Ini Obat Sakit Gigi untuk Ibu Hamil yang Aman. Hati-Hati Mom, Jangan Sembarang Konsumsi!

0 45

Pernahkah Mom merasakan sakit gigi? Sakit gigi memang terdengarnya seperti penyakit yang sepele. Namun sebenarnya, sakit gigi adalah penyakit yang sangat mengganggu dan menyiksa. Bagaimana jika Mom sakit giginya pas lagi hamil? Tentu Mom akan bergegas untuk menghilangkan sakit gigi yang pastinya sangat mengganggu, karena rasanya bisa sakit sekali. Apalagi, jika sakit gigi terjadi saat hamil. Mungkin Mom akan cepat-cepat mengambil obat untuk meredakan sakitnya. Tapi perlu diingat Mom, jika sedang hamil jangan sembarangan untuk meminum obat.

sakit gigi

Tidak semua obat aman diminum saat hamil, Mom. Minum obat-obatan sembarangan saat hamil bisa membahayakan janin, bahkan bisa menyebabkan keguguran. Oleh karena itu, Mom harus mengenali beberapa obat yang bisa dikonsumsi oleh ibu hamil.

Sakit gigi umum terjadi saat hamil. Hal ini bisa disebabkan karena perubahan hormon pada ibu hamil. Mom bisa minum obat acetaminophen (paracetamol) untuk mengobatinya.

Obat pereda rasa nyeri seperti Acetaminophen masih tergolong aman oleh ibu hamil

Acetaminophen adalah obat pereda nyeri yang dapat meredakan sakit gigi, pusing, dan mengurangi demam. Penggunaan obat ini termasuk aman digunakan saat hamil, jika Mom mengonsumsinya sesuai anjuran. Takaran dosis biasanya ada pada kemasannya ya Mom. Jadi jangan sampai Mom sembarangan untuk meminumnya.

Obat sakit gigi yang sebaiknya dihindari ibu hamil

Selain obat sakit gigi yang aman oleh ibu hamil, ada juga obat yang sebaiknya dihindari, seperti aspirin dan ibuprofen. Obat ini termasuk dalam obat golongan nonsteroid anti-inflamasi (NSAID). American Pregnancy Association telah memperingatkan untuk tidak menggunakan obat-obatan tersebut saat hamil.

Penelitian pun menunjukkan bahwa penggunaan aspirin dan ibuprofen saat hamil berhubungan dengan risiko bayi cacat lahir. Bahkan, penggunaan ibuprofen selama kehamilan dapat meningkatkan risiko keguguran. Konsumsi obat-obatan NSAID selama kehamilan juga dikaitkan dengan penutupan dini duktus arteriosus, keracunan ginjal pada janin, dan menghambat persalinan.

Cara lain untuk mengobati sakit gigi saat hamil

Selain minum obat, Mom juga bisa melakukan cara lain untuk meredakan sakit gigi yang saat hamil, seperti halnya berkumur dengan air hangat yang bisa membantu menenangkan rasa sakit. Selain itu pun bisa menghilangkan partikel yang menempel di antara gigi. Mom juga bisa menambahkan sedikit garam untuk membantu membunuh kuman-kuman di mulut.

Cara lain yang bisa meredakan sakit gigi adalah dengan mengompresnya menggunakan es batu. Es batu dapat membuat saraf Mom mati rasa sehingga, tidak merasakan sakit. Hal ini dapat membantu meringankan rasa sakit gigi sementara. Caranya, ambil es batu dan bungkus dengan kain tipis, kemudian tempelkan langsung pada daerah yang sakit.

Mom juga bisa menggunakan minyak cengkeh selama kehamilan untuk meredakan sakit gigi. Cengkeh dapat menjadi antiseptik yang meringankan rasa sakit sementara. Tuangkan minyak cengkeh pada kapas dan oleskan langsung pada bagian gigi yang sakit.

Bawang putih juga bisa Mom gunakan sebagai alternatif lain penghilang sakit gigi. Bawang putih mengandung allicin, yaitu agen antibiotik yang dapat melawan bakteri penyebab infeksi pada gigi. Coba Mom gunakan bawang putih untuk meredakan sakit gigi dengan cara meletakkan bawang putih yang telah dihancurkan pada gigi yang sakit atau mengunyah langsung sepotong bawang putih.

***

Jadi saat Mom mengalami sakit gigi, perhatikan dulu obat yang akan Mom pakai ya. Meskipun tujuannya sama untuk meredakan nyeri sakit gigi saat hamil.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply