Karena Ayah Punya Peranan Penting Terhadap Anak, Ini Kegiatan yang Bisa Ayah dan Anak Lakukan Bersama

0 361

Peran ayah dalam keluarga bukan hanya sebagai kepala rumah tangga yang hanya mencari nafkah saja. Seorang ayah pun ikut andil dalam mengasuh anak-anaknya. Kedekatan ayah kepada anaknya pun sangat penting.

Sebuah riset mengatakan bahwa seorang anak perempuan yang dekat dengan ayahnya cenderung tidak merasa kesepian ketika berada di luar rumah. Lain halnya dengan anak perempuan yang tidak memiliki kedekatan dengan sang ayah.

ayah dan anak

Kedekatan tersebut membuat anak merasa terlindungi dan membantu mereka cepat mengatasi rasa sepi. Pasalnya, mereka sering kali mencari sang ayah untuk membantu melewati masa sulitnya. Hasil riset yang dipublikasikan dalam Journal of Family Psychology ini menunjukkan risiko kesepian sangat rendah pada anak-anak yang memiliki ikatan paling kuat dengan ayahnya. Lalu apa saja sih kegiatan anak perempuan bersama ayahnya, simak yuk Mom!

1. Bermain tenda-tendaan

Salah satu kegiatan yang seru adalah bermain tenda-tendaan. Ayah dan anak bisa saling kompak dalam bermain. Bila tak memiliki halaman yang cukup untuk dipasangi tenda, di dalam rumah pun tetap bisa dilakukan. Jika sedang malas atau tak memiliki seperangkat alat tenda (betulan), pakai alat seadanya juga bisa, seperti memanfaatkan kain “jarik” atau selimut.

2. Merakit lego

Merakit Lego pun bisa menjadi sebuah kegiatan seru buat anak dan ayah. Biasanya ayah punya banyak sekali ide untuk merakit lego dalam bentuk apapun.

3. Membaca buku

Kegiatan lain yang bisa dilakukan oleh anak dan ayah adalah membaca buku. Saat membacakan buku dongeng, ayah punya banyak sekali ekspresi untuk memerankan tokoh yang ada di dalam cerita tersebut.

4. Bernyanyi bersama

Bernyanyi di minggu pagi bisa menjadi alternatif kegiatan bersama dengan anak. Bernyanyi bersama pun bisa menjadi kegiatan yang paling menarik yang bisa dilakukan di rumah saat liburan sekolah.

5. Bermain sepeda

Bermain sepeda sering sekali dilakukan oleh anak-anak bersama ayah. Mereka menganggap ayah lebih kuat dan memiliki tenaga ekstra untuk menolongnya saat dia terjatuh dari sepeda. Biasanya ayah akan mengajak anaknya bermain sepeda. Minimal menyiapkan sepeda anak-anak dan mengajari mereka bermain sepeda.

6. Bertamasya ke kebun binatang

Mengunjungi kebun binatang merupakan kesempatan terbaik untuk mengajarkan anak tentang binatang. Ayah bisa menjadi seseorang yang penyabar untuk “meladeni” segala pertanyaan anak tentang segala jenis hewan.

7. Movie date

Ikatan anak terhadap ayah bisa diwujudkan dalam sebuah kegiatan movie date atau nonton bareng. Meskipun terkadang ibu tidak banyak tahu tentang film apa yang sedang mereka tonton.

8. Bermain sepatu roda

Sama seperti bermain sepeda, bermain sepatu roda juga ‘pekerjaan’ yang bisa dilakukan seorang ayah untuk menemani anaknya. Apalagi kalau anak belum pandai bermain sepatu roda, sehingga masih perlu dipegangi. Bagian ini, ayah jauh lebih sabar.

9. Lari pagi

Minggu pagi bisa diisi dengan kegiatan lari pagi bersama, baik di sekitaran rumah atau mengunjungi area car free day. Ini pun bisa menjadi sebuah kegiatan yang seru lho Mom.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply