Apakah Ibu Hamil Boleh Makan Mie Instan? Ini Jawabannya!

0 71

Siapa yang enggak suka makan mie instan? Hampir semua kalangan menyukai mie instan. Termasuk ibu hamil kan? Apakah Mom salah satunya? Tapi apakah ibu hamil boleh ikut memakannya? Meskipun sedang ngidam sekalipun? Coba simak pembahasan berikut ini ya Mom.

ibu hamil makan mie instan

Tekanan darah tinggi bisa saja mengintai jika ibu hamil mengonsumsi mie Instan

Mengonsumsi mie instan memang praktis Mom. Tapi di balik praktisnya Mie Instan pasti mengandung beberapa bahan yang kurang baik untuk dikonsumsi oleh siapa saja terutama oleh ibu hamil. Mie instan mengandung protein, mineral, vitamin, dan serat tapi jumlahnya minim Mom. Padahal ibu hamil memerlukan banyak nutrisi tersebut karena penting selama kehamilan untuk menunjang kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya.

Selain itu, rasa mie instan terbilang cukup asin karena mengandung banyak garam dan monosodium glutamat (MSG). Mom pasti tahu, jika mengonsumsi garam  dalam jumlah tinggi dan berkelanjutan bisa meningkatkan risiko ibu hamil mengalami tekanan darah tinggi. Terutama ibu-ibu yang sudah mempunyai tekanan darah tinggi.

Meskipun tekanan darah tinggi pada ibu hamil tidak terlalu berbahaya, tapi dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah lho Mom. Apalagi yang sudah memiliki faktor risiko hipertensi dan ditambah lagi dengan rutin mengonsumsi mie instan saat hamil. Tentu akan sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan anak dalam kandungan.  

Mie Instan susah dicerna

Mie instan adalah makanan yang susah dicerna. Oleh sebab itu, saluran cerna Mom akan bekerja keras selama berjam-jam. Padahal, makanan yang tidak berserat mudah untuk dicerna. Hal ini juga berpengaruh terhadap penyerapan nutrisi yang diperoleh tubuh dari mie. Padahal, nutrisi yang akan didapatkan dari mie pun kurang jumlahnya.

ibu hamil makan mie instan

Mom juga akan merasa cepat lapar jika mengonsumsi mie instan. Pasalnya kekurangan nutrisi akan memicu tubuh untuk menyalakan sinyal lapar sekaligus juga melepaskan sejumlah besar insulin yang menyebabkan gula darah Mom turun dengan cepat. Anjloknya gula darah bisa menyebabkan Mom merasa lesu, sehingga memungkinkan Mom makan lebih banyak untuk meningkatkan energi.

Dengan begitu, dapat menciptakan siklus makan berlebihan yang sering kali sulit untuk dipatahkan. Padahal makan berlebihan dapat memicu risiko berat badan berlebih saat hamil dan bisa membahayakan ibu hamil dan janinnya. Meskipun begitu, mengonsumsi mie instan masih diperbolehkan asalkan dikonsumsi sewajarnya.

Jika Mom ingin makan mie instan saat hamil, Mom bisa memperhatikan beberapa hal berikut ini.

  • Kurangi bumbu mie instan yang sudah tersedia dalam plastik mie instan. Mom bisa menggunakan setengahnya saja.
  • Mom bisa menambahkan bahan-bahan lain, seperti telur, potongan ayam atau daging, bakso, dan variasi sayuran berdaun hijau, misalnya kangkung, sawi, pak choy, atau tomat dan wortel, untuk mendongkrak nilai gizinya.
  • Jangan terlalu sering makan mie instan saat hamil. Sesekali waktu tidak jadi masalah sih Mom, tapi tidak menjadikannya sebagai makanan pokok.

Ingat Mom, mie instan adalah makanan junk food yang dianggap tidak membawa manfaat bagi Mom dan “jabang” bayi. Saran terbaiknya adalah menguranginya.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply