Daftar Vitamin untuk Ibu Hamil yang Wajib Tercukupi Oleh Ibu Hamil. Ibu Sehat, Janin pun Kuat

0 60

Selain makanan yang bergizi. Vitamin untuk ibu hamil pun wajib tercukupi. Oleh karena, janin sangat butuhkan nutrisi yang cukup. Nutrisi pada janin untuk tumbuh dan berkembang selama dalam kandungan. Mom bisa memberikan suplemen vitamin tambahan sebagai pelengkap.

Berikut adalah beberapa vitamin untuk ibu hamil yang perlu Mom ketahui

vitamin untuk ibu hamil

Vitamin C

Fungsi vitamin C dapat melindungi sel dan jaringan tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas. Selain itu Vitamin C juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kesehatan ibu hamil dan janin. Fungsi lain dari vitamin c adalah membantu penyerapan zat besi dan membantu ibu hamil terhindar dari anemia yang merupakan sebuah penyakit umum yang dialami oleh ibu hamil.

Vitamin D

Vitamin D diperlukan oleh ibu Hamil karena berfungsi untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi janin yang berada dalam kandungan. Vitamin D bertugas untuk mengatur jumlah kalsium dan asam fosfat dalam tubuh. Hal ini untuk menjaga agar tulang dan gigi tetap sehat.

Selain dari sinar matahari pagi, kebutuhan vitamin bisa dipenuhi melalui makanan yang mempunyai sumber vitamin D. Mom bisa memperolehnya secara alami melalui ikan berlemak, seperti salmon, tuna, makarel, sarden, dan herring. Makanan lainnya yang mengandung vitamin D adalah telur dan daging merah.

Vitamin B kompleks

Vitamin B antara lain B1, B2, B3, B6, dan B12 merupakan jenis vitamin B yang wajib dipenuhi oleh ibu hamil. Fungsi dari vitamin B kompleks tersebut antara lain :

  • Vitamin B1 : berfungsi untuk meningkatkan energi dan mengatur sistem saraf.
  • Vitamin B2 : berfungsi untuk mempertahankan energi, penglihatan yang baik dan kesehatan kulit.
  • Vitamin B3 : berfungsi untuk mendukung kesehatan kulit, saraf, dan pencernaan
  • Vitamin B6 : berfungsi untuk membantu pembentukan sel darah merah dan membantu mengatasi morning sickness.
  • Vitamin B12 : berfungsi dalam proses sintesis DNA dan membantu mencegah bayi lahir cacat.

Asam folat juga merupakah salah satu bentuk vitamin B loh Mom dan berfungsi untuk mendukung fungsi plasenta dan mencegah bayi dari lahir cacat. Vitamin B ini bisa Mom dapatkan dari sayuran, buah, telur, seafood, daging, dan gandum.

Vitamin E

Vitamin E berfungsi untuk pembentukan dan penggunaan sel darah merah dan otot. Oleh karena itu, tubuh kita memerlukan asupan vitamin E yang cukup. Sedangkan kebutuhan vitamin E untuk ibu hamil sebesar 15 mg per hari. Mom bisa mendapatkannya dari minyak sayur, kacang-kacangan, bayam, dan sereal yang diperkaya vitamin E.

Vitamin A

Untuk mendukung penglihatan janin, ibu hamil perlu asupan vitamin A. Fungsi lain dari vitamin A adalah sebagai antioksidan dan meningkatkan kekebalan tubuh ibu sehingga tidak gampang sakit. Sebaiknya, Mom mengonsumsi vitamin A dalam bentuk betakaroten yang terdapat dalam sayuran dan buah.

Perhatikan juga kebutuhan vitamin A untuk ibu hamil. Menurut AKG 2013, kebutuhan vitamin A pada ibu hamil sebanyak 800-850 mcg dan asupan maksimal vitamin A dalam sehari adalah 1000 mcg. Jangan sampai berlebihan ya Mom karena bisa membayakan janin.

Nah, apakah Mom sudah memenuhi asupan vitamin yang cukup? Jangan sampai disepelekan kebutuhan vitamin untuk ibu hamil ya, Mom.

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply

Your email address will not be published.

%d bloggers like this: