Inilah Peran Guru dan Orang Tua Terhadap Anak

0 28

Guru adalah pahlawan tanpa tanda jasa yang sudah sepantasnya kita hargai. Namun, seiring perkembangan zaman, tata krama seorang murid kepada gurunya seolah-olah sudah luntur. Baru-baru ini banyak sekali muncul video sebuah perlakuan yang kurang pantas oleh siswa terhadap gurunya.

Sang guru pun seolah tidak bisa berbuat banyak untuk melawan atau menegur muridnya yang dirasa bersikap kurang sopan tersebut. Alih-alih menegur justru malah bisa mengakibatkan guru tersebut menjadi tersangka perbuatan yang tidak menyenangkan kepada murid. Parahnya lagi, bisa mengakibatkan sebuah tuduhan penganiayaan terhadap siswa. Berikut ini adalah peran guru selama di sekolah.

guru dan murid

  1. Guru sebagai pendidik

Saat anak berada di sekolah maka yang akan ditemui adalah guru mereka. Gurulah yang akan mendidik mereka menjadi anak yang pintar dan memiliki budi pekerti tinggi. Sebagai seorang pendidik, guru memiliki tugas untuk mengembangkan kepribadian dan memberikan pengarahan kepada siswa agar menjadi seorang anak yang berbudi luhur.

  1. Guru sebagai pengajar

Mengajar yaitu memberikan ilmu pengetahuan kepada siswa, melatih keterampilan, memberikan pedoman, bimbingan, merancang pengajaran, melaksanakan pembelajaran, dan menilai aktivitas pembelajaran.

  1. Guru sebagai fasilitator

Tugas utama guru sebagai fasilitator adalah memotivasi siswa, menyediakan bahan pembelajaran, mendorong siswa untuk mencari bahan ajar, membimbing siswa dalam proses pembelajaran dan menggunakan ganjaran hukuman sebagai alat pendidikan. Ini dimaksudkan agar anak dapat tumbuh dan berkembang dengan baik dan positif.

Lain dengan peran orang tua yang memang tidak dapat disamakan. Untuk mendukung pendidikan anak, orang tua punya peranannya sendiri. Berikut ini adalah peranan orang tua terhadap pendidikan anak.

Orang tua wajib memenuhi kebutuhan sekolah anak

Memang sudah menjadi sebuah tanggung jawab orang tua untuk memenuhi kebutuhan sekolah anak. Kebutuhan sekolah anak, mencakup peralatan sekolah dan biaya sekolah. Kebutuhan sekolah anak, baik biaya dan peralatan sekolah tak bisa dikatakan murah. Tapi, demi pendidikan anak, orang tua manapun akan memberikan yang terbaik untuk anaknya.

Mendampingi anak belajar di rumah

Anak terkadang tidak langsung memahami materi pelajaran tertentu yang ia dapat di sekolah. Di sinilah Mom berperan sebagai pengganti gurunya di sekolah. Mom bisa mendampingi mereka untuk belajar dan memahami materi yang dirasa tidak bisa atau tidak disukai di sekolahnya. Berikan mereka motivasi agar tidak patah semangat.

Ciptakan suasana nyaman dalam belajar

Ciptakan suasana rumah yang nyaman dan tenang sehingga anak dapat berkonsentrasi saat belajar. Mulai dengan dekorasi rumah yang bersih dan terang, bebas dari kebisingan dan aroma ruangan yang segar.

Perhatian dan kasih sayang.

Perhatian dan kasih sayang orangtua kepada anaknya sangat berperan dalam mendukung keberhasilan pendidikan anak. Misalnya, saat anak kesulitan dalam belajar, orang tua segera mencari solusi untuk mengatasinya. Begitu pun saat anak mendapatkan masalah dengan teman-temannya, orang tua juga dengan perhatian dan kasih sayangnya membantu menghadapi masalahnya.

Menanamkan budi pekerti

Menanamkan budi pekerti tak dapat dilepaskan dari peran orangtua. Banyak nilai-nilai budi pekerti yang harus diajarkan kepada anak, seperti sopan dalam berkata, tidak berkata jorok, menyapa orang lain, menghormati atau menghargai orang lain, dan lain-lain. Hal ini penting ditanamkan pada diri anak sejak dini sehingga mereka bukan hanya menjadi anak yang cerdas di sekolah, tetapi juga cerdas dalam bersikap dan bersopan santun.

Hal ini pun yang nantinya membuat dia tidak bersikap kurang ajar terhadap guru yang mengajarnya. Mom juga harus bisa bersikap bijak jika mendapati anak mengadu tentang kondisi di sekolahnya atau perilaku gurunya di sekolah. Di sekolah, guru berhak melakukan apapun terhadap muridnya yang bertujuan untuk kebaikan murid. Jangan sampai Mom pun bersikap semena-mena terhadap sang guru setelah mendapati aduan dari anak. Cek dulu Mom kebenarannya.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply