Anak Mom Cacingan? Yuk, Kenali Ciri Cacingan Pada Anak!

0 35

Meski orang dewasa bisa mengalaminya, cacingan pada anak lebih umum terjadi. Mom, tentu tidak ingin si Kecil mengalami cacingan bukan?

Cacingan merupakan penyakit yang tidak bisa disepelekan. Cacingan pada anak, terjadi saat ada cacing parasit yang berkembang biak di dalam sistem pencernaan. Penyebab dari cacingan terbilang beragam, mulai dari makanan atau minuman yang dikonsumsi terkontaminasi telur cacing, kebiasaan anak memasukkan tangan kotor ke dalam mulut atau belum mencuci tangan, kurang menjaga kebersihan anus, hingga proses memasak yang kurang baik.

Jika telur cacing masuk ke mulut dan  berkembang biak di dalam sistem pencernaan, maka cacing dapat mengambil nutrisi penting yang dibutuhkan si Kecil selama masa pertumbuhan. Sebab, cacing dapat menyerap nutrisi di dalam tubuh.

cacingan

Untuk mengenali apakah anak mengalami cacingan, berikut beberapa ciri umum yang mungkin terjadi jika anak mengalami cacingan.

Sakit perut

Meski sakit perut bisa menjadi pertanda adanya gangguan kesehatan lain, namun sakit perut menjadi pertanda umum dari cacingan. Jika anak Mom mengalami sakit perut yang berkepanjangan atau sering kambuh dan tidak parah, bisa jadi anak Mom terkena cacingan.  

Gatal di sekitar anus

Selain sakit perut, gatal di sekitar anus juga bisa menjadi pertanda anak alami cacingan. Gatal pada anus kerap kali disebabkan oleh cacing kremi. Biasanya, rasa gatal yang ditimbulkan dirasakan saat malam ataupun pagi hari.

Badan kurus dan tidak nafsu makan

cacingan

Anak yang mengalami cacingan memang lebih cenderung memiliki tubuh yang kurus. Ini terjadi karena nutrisi yang seharusnya digunakan untuk menunjang pertumbuhan si Kecil diserap oleh cacing sehingga tubuh menjadi kurus. Anak juga cenderung memiliki nafsu makan yang kurang sehingga sulit untuk menaikkan berat badan.

Tidur terganggu

Karena mengalami sakit perut dan gatal pada anus, tak jarang ini juga akan menyebabkan tidur si Kecil menjadi terganggu. Akibatnya anak menjadi kurang tidur.

Anemia

Anemia juga bisa disebabkan karena anak mengalami cacingan. Ini terjadi saat cacing di dalam usus menyerap zat besi yang dibutuhkan tubuh untuk memproduksi sel darah merah sehingga dalam kurun waktu tertentu dapat menyebabkan anemia. Adapun anemia yang terjadi pada anak dapat ditandai dengan  badan yang melemas dan pucat.

Ruam kulit

Meskipun jarang terjadi, munculnya ruam pada kulit atau bercak merah pada area tangan dan kaki bisa menjadi pertanda anak mengalami cacingan.

Jika buah hati mengalami gejala yang disebutkan tadi, ada baiknya mom memeriksakan anak ke dokter untuk mengetahui kebenaran anak alami cacingan.  Biasanya dokter akan melakukan beberapa pemeriksaan, seperti tes selotip, tes cutton bud, ataupun pemeriksaan USFG. Umumnya, pemeriksaan USG akan direkomendasikan oleh dokter jika penyakit cacingan yang dialami tergolong parah atau menyebabkan terjadinya infeksi. Pemeriksaan USG bertujuan untuk mengetahui ketepatan lokasi cacing berkumpul.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply