Ini yang Harus Mom Lakukan Jika Anak Merasa Salah Jurusan

0 15

Sering dengar Mom, keluhan sang anak yang merasa dirinya salah jurusan? Biasanya keluhan ini disertai dengan nilai mereka yang sedang turun. Entah hanya terdengar sebuah alasan saja atau memang benar adanya. Faktanya kasus salah jurusan bukan masalah sederhana.

Mom harus tahu bahwa salah jurusan bukanlah akhir dari segalanya kok. Mereka pun bisa sukses sekalipun merasa salah jurusan saat mereka sekolah. Yang perlu mereka lakukan adalah menggali passion, visi dan purpose mereka dalam hidup. Jika mereka sudah menemukan ketiganya maka mereka bisa berkompetisi dalam menentukan kesuksesan.

salah jurusan

Tidak selamanya salah jurusan menjadi faktor utama kegagalan

Menurut pendidik, psikolog sekaligus inisiator kampus Guru Cikal, Najelaa Shihab, kebanyakan orang melihat kegawatdaruratan pendidikan dari bagian ujung, misalnya soal salah jurusan. Hal yang dikhawatirkan biasanya adalah ketika anak enggak bisa bekerja di bidang yang sesuai. Kekhawatiran lainnya, seperti sang anak ingin mendalami bidang tertentu tapi tak ada jurusannya di sekolah atau kampus.

Hal ini terjadi karena enggak ada kolaborasi antar pemangku kepentingan. Beberapa pihak pun mengatakan, korporasi industri harus membangun interaksi kalau mau kinerja manusianya menjadi bagus. Akan tetapi, interaksi kan bisa dimulai dari awal, yaitu ketika mereka masih anak-anak.

Sebenarnya Mom, yang menjadi masalah utama bukanlah pada pendidikannya, namun Mom bisa memperbaiki dari akarnya, yaitu pada anak itu sendiri. Anak harusnya mengenali potensi yang mereka miliki. Nah, peran Mom sebagai orang tua adalah mendukung potensi mereka agar menjadi passion untuk mengantarkan mereka ke pintu kesuksesan. Kalau anak punya minat di suatu bidang yang beda dengan temannya, diharapkan minatnya bisa dihargai dan diasah.

Berikan motivasi kepada anak agar mereka tetap semangat dan tidak gampang mengeluh

Motivasi dari orang tua sangatlah penting Mom. Jika anak Mom mengeluhkan masalah salah jurusan, maka Mom bisa memberikan motivasi kepada mereka agar mereka tetap semangat dalam menjalani proses akademinya.

Dukung semua hobi mereka Mom. Bisa jadi dari hobi ada sebuah bakat yang terpendam yang bisa menjadikan potensi dalam dirinya keluar dengan alami. Potensi inilah yang bisa disebut dengan passion yang nantinya bisa digunakan sebagai alat untuk mencari nafkah ketika mereka sudah menginjak dewasa.

Mengurangi kesalahan pada minat bakat anak ke depan bisa dimulai dari tingkat yang sangat rendah. Perbaiki saat mereka masih kecil Mom. Jangan sampai Mom memperbaikinya ketika mereka sudah besar, hal tersebut justru malah membuat mereka merasa bahwa dirinya salah jurusan.

***

Jadi jangan takut jika Mom mendapati anak-anak yang sedang mengeluh bahwa dirinya salah jurusan ya Mom. Tanyakan kembali mengenai keinginan mereka agar Mom bisa segera membimbing mereka dan memberikan saran yang tepat buat mereka.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply