Tidur Bumil Sering Tak Nyenyak? Ini Penyebab dan Cara Mengatasi Susah Tidur Saat Hamil

0 35

Posisi tidur saat hamil memang serba salah, apalagi memasuki trimester. Berbaring dengan posisi miring atau telentang belum tentu bisa nyaman. Cari tahu yuk penyebab dan cara mengatasi susah tidur saat hamil!

Mom tidak sendiri ketika hamil mengalami sulit tidur, karena kondisi ini dialami oleh kebanyakan ibu hamil. Beberapa penyebab sulitnya ibu hamil tidur antara lain seperti berikut ini.

Seringnya buang air kecil di malam hari, sehingga waktu tidur pun menjadi terganggu.

Hal ini wajar dialami oleh ibu hamil terutama pada trimester ketiga, karena rahim yang mulai membesar yang disebabkan pertumbuhan janin yang menekan kandung kemih membuat ibu hamil bolak-balik ke toilet untuk membuang air seninya.

Mual dan morning sickness kadang bikin bumil jadi susah tidur.

Mual atau morning sickness biasa dialami ibu hamil pada trimester awal, namun tak jarang juga yang mengalaminya sepanjang kehamilan. Ketika merasakan mual membuat Mom menjadi susah untuk tidur.

Meningkatnya hormon progesteron membuat bumil jadi mengantuk. Namun bagi yang mengalami gangguan justru sebaliknya.

Adanya hormon progesteron yang meningkat membuat ibu hamil menjadi sering mengantuk. Namun banyak yang mengalami gangguan tidur sehingga membuatnya terbangun di malam hari dan menjadi susah tidur.

Perubahan  bentuk tubuh kadang membuat tak nyaman sehingga jadi sulit tidur.

Tidak hanya perut yang semakin membesar, tapi tubuh bagian lain juga ikut membesar seperti payudara. Ketika tidur payudara yang menekan akan membuat kesulitan untuk tidur.

Masih banyak lagi penyebab lainnya yang menyebabkan ibu hamil susah tidur. Namun, Mom perlu mengatasi kesulitan tidur ini loh, karena selama kehamilan membutuhkan istirahat untuk kesehatan ibu dan janin.

Berikut ini beberapa cara yang dapat Mom terapkan ketika sulit tidur saat hamil :

  • Ketika hamil disarankan untuk tidur miring ke arah kiri, karena pada posisi ini bisa meningkatkan jumlah darah dan nutrisi ke plasenta dan janin. Posisi ini juga tepat jika mengalami nyeri punggung.
  • Payudara yang mulai membesar membuat tidur menjadi tidak nyaman. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan posisi tidur setengah duduk sambil memeluk bantal untuk melindungi payudara yang sensitif. Mom juga dapat mengganjal tubuh dengan bantal pada bagian punggung agar lebih nyaman.
  • Cobalah Mom melakukan relaksasi supaya lebih santai agar mudah untuk tidur. Relaksasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti peregangan, yoga, atau mandi air hangat sebelum tidur.
  • Biasakan minum segelas susu hangat sebelum tidur supaya bisa tidur lebih nyenyak. Dalam susu mengandung asam amino trytophan yang dapat meningkatkan kadar serotinin dalam otak sehingga Mom pun dapat tidur dengan pulas.
  • Untuk menghindari mual saat tidur, Mom dapat mengonsumsi camilan beberapa jam dan jangan lupa untuk minum air putih yang cukup. Tapi batasi minum sebelum tidur ya supaya tidak sering buang air kecil yang akan mengganggu tidurmu.

Mom, jaga kualitas tidur selama hamil ya, agar stamina tetap baik dan tidak menjadi lemas selama menjalani kehamilan.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: