Ini yang Harus Mom Lakukan Saat Hadapi Proses Persalinan

0 11

Waktu persalinan adalah waktu yang dinanti oleh semua ibu hamil. Tentu Mom juga kan? Namun, momen itu bisa membuat beberapa ibu hamil merasa tegang dan takut menghadapi persalinan. Terlebih kalau sudah mendengar banyak sekali informasi dan pengalaman dari orang lain.

Sebuah penelitian dari National Institutes of Health menerangkan bahwa ibu yang baru pertama kali melahirkan butuh waktu 2,6 jam lebih lama. Nah, agar Mom lebih tenang menjalani persalinan, Mom bisa simak beberapa tips di bawah ini ya!

Hadapi Proses Persalinan

1. Mom bisa mengikuti kelas kehamilan

Mengikuti kelas kehamilan bisa membuat Mom jadi lebih tahu mengenai ilmu persalinan secara medis.  Seperti halnya pengetahuan mengenai bedah caesar dan epidural. Semakin banyak pengetahuan yang Mom miliki tentang persalinan, makin baik kesiapan Mom jelang bersalin. Mom juga bisa tahu kan jika melakukan aktivitas dengan posisi jongkok bisa meningkatkan kelenturan otot dasar panggul sampai 28 persen.

2. Cobalah untuk melatih kekuatan otot panggul Mom

Satu hal penting yang bisa Mom lakukan adalah melatih kekuatan otot panggul, pernapasan, dan fokus. Mom bisa melakukan yoga untuk mempersiapkan persalinan. Dengan yoga prenatal, seluruh tubuh dan stamina lebih kuat serta fleksibilitas pun meningkat.

3. Sebisa mungkin hindarilah berpikir negatif

Selama hamil, sebisa mungkin jangan berpikiran negatif ya, Mom. Kita perlu menanamkan pikiran positif sehingga enggak stres. Seperti diketahui, stres pada ibu hamil enggak baik untuk janin. Selain itu, dengan berpikir positif proses kelahiran bayi bisa terbantu lebih lancar.

4. Dukungan dari keluarga dan orang terdekat sangat dibutuhkan oleh ibu hamil menjelang persalinan

Dukungan dari keluarga terutama suami penting banget buat Mom yang akan melahirkan. Enggak cuma itu, Mom juga bisa didampingi doula. Doula merupakan profesional non medis yang dilatih untuk memberikan dukungan emosional dan fisik serta informasi kepada Mom yang sedang hamil dan akan bersalin. Penelitian menemukan, adanya dukungan selama persalinan termasuk dari doula bisa membuat waktu bersalin lebih cepat.

5. Siapkan trik persalinan

Untuk mempersiapkan persalinan, coba pelajari beberapa teknik meminimalkan sakit menjelang persalinan misalnya self-hypnosis, perubahan posisi persalinan, dan beberapa metode pernapasan. Kemudian, pelajari juga beberapa posisi, seperti berdiri, berlutut, menari pelan, duduk, dan jongkok yang berguna untuk membantu memudahkan persalinan.

6. Yakin pada diri sendiri itu penting Mom

Sebelum memasuki proses persalinan, usahakan Mom yakin pada diri Mom. Bahkan setelah melahirkan pun, Mom bisa saling berbagi saran kepada ibu hamil lainnya, atau mungkin mencari berbagai informasi mengenai seputar perkembangan anak. Ingat, semua saran yang disampaikan enggak mesti dilakukan kok.

Saat memasuki masa persalinan hal yang lebih terpenting adalah mental dan fisik yang kuat. Meminimalkan rasa takut saat persalinan adalah kuncinya. Jadi, usahakan Mom bisa santai dan tenang untuk menghadapi proses persalinan.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply