Heboh Berita Kopi Saset yang Terbakar, Beginilah Fakta Sebenarnya!

0 29

Pemberitaan tentang makanan atau minuman yang mengandung bahan-bahan tidak wajar kembali heboh di media sosial. Ibarat diberi umpan, warganet pun kembali memperbincangkan minuman dengan merk dagang Luwak. Tentu Mom pun tidak merasa asing dengan minuman yang sedang hangat dibicarakan. Hal ini terkait dengan beredarnya sebuah video kopi cap Luwak mudah terbakar dan mengeluarkan api yang besar.

Apakah produk minuman ini berbahaya? Jelas, pertanyaan tersebut akan timbul dalam benak Mom. Tentu akan sangat mengerikan jika minuman kopi yang sering kita konsumsi ternyata mengandung bahan yang berbahaya apalagi yang mudah terbakar. Sebelum berasumsi tanpa bukti penjelasan ilmiah, mari kita cari tahu dulu kebenarannya Mom.

BPOM punya alasan

Cari tahu dulu kebenarannya Mom sebelum berasumsi buruk terhadap sebuah produk hanya berdasarkan berita yang sedang beredar. Untuk kasus ini, BPOM punya penyelasan ilmiah tersendiri nih Mom.

Berdasarkan pengelompokan produk pangan, kopi cap Luwak termasuk dalam kategori minuman serbuk kopi gula krimer. Komposisinya antara lain gula, krimer nabati, dan kopi bubuk instan. Produk tersebut pun sudah melalui evaluasi keamanan dan  mutu oleh BPOM RI dan sudah mendapatkan nomor izin edar.

Jika Mom tahu tentang video produk kopi cap Luwak terbakar, itu disebabkan karena produk tersebut berbentuk serbuk, ringan, berpartikel halus serta mengandung minyak dan memiliki kadar air yang rendah. Itulah sebabnya produk tersebut mudah terbakar dan menyala. Produk pangan yang memiliki rantai karbon (ikatan antar atom karbon), kadar air rendah, berbentuk tipis dan berpori dapat terbakar atau menyala jika disulut dengan api.

Selain kopi bubuk cap Luwak, banyak bahan pangan yang mudah terbakar lainya, seperti tepung terigu, kopi bubuk, kopi krimer, merica bubuk, putih telur,  susu bubuk, pati jagung, biji-bijian, dan lainnya. Meskipun demikian, bukan berarti bahan pangan tersebut berbahaya atau tidak aman untuk dikonsumsi.

BPOM RI melakukan evaluasi keamanan, mutu, dan gizi pangan terhadap semua bahan yang digunakan untuk pembuatan pangan olahan sebelum pangan tersebut diedarkan dan memberikan nomor izin edar (MD atau ML) yang dicantumkan pada labelnya. Apabila produk pangan tersebut sudah memiliki nomor izin edar BPOM RI, berarti produk tersebut aman untuk dikonsumsi masyarakat.

Jangan percaya berita yang beredar tanpa sebuah penjelasan ilmiah!

kopi luwak

Entah apa alasannya seseorang membuat postingan video tersebut dan mengunggahnya ke media sosial. Belum tentu juga pembuat video paham tentang apa yang sedang dilakukannya dan hanya berasumsi ke hal negatif saja. Untuk itu Mom, sebelum mempercayainya dan ikutan panik, ada baiknya Mom mencari tahu dulu penyebab kopi bubuk tersebut bisa terbakar.

Mom juga bisa melihat kemasannya, apakah ada keterangan dari BPOM? Jika ada maka makanan tersebut bisa dikonsumsi oleh masyarakat, kecuali memang sudah kadaluarsa. Tanggal kadaluarsanya pun tertera kok. Jadilah konsumen yang cerdas Mom. Selain itu, jangan menjadi warganet yang mudah terpancing oleh isu dan kabar miring yang belum jelas kebenarannya.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply