Keren! Bidan Ratna Rela Menerobos Banjir Demi Menolong Ibu Melahirkan di Aceh Singkil

0 17

Menjadi seseorang yang berprofesi sebagai bidan atau tim medis memang tidak gampang Mom. Kita harus menyiapkan mental serta tenaga untuk menolong sesama, dengan rasa ikhlas dan tulus tentunya. Terlebih lagi, bila sang bidan ditugaskan di sebuah daerah terpencil atau daerah rawan bencana dan perang. Siaga 24 jam terasa sudah menjadi kewajiban kita demi menyelamatkan nyawa seseorang.

Di Aceh Singkil seorang bidan bernama Ratna Berutu, layak disebut sebagai hero. Pasalnya, dalam kondisi banjir ia harus berjuang keras untuk membantu seorang ibu yang akan melahirkan di Desa Situban Makmur (14/10). Demi keselamatan ibu dan anak tersebut, ia pun tak peduli tubuhnya basah lantaran harus menerjang banjir sedalam 150 centimeter.

bidan ra

Persalinan ekstrem

Adegan perjuangan bidan Ratna pun di diunggah dalam akun media sosial Facebook. Dalam unggahan foto itu, Ratna membuat caption “Ini lgi yg lbih exrtim pertolongan ibu bersalin yg kedua x nya di situban, sudah mlm di tmbh Lg bnjir,,, Hanya tuhanlah yg memberkati Dan memberi kekuatan,,, krn Bagi Tuhan tak ada yg mustahil.”

Tak lama postingan tersebut mendapat komentar positif dari pengguna Facebook. Bahkan, foto-foto yang di-upload menjadi viral dan dibagikan 168 kali oleh netizen.

Mengenal lebih dalam tentang profesi kebidanan

Bidan merupakan profesi tenaga kerja medis terlatih yang mendampingi seorang calon ibu, baik selama proses kehamilan, melalui proses persalinan, serta memberikan perawatan setelah melahirkan kepada ibu dan anak.

Bidan pada umumnya mendampingi dan memberikan dukungan bagi para calon ibu yang menginginkan proses persalinan normal, baik secara emosional maupun secara perawatan fisik. Yuk, Mom mengenal lebih dalam peranan dan tugas bidan!

Peran seorang bidan adalah menjadi seorang pendamping calon ibu selama proses persalinan

Mom harus tahu bahwa bidan mempunyai peran sebagai pendamping seorang calon ibu selama proses persalinan. Bidan biasanya bekerja secara tradisional berdasarkan pandangan bahwa proses kehamilan dan proses persalinan adalah pengalaman hidup sebagai seorang wanita. Oleh karena itu, bidan menganggap akan jauh lebih baik apabila proses persalinan dapat dilakukan secara alami tanpa banyak campur tangan medis.

Persiapkan diri untuk bersedia melakukan pengorbanan pribadi

Seorang bidan akan bekerja bersama dengan calon ibu, dari awal proses kehamilan hingga proses persalinan. Hal ini pun tidak hanya sekali atau dua kali saja Mom, bahkan terkadang hingga berbulan-bulan atau bahkan bertahun-tahun berikutnya. Seorang bidan mempunyai sebuah kedekatan yang terjalin dalam proses pekerjaan mereka.

Oleh karena itu, bidan harus bersedia mengedepankan kepentingan pasien mereka dibandingkan kepentingan mereka sendiri Mom. Selain itu, seorang bidan harus setia setiap saat, karena bidan tidak akan pernah tahu kapan tepatnya seorang calon ibu akan melahirkan. Sedangkan proses persalinan dapat berlangsung di mana saja, dalam waktu beberapa jam, hingga beberapa hari. Kehadiran seorang bidan sangat dibutuhkan sepanjang proses tersebut berlangsung.

***

Jadi, apabila ada seorang bidan yang rela menerobos banjir demi menolong calon ibu yang ingin melahirkan, itu adalah tugas dan kewajiban mulia mereka. Berkorban untuk menolong seorang ibu dan anaknya.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply