Menyusui Adalah Seni, Berikut Hal yang Harus Mom Ketahui Tentang Menyusui

0 54

“ASI eksklusif pada bayi merupakan suatu hal yang wajib bagi ibu yang mampu menjalankannya dan merupakan hak bayi untuk mendapatkan.” Begitulah penuturan dari dr. Elizabeth Yohmi SpA yang merupakan SATGAS ASI Indonesia pada acara talkshow bersama mothercare untuk menyambut pekan ASI sedunia. Pasalnya masih banyak ibu-ibu muda yang masih belum mengetahui pentingnya ASI untuk bayi. Apakah Mom salah satunya?

Selain itu, banyak juga Mom yang merasa resah dan stres, ketika mengalami masalah saat menyusui. Seperti air susu yang tidak mau keluar deras, misalnya. Masalah seperti itu memang sering terjadi Mom, hampir setiap ibu menyusui mengalaminya. Oleh karena itu, menyusui itu seni Mom. Simak penjelasannya di bawah ini ya Mom.

menyusui

1 Sering menyusui maka produksi ASI akan semakin lancar

Seperti yang dikatakan sebelumnya, banyak sekali Mom yang mengalami masalah ASI tidak keluar. Banyak cara juga yang dilakukan oleh para Mom untuk mengeluarkan ASI. Seperti memijat payudara, meminum ramuan daun katuk hingga datang ke dokter untuk berkonsultasi.

Salah satu cara yang paling mudah, Mom jangan pernah malas untuk menyusui si kecil, karena makin sering Mom menyusui maka produksi ASI semakin lancar.

2 Waktu menyusui yang tepat dimulai dari awal kelahiran

Setelah bayi lahir, baiknya Mom lakukan IMD (Inisiasi Menyusu Dini). Sekarang, banyak rumah sakit yang sudah melakukan hal ini. Tapi, Mom juga harus tahu sebelumnya tentang hal ini ya. Mom berhak kok meminta dilakukan IMD jika paramedis di rumah sakit lupa atau tidak melakukannya.

Melakukan IMD dan membiasakan bayi melakukan menyusu sejak lahir akan membuat  anak cakap susu Mom.

3 Malam hari adalah waktu yang tepat untuk memberikan ASI

Produksi ASI akan meningkat pada malam hari Mom. Jadi, pada malam hari bisa menjadi waktu yang baik untuk menyusui si kecil. Namun kebanyakan Mom tidak menyadari hal itu. Bahkan sering terjebak dengan rasa ngantuk. Menyusui pada malam hari pun bisa menjaga produksi ASI lho Mom. Jadi, jika si kecil terbangun pada malam hari, maka Mom bisa segera beri mereka ASI.

4 Ibu perlu mempelajari bagaimana menyusui yang nyaman

menyusui

Menjadi seorang ibu perlu mempelajari bagaimana cara menyusui yang nyaman. Hal ini bisa berpengaruh terhadap bayi lho Mom. Jika bayi asupan ASI ke bayi tepat maka banyak nutrisi yang masuk ke dalam tubuh bayi. Maka bayi akan merasa kenyang, pertumbuhannya pun bagus.

Salah satu yang perlu Mom ketahui tentang memberikan ASI kepada bayi adalah posisi bayi saat menyusu. Usahakan posisi mulut bayi menghadap ke payudara. Hal ini akan membantu si bayi untuk menyusu dengan mudah. Namun pada praktiknya banyak sekali Mom yang salah posisi saat menyusui bayi dengan posisi miring. Selain itu, kepala bayi harus sedikit menengadah ke atas. Tujuannya adalah untuk membantu proses ASI masuk ke dalam kerongkongan bayi. Gampangnya Mom perhatikan saat Mom sedang meminum air dengan gelas.

***

Menjadi seorang ibu millenials, sebaiknya harus update informasi Mom. Jangan sampai salah kaprah dalam hal memberikan ASI ke pada bayi. Jika dirasa ada yang kurang dimengerti segeralah konsultasi kepada ahlinya Mom.  

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply