Gerakan Yoga untuk Pemula Ini Bisa Mom Lakukan di Rumah. Tidak Sulit Kok!

0
Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5662

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/momiia993/apps/momiia/public/wp-content/themes/publisher/includes/functions.php on line 5663
113

Banyak cara dilakukan agar tubuh tetap sehat dan bugar, salah satunya adalah dengan melakukan yoga. Beberapa gerakan yoga untuk  pemula bahkan dapat di lakukan di rumah. Mom pun bisa mencoba mengikuti gerakan yoga tersebut.

Selain untuk menjaga tubuh, yoga juga dipercaya bisa mengendalikan stres dan membuat pikiran menjadi tenang. Sebagai pemula tentunya Mom bingung memilih gerakan mana yang mudah, cocok, dan benar bisa dilakukan. Berikut ini beberapa gerakan yoga untuk pemula yang dapat dilakukan.

gerakan yoga

1. Pose Gunung atau Mountain Pose

Pose gunung biasa juga disebut dengan Tadasana merupakan pose dasar dari semua pose berdiri pada gerakan yoga. Pose ini bermanfaat menguatkan otot perut dan otot paha sehingga dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu memperbaiki postur tubuh dan keseimbangan.

Cara melakukan pose gunung adalah dengan berdiri di atas yogamat dengan sikap yang sempurna. Posisikan semua jari-jari kaki menempel pada matras dan posisi tumit tidak saling menempel. Letakkan lengan di samping tubuh sambil menarik bahu ke arah bawah sambil membusungkan dada. Pastikan kepala sejajar dengan bahu dan dagu sejajar lantai. Tahan posisi ini selama 30 sampai 1 menit.

2. Plank

Posisi plank bisa Mom lakukan untuk memperkuat otot di sekitar perut dan pinggang sehingga bisa memperbaiki postur tubuh secara menyeluruh dan mengurangi nyeri pada punggung. Jika gerakan plank dilakukan dengan rutin bisa membantu meratakan otot perut.

Gerakan plank dilakukan seperti halnya ketika Mom sedang push-up, di mana berat tubuh disangga oleh lengam, siku, dan jari-jari kaki. Seluruh tubuh berada dalam garis yang lurus dari kepala hingga jari kaki dan posisi punggung harus lurus tidak melengkung. Lakukan gerakan ini 8 sampai 10 tarikan napas.

3. Segitiga

Pose yoga segitiga disebut juga Trikosana berguna untuk membantu merangsang sistem pencernaan, mendorong nafsu makan, dan merangsang sistem saraf yang dapat mengurangi ketegangan saraf dan menghilangkan stress.

Berdirilah di atas matras dan rentangkan kaki dengan jari kaki kanan mengarah ke depan dan jari kaki kiri membentuk sudut 45-90 derajat. Peganglah jari – jari kaki kanan dengan tangan kanan dan angkat tangan kiri ke atas, arahkan pandangan mata pada ujung jari tangan kiri. Tahanlah posisi ini hingga 10 tarikan napas. Lakukanlah kebalikannya dengan tangan kanan yang diangkat ke atas.

4. Pose Pohon

Pose pohon atau Vrikshasana berguna untuk menguatkan tulang panggul dan kaki, menguatkan ligamen dan tendon kaki, serta membuat pikiran relaks.

Berdiri di atas matras dengan satu kaki sebagai tumpuan, fokuskan pikiran pada kaki yang memijak tanah. Letakkan telapak kaki yang satunya menempel ke paha  pada kaki yang menjadi tumpuan. Lipat kedua tangan ke tangah dada seperti sedang dalam posisi berdoa. Lakukanlah hingga 10 tarikan napas.

Dari gerakan yoga pemula di atas lakukan dengan nyaman dan relaks ya Mom. Jangan paksakan satu gerakan jika belum mampu. Berlatih lah dengan rutin untuk memperbaiki gerakannya.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply