nutrisi yang dibutuhkan ibu hamil. Untuk itu, jangan lupa konsumsi alpukat terutama jika kehamilan memasuki trimester kedua.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply