Ini Refrensi 7 Obat Mual Untuk Ibu Hamil

0 17

Setiap ibu hamil tentu akan mengalami yang namanya mual atau sering disebut dengan morning sickness. Biasanya ini terjadi saat kehamilan baru masuk trimester pertama. Penyebabnya karena kenaikan hormon dan perubahan hormon yang dialami ibu hamil. Ini berhubungan dengan perkembangan janin yang terjadi secara terus menerus.

Namun sayangnya, mual bisa mendorong ibu hamil muntah berlebihan, tidak bisa makan dengan baik, kekurangan nutrisi dan juga risiko gangguan kehamilan. Beberapa ibu hamil bisa melewati rasa mual dengan alami dan tidak memerlukan obat. Ada juga ibu hamil yang memang harus mendapatkan obat mual. Mungkin Mom salah satu diantaranya. Untuk itu penting mengetahui  beberapa jenis obat yang sering digunakan oleh ibu hamil.

obat mual ibu hamil

1. Obat antihistamin

Obat mual yang sering digunakan oleh dokter kandungan untuk mengatasi mual adalah antihistamin. Obat ini akan bekerja untuk membantu memblokir bahan kimia dalam tubuh yang sering keluar ketika ibu hamil mengalami alergi. Antihistamin juga bisa mengatasi mual dengan menghentikan mual tersebut namun memiliki sistem yang aman untuk ibu hamil.

Tapi Mom tidak bisa membelinya sendiri di apotek, karena harus menggunakan resep dokter. Pasalnya dosis yang diberikan oleh dokter kepada setiap pasiennya pun tidak sama. Sesuai dengan kondisi ibu hamil. Obat ini biasanya diminum sebelum tidur. Jangan sekali-kali meminumnya melebihi resep yang ditulis dokter ya Mom

2. Prochlorperazin

Jika ibu hamil sudah menggunakan antihistamin dan mual tidak berkurang atau justru bertambah parah maka dokter biasanya akan memberikan obat prochlorperazin. Jenis obat ini, seperti stemetil atau metochlopramide. Prochlorperazin adalah obat yang bekerja untuk mengurangi mual berlebihan sehingga bisa membuat ibu hamil menjadi lebih tenang dan tidak mual lagi. Kedua jenis obat ini sangat aman untuk ibu hamil.

Efek samping dari obat ini adalah rasa mengantuk sehingga ibu hamil harus istirahat setelah minum obat. Obat harus digunakan berdasarkan resep dokter dan tidak boleh digunakan untuk wanita hamil yang berusia kurang dari 20 tahun.

3. Vitamin B6 dan Doxylamine

Ibu hamil juga memerlukan vitamin sebagai suplemen makanan. Vitamin tersebut berupa B6. Khasiat lainnya dari Vitamin B6 dapat mengurangi rasa mual berlebihan. Suplemen seperti vitamin B6 bisa membuat ibu tidak mengalami mual berlebihan. Biasanya ibu hamil yang mengalami mual berlebihan juga karena kurang vitamin B6.

Tapi, jika Mom mengalami kondisi yang parah maka dokter juga bisa memberikan vitamin B6 dan doxylamine. Kombinasi obat ini sering diberikan pada tahap trimester pertama awal. Kombinasi obat ini sangat aman untuk ibu hamil dan tidak menyebabkan efek samping.

4. Metoclopramide (Reglan)

Reglan adalah obat yang bisa bekerja untuk mengatasi kontraksi otot saluran pencernaan yang berlebihan sehingga sering menyebabkan mual pada ibu hamil. Obat ini akan membantu sistem pencernaan kembali normal dan menyebabkan usus kembali sehat sehingga tidak terlalu sensitif. Obat ini sering digunakan untuk ibu hamil yang mengalami maag namun obat hanya bisa digunakan dalam jangka yang singkat.

Efek samping dari obat ini bisa menyebabkan ibu hamil mengalami gatal, reaksi alergi, bengkak bibir, dan sakit tenggorokan. Jika Mom mengalami kekakuan pada kaki, tangan, gerakan otot wajah dan tubuh maka segeralah minta bantuan dokter terdekat.

5. Promethazine (Phenergan)

Phenergan adalah jenis obat yang termasuk dalam  kelompok fenotiazin. Obat akan bekerja untuk merubah zat kimia dalam otak yang kemudian bisa bertindak sebagai antihistamin. Obat bisa membuat reaksi kimia dalam tubuh menjadi normal, sehingga mual yang Mom alami juga cepat sembuh.

Obat ini juga biasanya banyak digunakan untuk mengatasi pilek, reaksi alergi, dan ruam untuk ibu hamil. Terkadang obat juga bisa mengatasi berbagai mual pada ibu akibat mabuk perjalanan, gangguan tidur dan membuat ibu merasa lebih baik sepanjang trimester pertama. Obat tidak boleh digunakan bersamaan dengan obat asma, obat pneumonia dan infeksi saluran pernafasan pada ibu hamil.

6. Trimethobenzamide (Tigan)

Tigan adalah jenis obat yang akan bekerja untuk memengaruhi reaksi kimia dalam otak yang sering memicu mual dan muntah. Ini termasuk jenis obat yang sering digunakan untuk ibu hamil namun bisa didapatkan hanya dengan resep dokter.

Terkadang obat ini juga sering diberikan untuk ibu hamil yang mendapatkan prosedur medis dan gangguan kram perut yang parah. Obat ini bisa menyebabkan reaksi alergi sehingga ibu hamil harus melihat semua gejala alergi obat setelah menggunakan obat.

7. Ondansetron (Zofran)

Ondansetron atau zofran bisa digunakan sebagai obat untuk mencegah mual dan muntah. Obat bisa bekerja untuk memengaruhi reaksi kimia dalam otak yang kemudian membantu ibu hamil agar bisa mengurangi rasa muntah atau mual yang berlebihan. Ini juga termasuk jenis obat yang sering digunakan untuk mengatasi mual akibat perawatan kanker, seperti dengan kemoterapi dan radiasi.

Namun obat ini harus digunakan dengan resep dokter dan membutuhkan pantauan selama minum obat. Beberapa penemuan mengatakan jika obat bisa menyebabkan risiko cacat langit-langit mulut bayi, cacat jantung dan bibir sumbing pada bayi. Obat ini sering digunakan oleh dokter sebagai langkah terakhir jika semua jenis obat lain sudah tidak bekerja.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply