Ini yang Harus Mom Lakukan Saat menghadapi Gempa Bumi

0 18

Bencana alam memang tidak dapat dicegah dan tidak dapat diprediksi kapan akan datang. Termasuk gempa bumi yang menimpa Lombok dan Palu beberapa pekan lalu. Banyak sekali korban yang berjatuhan akibat bencana tersebut. Rasa panik dan sedih pasti akan selalu menyelimuti para korban dan beberapa orang yang ada di sana.

Meskipun demikian,  tetaplah tenang. Oleh karena salah satu satu upaya untuk menyelamatkan diri dari keadaan tersebut dengan tidak panik. Selain hal tersebut, ada berbagai cara ketika menghadapi kejadian itu. Untuk lebih jelasnya, simak bagaimana cara menghadapi situasi jika terjadi gempa bumi ya Mom.

gempa bumi

 

Jika terjadi gempa bumi, hindari beberapa hal ini!

 

Jangan berdekatan dengan pintu, pasalnya pintu dapat menutup dengan keras dan dapat menyebabkan Mom terluka. Selain itu hindari pula jendela, rak buku, lemari, dan beberapa perabotan yang tinggi, termasuk lampu gantung dan sejenisnya. Benda-benda tersebut bisa saja terjatuh dan melukai kita kan Mom.

Hindarilah keluar bangunan dengan menggunakan elevator ya Mom.  Sebab elevator bisa rusak atau mendadak tidak bekerja, sehingga akan berbahaya bila Mom berada di dalamnya.

Saluran sutet atau listrik juga perlu dihindari, paling tidak Mom berjarak 10 meter untuk menghindari kemungkinan buruk terjadi.

Garis pantai juga harus Mom hindari, pasalnya gempa bumi dapat memicu gelombang laut besar yang disebut tsunami. Maka jika Mom berada di dekat garis pantai di daerah yang berisiko tinggi selama gempa bumi bersegeralah bergerak ke daratan atau ke tempat yang lebih tinggi. Tetap di sana selama daerah tersebut dinyatakan aman.

Cara menghadapi situasi saat gempa bumi

Jika Mom berada di dalam rumah, maka yang harus Mom lakukan adalah jangan panik dan jangan berlari ke luar, berlindunglah di bawah meja atau tempat tidur. Jika tidak ada maka Mom bisa melindungi kepala dengan bantal atau benda lainnya. Jauhi rak buku, lemari, dan jendela kaca. Hati-hati terhadap langit-langit (atap) yang mungkin runtuh, benda-benda yang tergantung seperti hiasan dinding, lampu kristal, dan sebagainya.

Jika Mom berada di luar ruangan, Mom harus menjauhi bangunan tinggi, dinding, tebing terjal, pusat listrik, papan reklame, pohon tinggi, dan lainnya. Usahakan dapat mencapai daerah yang terbuka.

Jika Mom berada di dalam ruangan publik, maka Mom jangan panik dan berlari ke luar karena kemungkinan pintu keluar akan dipenuhi dengan banyak orang. Jauhi benda-benda yang mudah tergelincir, jauhi benda-benda yang bisa terjatuh.

Jika mom sedang mengendarai kendaraan. Hal yang perlu mom lakukan adalah hentikan di tempat yang terbuka. Jangan berhenti di atas jembatan atau di bawah jembatan layang atau jembatan penyebrangan. Jangan menyebabkan kepanikan atau korban dari kepanikan. Ikuti semua petunjuk dari satpam gedung.

Jika Mom berada dalam lift pada saat terjadi gempa, maka tekan tombol untuk setiap lantai dan keluarlah secepat mungkin.  Jika Mom terjebak segeralah hubungi pengelola gedung dengan menggunakan interphone.

Bila Mom sedang berada di dalam kereta api, cobalah berpegangan dengan erat pada tiang agar Mom tidak jatuh apabila kereta dihentikan mendadak. Ikuti instruksi dari petugas kereta api. Tetaplah bersikap tenang sebab

salah mengerti informasi yang diberikan petugas kereta atau stasiun akan mengakibatkan kepanikan.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply