Inilah Pilihan Liburan Hemat dalam Kota Jakarta yang Bisa Dikunjungi Bareng Keluarga

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
234

Kota Jakarta sebagai ibu kota negara punya daya tarik sendiri buat sebagian orang yang berkunjung. Meskipun dikenal dengan kota yang macet saat hari kerja, namun ada banyak tempat wisata yang bisa dikunjungi. Dari sekian banyak tempat, Mom bisa memilih liburan hemat dalam kota Jakarta yang dapat didatangi bersama keluarga.

Ajak keluarga ke Monumen Nasional, di sini Mom bisa melihat keindahan Kota Jakarta dari ketinggian 137 meter

Monumen Nasional yang dikenal banyak orang dengan nama Monas merupakan salah satu ikon Kota Jakarta yang banyak dikunjungi wisatawan dari luar daerah maupun luar negeri. Monumen yang berdiri pada ketinggian 137 meter ini dibangun sebagai bukti peringatan perjuangan penduduk Indonesia dalam melawan penjajah oleh Presiden RI pertama Ir. Soekarno yang memimipin langsung proyek tersebut dan dibuat oleh arsitek Frederich Silaban.

Pengunjung yang datang ke Monas dapat menyaksikan pemandangan Kota Jakarta dari pelataran puncak yang dilapisi emas. Di sana disediakan teropong yang dapat digunakan untuk melihat keadaan sekitar Monas dari atas.

Mom juga dapat mengunjungi museum di dasar monumen yang berisi diorama tentang perjuangan kemerdekaan Indonesia. Monumen ini di buka setiap hari mulai pukul 08.00-15.00, kecuali hari Senin minggu terakhir setiap bulannya tutup untuk umum.

Menuju ke Monas, selain menggunakan kendaraan pribadi, Mom juga bisa menggunakan angkutan umum seperti commuter line atau Trans Jakarta.

Sekalian jalan-jalan Mom juga bisa mengajak anak ke aneka museum di Kawasan Kota Tua Jakarta untuk mengenalkan sejarah

Dari Monas, Mom bisa melanjutkan perjalanan menuju ke Kota Tua menggunakan Trans Jakarta. Kota Tua letaknya tidak jauh dari Stasiun Jakarta Kota. Di tempat ini terdapat beberapa museum yang bisa dikunjungi seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, dan Museum Seni Rupa dan Keramik. Selain itu, sebelum memasuki area Kota Tua, Mom juga melewati dua museum lainnya, yaitu Museum Bank Indonesia dan Museum Bank Mandiri.

Mom dan keluarga bisa berfoto di Kota Tua yang dikelilingi oleh bangunan peninggalan Belanda. Di tengah bangunan tersebut terdapat lapangan yang disebut Taman Fatahilah. Di sini Mom bisa menyewa sepeda warna-warni yang bisa dikendarai di sekitar taman. Selain itu ada manusia batu alias orang-orang yang berdandan seperti zaman Belanda dulu, tetapi mereka tidak bergerak sehingga disebut manusia batu.

Belum sanggup keliling Indonesia? Tidak apa-apa, Mom bisa mengenal budaya Indonesia melalui Taman Mini Indonesia Indah

Berkunjung ke Jakarta tidak afdol rasanya jika belum mendatangi Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Di kawasan ini terdapat taman wisata bertema budaya Indonesia. Berkunjung ke TMII seolah Mom sedang berkeliling Indonesia dalam satu kawasan yang diwujudkan melalui anjungan. Terdapat 33 Anjungan Provinsi yang bisa didatangi satu persatu. Masing-masing anjungan menampilkan bangunan khas daerah tersebut. Jika Mom berkesempatan naik kereta gantung, dari atas akan terlihat danau yang menggambarkan miniatur kepulauan Indonesia.

Perlu Mom ketahui, bahwa Taman Mini Indonesia Indah digagas oleh Ibu Negara, Siti Hartinah atau Ibu Tien Soeharto pada masanya waktu itu. TMII diresmikan pada tanggal 20 April 1975.

Taman Margasatwa Ragunan cocok sekali untuk liburan dan belajar. Di sini Mom bisa mengenalkan macam-macam hewan kepada anak

Banyak orang menyebutnya dengan Kebun Binatang Ragunan, karena letaknya berada di Ragunan, Pasar Minggu. Taman seluas 147 hektar ini mempunyai lebih dari 2000 ekor satwa dan 20 ribu pohon yang membuat sejuk dan nyaman.

Di Taman ini juga terdapat Pusat Primata Schmutzer sebagai pusat primata berkelas internasional yang menjalankan konservasi primata Indonesia dan Jendela Informasi Primata. Di sini, Mom dapat melihat berbagai jenis primata Indonesia seperti orangutan, gorilla, simpanse, dan primata langka lainnya.

Jika Mom berkunjung dengan anak-anak, jangan lupa untuk mampir di Taman Satwa Anak ya. Di sini terdapat satwa yang disukai oleh anak-anak, seperti ikan raksaksa arapima gigas, burung kakak tua, dan satwa lainnya yang berwarna-warni.

Di antara tempat wisata hemat tersebut, Mom mau berkunjung ke mana? Liburan akan lebih nyaman dilakukan pada saat bukan musim liburan tiba. Agar liburan tetap hemat, jangan habiskan uang untuk berbelanja oleh-oleh ya Mom. Selamat berlibur.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply