Luncurkan Aplikasi YouTube Kids, Angin Segar Buat Para Orang tua

0 105

Banyak orang tua merasa resah ketika anak-anak teracuni konten yang kurang mendidik dari media sosial. Tentu Mom salah satunya. Apalagi kalau si kecil sudah keasikan melihat tayangan dari YouTube yang menyajikan konten kurang sesuai untuk ditonton oleh anak-anak.

Tidak hanya itu, perilaku si kecil pun bisa menjadi berubah menjadi monophobia, yaitu kecanduan akan gadget. Menurut para ahli, dampak buruk dari monophobia dapat menyebabkan kegelisahan yang berlebihan. Untuk mengatasi keresahan para orang tua, YouTube meluncurkan aplikasi baru, yaitu YouTube for Kids. Hal ini tentu akan membuat para Mom merasa sedikit lega. Pasalnya, Mom dapat membatasi konten apa yang layak dan tidak untuk anak-anak.

youtube

Beginilah aplikasi terbaru YouTube Kids

Aplikasi YouTube sebenarnya tidak buruk kok Mom. Namun, banyak penggunanya yang tidak bertanggung jawab, semisal para pengguna asal mengunggah konten kurang baik bahkan kurang mendidik bagi anak-anak.

 

Hal semacam itu memang tidak bisa kita hindari. Akan tetapi dapat kita batasi menggunakan sebuah aplikasi terbaru dari YouTube Kids,  aplikasi YouTube khusus untuk anak-anak. Aplikasi ini pun akan mempermudah Mom untuk lebih mengawasi apa yang sedang diakses anak. Sehingga Mom tak terlalu khawatir saat Mom tak bisa mendampingi sang buah hati ketika membuka konten video YouTube.

Ada dua pilihan menu yang berfungsi untuk membatasi anak dalam mencari konten video YouTube. Pertama, Mom dapat mengizinkan anak mencari konten video sesuka hatinya.  Meskipun demikian, YouTube Kids tetap menyediakan konten video sesuai dengan umur anak kok Mom. Kalau Mom tidak mengizinkan anak Mom mencari video sendiri, maka YouTube Kids merekomendasikan video dari beberapa penonton YouTube lainnya di seluruh dunia.

Cara instalasi aplikasi YouTube Kids

Seperti halnya aplikasi lainnya, Mom bisa mengunduh aplikasi ini melalui Play Store/Apps Store. Mom bisa mencarinya dengan menggunakan kata kunci “YouTube Kids”. Setelah itu, Mom bisa menginstalnya.

Setelah instalasi tersebut selesai Mom akan disuguhkan menu pengaturan tahun lahir sebagai orang tua dan pengaturan tanggal lahir anak. Mom juga bisa mengisi nama anak sebagai user. Setelah semuanya selesai, Mom bisa sedikit lega saat anak-anak menonton video YouTube.

Keuntungan menggunakan YouTube Kids

Banyak sekali keuntungan yang didapat oleh para orang tua saat menggunakan YouTube Kids. Salah satu keuntungannya, Mom dapat memilih koleksi saluran dan topik yang dapat diakses anak. Mom juga bisa mengakses pengaturan profil dan memilih saluran dari koleksi yang tersedia di YouTube Kids.

Mom selaku orang tua juga bisa mengawasi anak dalam penggunaan aplikasi YouTube anak tersebut. Selain itu, Mom dapat menciptakan profil dan kode khusus untuk masing-masing anak.

Jadi, Mom sekarang tak perlu khawatir anak akan membuka konten atau nonton tayangan video yang kurang layak di YouTube. Selain hal tersebut, tindakan lain yang bisa Mom lakukakan agar anak tidak menjadi monophobia adalah dengan membatasi penggunaan gadget pada anak.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply