Larangan penggunaan kantong plastik di Bogor Mulai 1 Desember 2018

0 14

Apa pendapat Mom jika di setiap pusat perbelanjaan dan supermarket tidak ada kantong plastik? Seharusnya bukan suatu masalah yang besar kan Mom. Pasalnya Mom bisa menggantinya dengan beberapa  wadah lain untuk menampung belanjaan. Toh, sampai di rumah juga plastik pembungkusnya hanya menjadi sampah belaka.

Pemkot Bogor melarang penggunaan plastik di setiap pusat perbelanjaan. Larangan tersebut akan diberlakukan pada di tanggal 1 Desember 2018. Peraturan ini membutuhkan dukungan dengan edukasi dan solusi yang dilakukan secara terus menerus agar masyarakat memahami dengan benar kebijakan larangan tersebut.

Enggak banyak kan Mom yang paham mengenai dampak plastik terhadap lingkungan. Namun dengan adanya kebijakan tersebut diharapkan akan membantu penghematan pelaku usaha dalam menyediakan plastik dan tentunya membantu menyelamatkan lingkungan. Kebijakan ini memiliki landasan hukum, yakni Peraturan Walikota Bogor Nomor 61 Tahun 2018 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong Plastik.

Sebelum peraturan ini keluar, pemkot pun akan mengadakan sebuah sosialisasi yang akan dijadwalkan setiap sabtu dan minggu dengan mendatangi pusat perbelanjaan secara bergantian, serta memberikan sosialisasi dengan durasi 1,5 jam.

Indonesia menjadi penyumbang sampah plastik ke lautan kedua setelah Cina

Berdasarkan fakta yang ada, Indonesia menjadi negara dengan penyumbang sampah plastik ke lautan terbanyak kedua setelah Cina. Di Kota Bogor tumpukan sampah mencapai 700 ton per hari dengan jumlah sampah plastik yang diperkirakan bisa mencapai 100 ton per hari.

Kondisi ini sangat memprihatinkan mengingat sampah plastik butuh waktu 200 tahun sampai dengan 1.000 tahun untuk terurai. Kebijakan ini tidak sekadar program saja, namun sudah memiliki dasar hukum. Diharapkan masyarakat bisa turut serta mendukung pengurangan penggunaan kantong plastik dengan kesadaran sendiri.

Harapannya, dengan adanya peraturan daerah yang mengatur tentang penggunaan plastik nantinya akan berdampak positif. Seperti halnya mengurangnya timbunan sampah plastik demi menjaga lingkungan hidup tetap lestari dan tidak tercemar.

Bawalah kantong dari rumah, Mom!

Mom bisa menggantinya dengan menggunakan beberapa kantong lain  yang ramah lingkungan dan bisa dipakai berkali-kali. Mom juga bisa menggunakan kardus bekas untuk mengantongi barang belanjaan Mom. Jika Mom ingin menggnakan kardus, biasanya petugas kasir akan membantu Mom untuk mengemaskan barang belanjaan Mom.

Mom juga bisa membuat kantong belanja sendiri dari kain perca atau kaos yang sudah tidak terpakai. Mom juga bisa membeli kantong belanja yang berasal dari kain kanvas. Mom bisa menemukan di beberapa toko aksesoris langganan Mom.

***

Jadi menurut Mom, gimana nih tentang kebijakan penggunaan kantong plastik? Pasti setuju kan demi mengurangi limbah plastik di Indonesia, kita memang harus diet plastik .

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply