Kenali Gejala Kanker Payudara Stadium 1 Sebelum Terlambat

0 31

Mengenali diri kita sendiri itu perlu Mom. Termasuk mengenali setiap perubahan yang ada pada tubuh kita. Waspadalah ketika pada tubuh Mom muncul sebuah benjolan, terutama benjolan di sekitar payudara Mom.

Perlu Mom tahu bahwa kanker payudara stadium 1 adalah kanker payudara stadium awal, yang ditandai oleh benjolan kanker berukuran 2 cm atau lebih kecil pada payudara. Benjolan ini masih belum menyebar ke kelenjar getah bening di bagian ketiak atau struktur lain di sekitar payudara.

Setelah kanker serviks, kanker payudara merupakan salah satu jenis kanker yang berbahaya bagi wanita lho Mom. Sel kanker akan tumbuh dan menyerang jaringan payudara Mom. Parahnya sampai detik ini belum diketahui penyebab pasti kanker payudara, satu hal yang diketahui adalah penyakit ini muncul karena adanya kerusakan sel dan perubahan sifat genetik pada jaringan payudara.

Untuk pengobatan dini atau pencegahan, tidak ada rugi dan salahnya Mom mengenali ciri-ciri kanker payudara. Terutama kanker stadium 1, jika benar ada jaringan kanker yang tumbuh pada payudara, Mom tidak terlambat untuk mengobatinya. Maka dari itu, Mom perlu mengenali ciri-ciri kanker payudara sebelum terlambat

Munculnya benjolan di payudara

Mom harus peka dan curiga dengan benjolan apapun yang tiba-tiba muncul di tubuh Mom, terutama pada payudara. Sebab, salah satu ciri kanker payudara adalah munculnya benjolan pada payudara. Benjolan ini tidak selalu terasa sakit. Meski demikian, tidak semua benjolan yang muncul pada payudara bersifat kanker. Benjolan ini dapat terasa saat Mom melakukan pemeriksaan pribadi di rumah.

Adanya perubahan warna kulit payudara

Biasanya perubahan warna tersebut disalahartikan dengan infeksi. Padahal, jika Mom tidak yakin dengan benjolan yang muncul di dalam payudara, perubahan warna kulit sudah cukup untuk membuat Mom lebih waspada. Pada tahap ini, kulit payudara akan menjadi kemerahan, seperti terjadi iritasi, tekstur,  warna kulit seperti kulit jeruk, permukaan kulit area payudara yang terkena kanker tampak berlekuk-lekuk, serta terjadi penebalan kulit.

Puting terasa sakit

Ciri-ciri dari kanker payudara stadium 1 lainnya adalah dengan munculnya perubahan pada bagian puting disertai rasa nyeri. Mungkin juga keluar cairan tidak normal dari puting atau puting masuk ke dalam.

Muncul benjolan pada ketiak

Selain benjolan di payudara, terkadang benjolan pun bisa muncul di ketiak. Hal ini disebabkan karena jaringan payudara meluas hingga di bawah ketiak. Inilah mengapa kanker dapat menyebar melalui kelenjar getah bening di bawah ketiak.

Guna mengenali ciri-ciri kanker payudara stadium 1 di atas, Mom juga perlu melakukan sebuah pemeriksaan payudara sendiri setiap bulan.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply