Heboh Video Viral Seorang Murid yang Melecehkan Gurunya. Bagaimana Cara Mendidik Kita?

0 16

Lagi-lagi dunia pendidikan digegerkan dengan munculnya video viral mengenai tindakan yang tidak menyenangkan oleh siswa terhadap gurunya. Kali ini ada sebuah video, sejumlah siswa di ruang kelas terlihat seolah sedang “mengeroyok” seorang guru.

Diduga, video tersebut direkam di salah satu SMK di daerah Kendal, Jawa Tengah. Dalam video yang beredar, seorang guru tersebut tengah berada di kelas dengan dikelilingi para siswa. Dua orang siswa terlihat menyentuh tangan guru itu seperti hendak mendorongnya.

Ulah murid tersebut disambut reaksi guru paruh baya itu dengan melakukan perlawanan. Diselingi aksi tertawa para murid, aksi saling dorong dan menendang dilakukan guru dan murid. Setelah mengambil alas kaki yang sempat terlepas, aksi itu mulai berakhir saat sang guru kembali ke mejanya.

Dalam hitungan menit, video pun viral

Dengan kekuatan media sosial, video pun langsung viral. Awalnya, video tersebut dibagikan melalui akun Instagram dan Youtube. Tak lama kemudian, sebuah surat pernyataan diduga dari kepala sekolah SMK NU 03 Kendal pun terunggah di sebuah akun gosip di Instagram.

Dalam keterangannya, Muhaidin selaku kepala Sekolah menjelaskan, jika peristiwa terjadi pada Kamis, 8 November 2018 di kelas X TKR pukul 09.15 hingga 13.20 WIB. Dalam surat tersebut, diketahui sang guru yang bernama Joko Susilo meminta salah seorang murid untuk maju ke depan setelah mendapati dirinya dilempar sebuah kertas.

Hal ini didasari oleh sebuah aksi bercandaan oleh para murid.  Namun tindakan yang ada dalam video tersebut dinilai sudah keterlaluan. Pihak sekolah pun akan memanggil para orang tua pada hari Senin, 12 November 2018.

Meskipun bercanda, tindakan tersebut sudah dinilai tidak wajar

Bagaimana pendapat Mom terhadap perilaku mereka? Tentu sebagai orang tua yang bijak, Mom akan menyayangkan tindakan tersebut. Di area sekolah, sudah selayaknya murid patuh dan menghormati gurunya. Meskipun dalam konteks bercanda, seharusnya tidak berlebihan atau tidak kelewat batas.

Guru di sekolah selayaknya orang tua di rumah yang harus dihormati dan dipatuhi. Bukan malah dijadikan bercandaan. Dekat dengan guru pun tidak masalah, namun harus tahu batasan-batasannya. Di sinilah peranan orang tua sebagai pendidik dasar pun dipertanyakan.

Sebelum anak-anak Mom pergi ke sekolah, guru mereka adalah Mom sebagai orang tuanya. Nah, kalau di sekolah bersama gurunya mereka bisa berbuat kurang sopan seperti itu, bagaimana perilaku mereka di rumah terhadap orang tua mereka sendiri? Tentu Mom pun akan menegur dan memarahinya bukan?

Pendidikan moral memang harus diterapkan sejak dini Mom

Pentingnya pendidikan moral dalam ruang lingkup keluarga merupakan faktor yang penting dalam perkembangan emosi remaja. Pola mendidik yang dilakukan oleh orang tua seharusnya tidak mendikte anak, tetapi memberi keteladanan. Tidak pula mengekang anak dalam melakukan hal yang positif. Dalam mendidik juga sebaiknya menghindari kekerasan dalam rumah tangga sehingga tercipta suasana rumah yang aman dan nyaman. Dasar-dasar agama pada proses pendidikan pun harus ditanamkan. Tujuan menerapkan nilai-nilai keagamaan dapat membentengi anak dari pengaruh buruk apapun dan dari manapun. Bagaimanapun pendidikan anak adalah tanggung jawab keluarga.

***

Dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat di zaman sekarang, sangat mempunyai pengaruh yang besar bagi perkembangan pendidikan anak. Oleh karena itu, dibutuhkan pengawasan yang lebih dari orang tua.

 

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply