Jangan Sampai Anak Mom Kecanduan Gadget, Berikan Pengertian Ini Kepada Anak!

0 49

Tumbuh kembang sang anak tidak terlepas dengan sebuah perkembangan sebuah teknologi yang sedang terjadi pada saat ini. Mereka tentunya akan mengenal langsung dengan benda-benda canggih seperti gadget. Banyak juga manfaat yang bisa diperoleh dari perkembangan teknologi tersebut. Namun, Mom juga harus tahu apa dampak negatif yang terjadi pada anak-anak.

Di sini peran serta orang tua sangatlah dibutuhkan. Mom harus memberikan sebuah pendidikan dini kepada anak agar nantinya tidak kecanduan gadget. Ada beberapa cara yang bisa Mom terapkan untuk mendampingi mereka di era digital seperti sekarang ini.  

kecanduan gadget

1 Sebagai orang tua, Mom harus lebih pintar dari anak.

Mom harus lebih up to date dan mengerti tentang sebuah perkembangan teknologi. Hal itu mau tak mau harus Mom lakukan. Pasalnya anak-anak jauh lebih gampang memahami sebuah perkembangan teknologi dibandingkan Mom.

Apa jadinya jika anak Mom lebih pintar dari pada Mom? Minimal, Mom harus tahu dan paham apa itu blog, cara menggunakan twitter, facebook bahkan instagram. Jangan pernah ketinggalan atau pantau terus situs yang sering kali mereka kunjungi.

2 Arahkan anak dalam penggunaan perangkat dan media digital dengan jelas.

Sekalinya anak sudah terpapar sebuah perangkat digital, sebaiknya Mom bisa mengarahkannya dengan komunikasi yang efektif. Berikan sebuah batasan waktu untuk menggunakan perangkat digital tersebut. Mom bisa memberikan sebuah kesepakatan, seperti waktu penggunaan dan waktu untuk berhenti memanfaatkan perangkat media digital pada malam hari.

3 Imbangi waktu menggunakan media digital dengan interaksi di dunia nyata.

Segala hal yang berlebihan akan menghasilkan sesuatu hal yang kurang baik. Sebagai orang tua, tentunya Mom dapat mengimbangi sebuah penggunaan media digital. Salah satu cara, misalnya dengan mengenalkan sebuah pengalaman di dunia nyata atau aktivitas offline, seperti bermain musik.

4 Mom bisa memilihkan sebuah program positif atau aplikasi yang positif dan sesuai dengan umur anak.

Sebagai orang tua, Mom harus pandai mengindentifikasi mana program yang layak ditonton oleh anak. Jangan sampai mereka menonton hal-hal yang kurang mendidik dan kurang sopan. Berikan mereka sebuah edukasi pada saat menonton tayangan yang ada di smartphone.

5 Selalu dampingi mereka saat menggunakan smartphone.

Mom harus mendampingi dan berinteraksi dengan anak selama dia menggunakan media digital. Berikan juga sebuah masukan postif kepada mereka. Mom juga bisa memanfaatkan momen tersebut sebagai aktivitas keluarga.

6. Menggunakan perangkat digital secara bijaksana.

Mom memang menjadi peranan utama dalam mengontrol penggunaan perangkat digital pada anak. Maka dari itu, Mom juga perlu bijaksana dalam menggunakan perangkat digital selama berinteraksi dengan anak. Jika Mom kurang bijaksana menggunakan perangkat digital maka bisa mengabaikan anak dan lebih berkonsentrasi menggunakan perangkat digitalnya. Hindari penggunaan perangkat tersebut  sebelum tidur ya!

7. Telusuri aktivitas anak di dunia maya.

Banyak sekali yang bisa dilakukan saat berselancar di dunia maya. Mom harus memastikan bahwa anak tidak mengunjungi situs-situs yang tidak sesuai dengan usia mereka. Mom bisa menggunakan aplikasi penyaring (web-filtering) yang dapat membantu para orang tua dalam melakukan scan ataupun mem-blok alamat website yang mengandung fitur tidak sesuai dengan perkembangan anak.

***

7 poin di atas bisa menjadi sebuah masukan terhadap Mom untuk mencegah anak kecanduan perangkat digital. Semoga bisa membantu mengatasi masalah gadget ini ya Mom!

Jangan Ketinggalan Info Penting Mom!
You might also like

Leave A Reply