Hamil Muda? Inilah 7 Buah yang Baik untuk Ibu Hamil Muda

0 36

Pada saat hamil muda, tentu Mom harus menjaga nutrisi dan gizi setiap makanan untuk menjaga kesehatan si kecil. Selain itu, Mom juga harus mengonsumsi buah-buahan untuk tambahan vitamin. Apa saja sih buah yang baik untuk ibu hamil muda? Simak ulasan berikut ya Mom. Kali ini Momiia akan memberikan 7 rekomendasi buah yang baik untuk ibu hamil muda.

buah untuk ibu hamil

1. Apel

buah untuk ibu hamil muda

Apel merupakan buah yang baik untuk ibu hamil. Banyak sekali kandungan vitamin yang ada pada Apel. Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, B9, dan C dapat membantu untuk menjaga kesehatan ibu dan janin lho Mom. Bahkan buah apel bisa Mom konsumsi setiap hari selama hamil. Mom bisa mengonsumsi buah apel hijau yang memiliki banyak sekali kandungan dari pada apel merah. Apel hijau pun dapat memperlancar sistem pencernaan karena mengandung serat yang tinggi.

Kandungan lain dalam apel lainnya adalah asam malat dan tanin yang bermanfaat untuk mengurangi terjadinya pembengkakan pada bagian tertentu. Apel juga bisa mengurangi rasa mual yang sering dialami oleh para ibu hamil.

2. Anggur

Buah untuk ibu hamil muda lainnya adalah Anggur. Buah ini tidak hanya menyegarkan, tetapi juga memiliki berbagai kandungan yang sangat penting bagi ibu hamil. Kandungan dalam anggur, meliputi vitamin A, C dan B1, beta karoten, fosfor, kalsium, zat besi, DHA, magnesium, asam folat, omega 3, dan serat.

Salah satu kandungan anggur berupa asam folat baik untuk perkembangan otak janin. Kandungan ini membantu dalam hal membentuk saraf di otak janin. Membantu pembentukan tabung otak bagi janin dan mengurangi risiko cacat otak sejak bayi lahir. Sedangkan kalsium bisa membantu pembentukan tulang dan gigi janin. Namun, meskipun begitu, konsumsi anggur untuk ibu hamil tidak boleh berlebihan. Mom hanya boleh mengonsumsinya kurang dari 50 gram setiap harinya. Pasalnya Anggur juga mengandung kandungan alkohol di dalamnya.

3. Buah Naga

Buah naga adalah buah yang baik untuk dikonsumsi ibu hamil. Banyak sekali kandungan buah naga yang sangat bermanfaat buat ibu hamil. Apabila Mom mengonsumsinya secara teratur dan tidak berlebihan ya. Buah naga mengandung zat besi, karoten, karbihidrat, folat, serat, dan lainnya. Bahkan buah naga baik lho Mom untuk bayi.  

Jika Mom punya anemia akibat kekurangan zat besi, buah naga bisa menjadi salah satu obat mujarab dan alami. Kandungan karoten dalam buah naga juga dapat membantu menyempurnakan indera penglihatan janin selama dalam kandungan.

4. Ceri

Buah Ceri ternyata juga salah satu buah yang baik untuk ibu Hamil lho Mom. Ceri memiliki kandungan zat besi, kalium, tembaga, mangan, dan lainnya. Manfaat ceri lainnya adalah untuk membantu melancarkan sistem pencernaan dan membuat kulit bayi menjadi putih dah sehat.  Selain itu, ceri juga dapat memperlancar aliran darah serta bisa digunakan pula sebagai garnis makanan. Hal ini bisa mengubah mood ibu hamil yang tidak mempunyai nafsu makan.

5. Alpukat

Buah yang baik untuk ibu hamil lainnya adalah alpukat. Asam folat, vitamin B kompleks, dan kalium dapat membantu untuk menjaga kesehatan ibu dan janin. Ketiga kandungan tersebut akan sangat membantu dalam perkembangan otak janin dan tulang belakang. Ternyata alpukat juga dirasa dapat mengurangi gejala mual lho Mom.

6. Stoberi

buah untuk ibu hamil muda

Kandungan yang terdapat di dalam stroberi adalah asam folat, kalium, asam ellagic, vitamin B, dan C yang akan membantu menjaga kesehatan Ibu dan bayi secara umum. Kandungan vitamin C tinggi yang dimiliki oleh stroberi dapat berperan sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas.

Selain itu, kandungan asam folat dan vitamin B-nya dapat mencegah anemia pada Ibu hamil karena membantu pembentukan sel darah merah serta perkembangan sistem saraf, terutama bagi janin.

7. Jambu Air

Jambu air merupakan buah yang baik untuk Ibu hamil. Berbagai kandungan yang dimilikinya, seperti serat, vitamin A dan C, dapat memperlancar sistem pencernaan sang Ibu, termasuk membantu penyerapan zat besi. Selain itu, kandungan vitamin B3 dan B6-nya dapat membantu untuk meningkatkan serta merangsang kecerdasaan otak janin yang masih berada di dalam kandungan.

Kandungan air yang tinggi pada jambu air juga akan mencegah Ibu mengalami dehidrasi karena kekurangan cairan dalam tubuh. Jambu air juga baik untuk memelihara kesehatan organ pencernaan dan ginjal. Satu peran penting lainnya yang biasanya dibutuhkan oleh Ibu hamil ialah mengurangi pembengkakan pada tubuh tertentu sang Ibu, seperti kaki, tangan, dan siku. Hal ini dikarenakan efek dingin oleh air yang terkandung dalam jambu air.

7 buah di atas baik untuk ibu hamil Mom. Jadi tidak ada salahnya jika Mom mengonsumsinya. Buah-buah tersebut juga gampang ditemukan di pasar. Jangan khawatir untuk kesulitan mencarinya Mom.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply