Ini Dia Manfaat Musik Klasik Untuk Ibu Hamil dan Bayinya

0 32

Musik klasik sering kali identik dengan bayi dan ibu hamil. Banyak juga para Mom yang sudah mendengarkan musik klasik untuk bayinya. Rupanya hal itu bermanfaat lho Mom bagi janin. Mau tahu apa saja sih manfaatnya? Simak pembahasan berikut ini ya Mom.

Mendengarkan musik klasik bisa membantu bayi untuk belajar sejak dini

Banyak riset mengatakan bahwa musik klasik penting untuk perkembangan ibu dan janin. Salah satu manfaat bagi bayi adalah dapat membantu bayi untuk belajar secara dini. Irama dan nada yang didengarkan secara rutin sebelum anak dilahirkan akan membuat bayi belajar pada prinsip persepsi dan belajar tentang penalaran dasar, seperti membandingkan, pengulangan, dan pergantian.

Sebelum bayi lahir adalah waktu yang tepat untuk melakukan stimulasi langsung ke dalam kandungan. Setelah lahir, baru bayi akan mendapatkan pola suara melalui indera yang dimilikinya.

Bayi dapat belajar menikmati lagu dan melodi

Saat bayi mendengarkan musik klasik, tentu akan membantunya dalam belajar menikmati lagu dan melodi. Tanpa musik klasik pun sebenarnya sang bayi sudah diajarkan untuk belajar mendengarkan melodi dari detak jantung sang ibu. Bayi yang belum lahir dapat tidur tanpa harus terganggu meski otaknya mendengar dan menangkap bunyi yang berulang-ulang.

Membantu bayi untuk berkomunikasi dengan baik

Salah satu manfaat mendengarkan musik klasik untuk bayi adalah berguna bagi masa depannya, karena nantinya bayi akan belajar berkomunikasi dengan baik. Bayi yang belum lahir menjadikan acuan suara yang didengarnya untuk mendapatkan informasi.

Sementara itu, musik juga dapat membantu perkembangan otak janin untuk dapat menjalin komunikasi dan membuat kemampuan pada bayi dalam berkomunikasi. Musik yang didengarkan secara berulang-ulang akan membuat bayi mempelajari ucapan Mom. Dia juga akan belajar bagaimana cara meresponnya.

Membantu bayi untuk lebih aktif

Musik klasik yang didengarkan oleh ibu hamil untuk bayinya akan membantu mendorong bayi (janin) agar bisa bergerak lebih aktif. Irama yang melekat pada musik klasik sangatlah mirip dengan detak jantung sang ibu. Syaraf motorik bayi juga akan lebih aktif jika mendengarkan musik klasik. Hal ini juga bisa membuat bayi aktif bergerak.

Membantu mengurangi stress untuk Ibu hamil

Bagi ibu hamil mendengarkan musik klasik dapat mengurangi tekanan dan stres. Ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan, entah itu fisik maupun mental. Nah, biasanya ibu hamil akan lebih sensitif sehingga mudah stres.  Hal ini bisa membuat ibu hamil lebih stabil dan membawa dampak baik oleh bayi juga.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply