Ini Kegiatan Seru yang Bisa Mom dan Buah Hati Lakukan Saat Liburan ke Danau Toba

0 44

Ketika Mom dan keluarga melakukan perjalanan ke Sumatera Utara, amatlah rugi jika Mom tidak menyempatkan mampir ke Danau Toba. Danau Toba merupakan danau kawah terbesar di dunia, yang dibentuk dari letusan gunung berapi yang masif lebih dari 70.000 tahun yang lalu.

Datang ke Danau Toba bersama anak-anak akan mengajarkan mereka tentang keindahan alam beserta dengan budayanya. Kegiatan apa saja sih yang bisa dilakukan saat Mom mengunjungi Danau Toba bersama keluarga?

danau toba

Jangan ragu mampir ke Pulau Samosir, Mom.

Sudah sampai Danau Toba, cobalah mampir ke Pulau Samosir ya Mom. Di pulau Samosir, Mom bisa mengajarkan anak-anak tentang kebudayaan serta kesenian yang ada di Danau Toba. Pulau ini dihuni oleh suku Batak. Banyak sekali cerita legenda, kesenian, dan budaya yang menarik untuk ditelusuri lho Mom.

Untuk menuju ke Pulau Samosir, Mom bisa menyebrang menggunakan kapal yang khusus mengangkut wisatawan. Dengan begitu Mom sekalian bisa mampir melihat legenda Batu Gantung.

Melakukan kegiatan di sekitar Danau juga asik kok Mom!

danau toba
Keindahan Danau Toba | Pict by Kurnia Theo Rahmanto

Banyak hal menarik yang bisa Mom lakukan saat datang ke Danau Toba. Pada pagi hari di Desa Parapat, Mom bisa menikmati keindahan alam Danau Toba secara lebih dekat. Desa ini merupakan pintu gerbang untuk memulai sebuah penjelajahan.

Banyak sekali aktivitas yang dilakukan oleh penduduk lokal seperti mandi di tepi danau, menangkap ikan hingga melakukan pesta. Mayoritas penduduk di tepi Danau Toba menggunakan air danau untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Dahulu, air di sana masih dipertanyakan untuk dikonsumsi. Namun kini, ada proses filtrasi menggunakan Ultra Filtration Water Treatment. Inilah yang membuat air Danau Toba layak konsumsi dan bisa mencukupi kebutuhan air bersih untuk masyarakat.

Selain melihat aktivitas sehari-hari penduduk, Mom juga bisa mengajak si kecil main bebek air. Mainan bebek ini biasanya disewakan oleh penduduk sekitar untuk wisatawan.

Ada juga cara lain untuk menikmati Danau Toba, misalnya menginap di Tuk-Tuk.

Datang ke Danau Toba, berarti Mom sudah berada dalam area yang bebas dari bising kendaraan dan polusi perkotaan. Biar makin tenang, Mom bisa bermalam di Desa Tuk-Tuk. Ini merupakan salah satu Desa yang sangat tepat untuk menikmati Danau Toba dengan nyaman dan Tenang.

Dengan begini liburan Mom bersama keluarga akan lebih seru dan asik. Beda dengan kawasan Parapat yang penuh dengan hingar bingar oleh wisatawan. Di Tuk-Tuk Mom bisa menemukan hotel-hotel dengan konsep eco resort dan biasanya berbentuk  rumah adat. Mom juga bisa mendapatkan fasilitas untuk menikmati danau saat pagi atau sore hari.

Kunjungi Museum Batak Mom! Tempat ini bisa menjadi media edukasi anak.

Sempatkan untuk berkunjung ke Desa Tomok dan mampirlah ke Museum Batak. Mom bisa mengajarkan mereka sejarah sejak dini. Di sana Mom bisa mencoba memakai pakaian adat Batak dan melihat benda-benda peninggalan zaman dulu. Ini bisa menjadi bahan edukasi untuk anak-anak Mom.
Mom juga bisa mengajak mereka berkunjung ke Makam Raja Sidabutar dan mendengar cerita semasa hidupnya. Satu hal yang paling seru adalah menari bersama patung si Gale-Gale.

***

Seru kan Mom? Tunggu apa lagi? Segeralah mengambil cuti dan ajak keluarga untuk liburan ke Danau Toba. Bawalah pulang pengalaman yang berharga, Mom!

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply