Amankah Ibu Hamil Minum Es? Jangan Langsung Takut Mom Cari Tahu Dulu Faktanya

Penyebab Berat Badan Bayi Besar Belum Tentu Dari Es Yang Diminum Ibu

0 195

Cuaca yang panas sering membuat kita merasa kehausan. Akibat panas menyengat  terkadang kita menginginkan minuman dingin yang menyegarkan untuk mengatasi dahaga. Hal ini wajar terjadi kok. Lalu, bagaimana jika ini dialami oleh ibu hamil? Menurut Mom semua, amankah ibu hamil minum es saat kehausan?

Banyak mitos yang berkembang di masyarakat mengenai ibu hamil yang suka minum es. Katanya, jika ibu yang tengah mengandung minum es nantinya akan melahirkan bayi dengan berat berlebih atau besar.  Berat badan bayi yang besar inilah akan mengakibatkan kesulitan saat persalinan nantinya.

Wah! Mengerikan sekali ya kalau mitos-mitos seperti ini langsung ditelan bulat-bulat. Mom, sebaiknya cari tahu dulu mengenai fakta tersebut. Berbagai situs kesehatan bisa dijadikan rujukan, bahkan Mom bisa bertanya langsung pada dokter supaya tahu kebenarannya.

Penyebab Berat Badan Bayi Besar Belum Tentu Dari Es Yang Diminum Ibu, Boleh Jadi Karena Keturunan Atau Faktor Lain

Tahukah Mom, ukuran dan berat badan bayi itu dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti turunan dari orangtuanya yang mempunyai badan besar atau memiliki penyakit diabetes. Selain itu, bagi Mom yang pernah melahirkan bayi dengan berat badan besar sebelumnya kemungkinan bisa melahirkan berat badan besar juga pada persalinan berikutnya. Menurut penelitian, tidak ada bukti bahwa ibu hamil yang minum es dapat membahayakan dirinya dan janin yang dikandungnya.

Ibu Hamil Minum Es

Oh ya, di luar mitos atau fakta mengenai air es, penting sekali loh bagi Mom mengonsumsi air minum setiap harinya, paling tidak 8 hingga 12 gelas.  Hal ini untuk menjaga kesehatan Mom dan janin yang berada di dalam kandungan. Konsumsi air yang cukup bertujuan untuk mengatasi dehidrasi pada Mom dan janin. Terpenuhinya cairan pada tubuh Mom akan berpengaruh pada produksi air susu ibu (ASI) loh.  Selain itu, dapat mengurangi risiko akan terjadinya trombosis vena profunda, yaitu adanya pembekuan darah.  Pembekuan darah ini sering terjadi pada kaki.

Ibu Hamil Yang Ingin Minum Es Sebaiknya Ikuti Beberapa Aturan Ini, Agar Tidak Ada Keluhan Lain Setelah Minum Dingin

Jadi tidak ada larangan Mom akan minum air es atau air hangat kok saat hamil. Berikut ini beberapa hal yang perlu Mom perhatikan saat akan minum es ya :

  1. Es terjamin kebersihannya

Pastikan Mom tahu bahwa es yang dibuat berasal dari air bersih dan matang sehingga tidak terkontaminasi oleh kuman yang dapat mengakibatkan penyakit. Agar lebih terjamin sebaiknya Mom membuat sendiri es batunya.

Jika Mom sedang berada di luar rumah dan ingin minuman dingin, beli saja minuman dalam kemasan botol atau kaleng. Ingat! Perhatikan kemasannya harus dalam keadaan baik, tidak rusak, dan tidak pula kedaluarsa. Mom juga dapat membawa botol minuman sendiri yang sudah didinginkan atau bisa juga membawa cooler bag.

  1. Hindari minuman bersoda dan minuman manis

Minuman manis dan bersoda inilah yang menjadi salah satu penyebab bayi yang dilahirkan berukuran besar atau berlebih berat badan. Jenis minuman ini mengandung kadar gula yang sangat tinggi yang dapat mengakibatkan terjadinya diabetes pada kehamilan dan membuat janin yang dikandung berukuran besar.

Mom dapat mengganti minuman manis dan bersoda dengan air kelapa atau jus buah dingin tanpa penambahan gula agar lebih menyehatkan.

  1. Air es tidak terlalu dingin

Untuk mengatasi haus boleh saja Mom minum air es, tapi usahakan tidak terlalu dingin ya. Jangan sampai setelah minum dingin mengakibatkan keluhan setelah mengonsumsinya.

Jadi Mom, sekarang tidak perlu takut lagi minum es saat hamil ya. Asalkan es terjamin kebersihannya dan terbuat dari air matang. Serta batasi rasa manis pada minuman dinginnya.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: