Ini Cara Diet Remaja Aktif

0 9

Memiliki berat badan ideal bukan hanya menjadi keinginan orang dewasa.  Mereka yang masih berusia remaja pun banyak yang sudah terobsesi untuk mempunya berat badan ideal bahkan cenderung kurus.  Apalagi dengan demam K-Pop yang melanda para remaja Indonesia, keinginan mempunyai pinggang yang ramping dan badan yang mungil pun menjadi impian hampir semua remaja putri.  Masalahnya,  bagaimana sebenarnya cara diet remaja yang sehat itu?  Apa yang harus para remaja lakukan agar mereka bisa tetap sehat meski melakukan upaya mendapatkan tubuh ideal ala bintang K-Pop?

Banyak remaja yang menjadi terlalu obsesi dengan penampilan. Alih-alih menjadi sehat justru terkadang malah mendatangkan beberapa penyakit, seperti anemia, diabetes, bahkan anoreksia dan bulimia. Pemahaman yang sering salah pada para remaja adalah bahwa melakukan diet berarti mengurangi makan bahkan hingga rela kelaparan.  Padahal pengertian diet yang baik adalah menyeimbangkan asupan nutrisi ke tubuh. Diet remaja harus mempertahankan pertumbuhan dan mempromosikan kesehatan yang baik. Menurut American Academy of Pediatrics, remaja laki-laki membutuhkan sekitar 2.800 kalori per hari, sementara anak perempuan rata-rata membutuhkan 2.200 kalori per hari.  Maka cara diet remaja  yang sehat adalah dengan tetap aktif sambil mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi adalah cara terbaik untuk dilakukan.

Berikut ini beberapa tips yang membantu para remaja untuk bisa melakukan diet seimbang sehingga tetap aktif dan sehat :

Sarapan. Sarapan adalah sumber energi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Selain itu sarapan menghindarkan dari makan berlebihan pada siang hari. Banyak remaja yang salah kaprah dalam proses diet. Mereka berusaha untuk tidak makan, termasuk menghindari sarapan. Padahal hal tersebut merupakan suatu kesalahan, karena pada faktanya sarapan adalah sesuatu kegiatan yang wajib dilakukan dalam proses diet.

Membuat Makanan Sendiri. Akan lebih baik jika para remaja bisa menyiapkan makanan sendiri dibandingkan membiasakan kebiasaan jajan atau makan di luar rumah atau mengkonsumsi makanan instan berpotensi menimbulkan kegemukan. Menyiapkan bekal makan dari rumah dengan komposisi berimbang antara karbohidrat dan protein serta sayuran dan buah,  tentunya jauh lebih dibandingkan makanan jajanan yang serba instan dan tinggi kalori.

 

 

Bergerak.  Kunci dari cara diet remaja bukan pada membatasi asupan makanan tetapi pada aktivitas sehari-hari. Jadilah remaja yang aktif dengan berbagai kegiatan positif. Ini akan sangat membantu mendapatkan berat badan ideal. Hindari kebiasaan menonton tv, main komputer, atau main game sambil ngemil yang cenderung tidak membakar banyak kalori.

Pahami Piramida Makanan.  Piramida makanan adalah kebutuhan dasar tubuh terhadap nutrisi sehari-hari. Pahamilah piramida makanan dan komposisi kebutuhan nutrisi normal manusia, lalu aturlah asupan makan remaja kita sebagaimana panduang di bawah ini :

  • Minimum 3 porsi buah setiap hari
  • Minimum 4 porsi sayuran setiap hari
  • 4-8 porsi karbohidrat (nasi, pasta, roti, dll) setiap hari
  • 3-7 porsi protein (daging, ikan, dll) dan susu (susu, keju, yoghurt, dll) setiap hari
  • 3-5 porsi lemak (kacang-kacangan, selai kacang, dll) setiap hari

 

Cara diet remaja  yang sehat,  sangat penting karena akan mempengaruhi kesehatan fisik dan psikologis mereka sampai dewasa nanti.   Oleh karena itu haruslah dimulai dengan membiasakan pola makan yang sehat sejak dini dan orang tua haruslah membantu pembentukan kebiasaan tersebut.  Sekali lagi penting untuk diingat bahwa diet bukanlah menahan lapar tetapi menjaga asupan kalori yang berimbang.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply