Ini Dia Nama Anak Laki-Laki Islam yang Disarankan Maupun yang Tidak Dianjurkan

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
125

Memberikan nama anak laki-laki Islam rupanya tidak bisa dilakukan sembarangan loh! Mom harus tahu arti dan maknanya karena nama merupakan doa untuk buah hati.

Sebelum bayi lahir, banyak orang tua yang sudah menyiapkan nama untuk anaknya. Prediksi dari dokter terkait jenis kelamin janin yang dikandung kerap menjadi patokan untuk memberikan nama untuk buah hati. Nah, bagi Mom yang anaknya diprediksi berjenis kelamin laki-laki pasti sudah memiliki referensi nama anak laki-laki Islam bukan? Kalau sudah memiliki beberapa pilihan, simak artikel ini dulu Mom, agar lebih tahu mengenai nama anak laki-laki dalam Islam.

nama anak laki laki islam

Pertimbangkan nama secara matang ya Mom, jangan sembarangan. Khawatirnya, kelak saat dewasa anak jadi minder karena namanya yang terlalu aneh.

Kesalahan dalam memberikan nama kepada anak terkadang tak disadari oleh Mom dan pasangan. Bermaksud memberikan nama dengan nama yang unik, terkadang nama tersebut justru bisa menjadi olok-olokan di kehidupan anak mendatang. Seperti nama Bagong misalnya, mungkin terdengar unik, tapi nama ini bisa saja menjadi bahan olok-olokan teman-teman ketika beranjak dewasa nanti. Apalagi jika dicermati, kata Bagong memiliki makna besar dan berat. Jadi, Mom harus telisik lagi ya nama unik yang mungkin diberikan kepada anak. Hal ini agar anak tak menjadi bahan olok-olokan dan minder dengan nama yang dimilikinya.

Nama yang dianjurkan adalah nama Nabi dan Rasul. Tak hanya itu, nama orang-orang saleh, seperti sahabat-sahabat Nabi pun dianjurkan.

Banyak orang tua yang memberikan nama anaknya dari nama-nama Nabi dan Rasul Allah dengan harapan anak mereka dapat memiliki sifat baik yang dimiliki Nabi ataupun Rasul.  Namun, nama-nama tersebut tak menjadi satu-satunya nama yang disukai, tetapi ada nama lain yang terbilang disunahkan untuk diberikan kepada anak laki-laki. Nama-nama yang terbilang sunah di antaranya adalah Abdullah dan Abdurrahman. Nama Abdullah mengandung makna hamba Allah dan nama Abdurrahman mengandung makna hamba Yang Maha Pengasih.

Nama lain yang tak kalah direkomendasikan adalah nama-nama orang yang saleh. Mom, bisa memberikan nama anak laki-laki dari nama para syuhada, seperti berikut ini.

  • Hamzah, diambil dari nama Hamzah bin ‘Abdul Muthalib. Dia adalah seorang  Paman Nabi yang syahid dalam Perang Uhud.
  • Ja’far, diambil dari nama Ja’far bin Abi Thalib, salah seorang perintis terkemuka dalam Islam yang syahid dalam Perang Mu’tah.
  • Khalid, diambil dari nama Khalid bin Sa’id, seorang sahabat Nabi yang memeluk Islam di angkatan pertama.
  • ‘Umar, diambil dari nama ‘Umar bin Sa’id, saudara Khalid bin Sa’id yang syahid dalam Perang Yarmuk.

Jangan sembarangan memberikan nama. Cari tahu dulu artinya dan hindari nama yang makruh apalagi nama-nama setan, hiii…

Mengulik dan mencari tahu makna dari nama yang nantinya diberikan kepada anak memang harus benar-benar Mom lakukan. Sebab ada nama-nama yang tidak dianjurkan karena memiliki makna atau arti yang kurang baik, seperti nama Fahith yang bermakna terancam bahaya, Khonjar yang artinya pisau besar, dan Harb yang artinya perang, tidak disarankan untuk dijadikan sebagai nama anak. Nama-nama tersebut terbilang makruh.

Adapun nama-nama yang diharamkan untuk diberikan kepada anak diantaranya Al Walhan, Al ‘Awar, Al Ajda, dan Hinzab sebab nama-nama ini merupakan nama-nama setan.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply